Eksistensi Usaha Kuliner Tradisional Bali Dalam Meningkatkan Perekonomian Di Kota Denpasar
Eksistensi Usaha Kuliner Tradisional Bali Dalam Meningkatkan Perekonomian Di Kota Denpasar
DOI:
https://doi.org/10.55732/UNU.TJJ.2024.02.01.4Kata Kunci:
gaya hidup, kualitas makanan, ketersediaan produk, eksistensi usahaAbstrak
Adanya Tren baru di dunia kuliner membuat usaha kuliner tradisional kini sedikit tergeserkan keberadannya, hal ini karena masuknya produk usaha makanan dari luar yang tersebar di Kota Denpasar yang cenderung banyak diminati oleh generasi milenial. Masuknya beragai produk makanan luar membuat kedudukan kuliner tradisional harus mempertahankan eksistensinya. Maka dari itu, kebijakan pemerintah dalam mendorong usaha kuliner tradisional diharapkan dapat terus mengoptimalkan Masyarakat dalam meningkatkan penggunaan produk lokal yang mampu menjadikan kuliner tradisonal dapat bersaing. Metode accidental sampling dengan jumlah 100 responden menggunakan. Uji yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji multikolinearitas, uji regresi linier berganda, uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa gaya hidup, kualitas makanan, dan ketersediaan produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap eksistensi usaha kuliner tradisional di Bali
Referensi
Chaterina, Ivana. 2016. Pengaruh Gaya Hidup dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis. 1 (3): 339-348.
Ghozali, Imam. 2009. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS “. Semarang : UNDIP.
Mukti, Fajar. 2015. UMKM dan Globalisasi Ekonomi. cetaka I Juni 2015. Yogyakarta : Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Porter, Michael E. 2018. Keunggulan Bersaing: Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Cetakan ke-2. Jakarta. PT. Gelora Aksara Pratama.
Putri Ariani, A. 2017. Ilmu Gizi Dilengkapi dengan Standar Penilaian Status Gizi Dan Daftar Komposisi Bahan Makanan. Yogyakarta : Nuha Medika
Kotler dan Keller. 2014. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga
Wiraliosojati, Muhaddyatma, Sri Suryoko dan Saryadi, 2014, Pengaruh Ekuitas Merek
sian Flag UHT Low Fat & High Calcium, Diponegoro Journal of Social and Politic. 1-10.
Widyastuti, Pristiana. 2018. Kualitas dan Harga sebagai Variabel Terpenting pada Keputusan Pembelian Sayuran Organik. Jurnal Bisnis dan Manajemen. 2 (1): 17-28.
Sugiharto dan sitinjak. (2006). Lisrel. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suhartanto, Ay. 2018. Pengaruh Kualitas Lingkungan Fisik, Makanan, Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Restoran, Dan Word Of Mouth (Studi Kasus Pada Hotel Manohara Center Of Borobudur Study). Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta