Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Konsumen terhadap Celebrity Endorsement pada Bm.studio Bali

Analysis of the Influence of Brand Image and Consumer Trust on Celebrity Endorsements at Bm.studio Bali

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.55732/UNU.TJJ.2024.02.02.1

Kata Kunci:

Citra Merek, Kepercayaan Konsumen, Celebrity Endorsement

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh citra merek dan kepercayaan konsumen terhadap celebrity endorsement. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Populasi penelitian ini adalah followers Instagram BM Studio Bali yang berjumlah sekitar 11.000, dengan sampel sebanyak 100 responden yang dipilih menggunakan rumus Slovin dengan margin of error 10%. Data yang diperoleh kemudian diuji validitas, reliabilitas, dan uji asumsi klasik, diikuti oleh analisis regresi linear berganda dan analisis korelasi. Hasil uji regresi berganda menunjukkan bahwa citra merek memiliki pengaruh positif terhadap celebrity endorsement, demikian pula dengan kepercayaan konsumen. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa citra merek dan kepercayaan konsumen secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap celebrity endorsement di BM Studio. Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap celebrity endorsement di BM Studio, sementara kepercayaan konsumen juga memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap celebrity endorsement di BM Studio.

Referensi

Amin, A. M., & Natalia, Y. (2017). Analysis of the Influence of Celebrity Endorser, Brand Image, and Trust on the Purchasing Decision of Garnier Products for Students At Stie Pelita Indonesia. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(4), 487–496. https://scholar.google.com/scholar?cluster=15347535503888515073&hl=en&as_sdt=2005&sciodt=2007

Anas, A. A., & Sudarwanto, T. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian di Eiger Store Royal Plaza Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 953–958.

Asir, M., Puspitasari, D., Wahab, A., Abduh Anwar, M., Mere, K., Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia Makassar, P., Negeri Makassar, U., Muhammadiyah Sidenreng Rappang, U., & Wisnuwardhana, U. (2023). Efektivitas Penggunaan Celebrity Endorser Terhadap Perilaku Konsumen Dan Keputuan Pembelian Produk: Literature Review. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(2), 1790–1801. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Eko, P. (2017). PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALIATAS MAHASISWA DI SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI (STIE) PASAMAN KABUPATEN PASAMAN BARAT. 5(2).

Erlita Khrisinta Dewi, & Citra Ayu Nur Kholifah. (2022). Fenomena Endorsement Sebagai Tren Media Pemasaran Digital Di Indonesia. Nusantara Hasana Journal, 1(10), 152–162. https://doi.org/10.59003/nhj.v1i10.834

Erni Yunaida. (2017). Pengaruh Brand Image (Citra Merek) Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(2), 801.

Inggasari, S. M., & Hartati, R. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Cakrawangsa Bisnis, 3(1), 1–22.

Mambu, T. R., Tampi, J., & Mukuan, D. (2021). Kepercayaan Konsumen, Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi E-Commerce Shopee di Kota Tondano. Jurnal Productivity, 2(1), 79–74. https://doi.org/10.37715/vicidi.v12i1.2934

Nabilla, N. F. A., & Afifi, S. (2023). Pengaruh Komunikasi Persuasif dan Personal Branding Celebrity Endorser terhadap Kesadaran Vaksinasi Covid-19 (Analisis Structural Equation Modeling Partial Least Squares). Jurnal Mahasiswa Komunikasi Cantrik, 3(1), 61–86. https://doi.org/10.20885/cantrik.vol3.iss1.art5

Sanditya, R. (2019). Hubungan Celebrity Endorser Dengan Keputusan Pembelian Produk Pakaian Pada Konsumen Secara Online di Media Sosial Instagram. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(1), 100–104. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i1.4711

Selwendri, & Marakali Siregar, O. (2018). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Peluang Usaha Kelompok Pemuda Karang Taruna di Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Medan S. Abdimas Talenta, 3(2), 373–377. http://jurnal.usu.ac.id/abdimas

Suhardi, D., & Irmayanti, R. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek, dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis & Manajemen, 3(1), 53–62.

Wardah, F., & Albari. (2023). Analisis Pengaruh Influencer terhadap Minat Beli Konsumen pada Perusahaan JavaMifi. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(3), 188–205. https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/30137

Wardani, D. S. D., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Celebrty Endoser, Citrea Merek dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pemebeluian Produk Scarlett Whitening (Studi Kasus Pengguna Scarlett Whitening). Jesya, 5(2), 1148–1160. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.689

Wijayanto, I., & Iriani, S. S. (2013). Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen |, 1, 910–918.

Zahroh, A., Septiana, A., & Arief, R. Z. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Manfaat terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Metode Pinjaman Online Spaylater pada Mahasiswa di Kabupaten Bangkalan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 15(1), 55–62. https://doi.org/10.23887/jjpe.v15i1.63061

Diterbitkan

2024-11-30

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Konsumen terhadap Celebrity Endorsement pada Bm.studio Bali: Analysis of the Influence of Brand Image and Consumer Trust on Celebrity Endorsements at Bm.studio Bali . (2024). TALI JAGAD JOURNAL, 2(2), 1-11. https://doi.org/10.55732/UNU.TJJ.2024.02.02.1