Analysis of the Influence of Service Quality and Comfort on Geprek John HK Customer Satisfaction
Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kenyamanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Geprek John HK
DOI:
https://doi.org/10.55732/UNU.TJJ.2024.02.01.5Kata Kunci:
Lifestyle, Food Quality, Product Availability, Business ExistenceAbstrak
Industri kuliner menjadi salah satu aset yang berkembang pada zaman sekarang seiring dengan perubahan gaya hidup dan preferensi konsumen. Salah satu industri kuliner yang berkembang pada saat ini yaitu geprek Jhon HK yang khas dengan ayam gepreknya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan serta kenyamanan mempengaruhi kepuasan pelanggan Geprek John HK. Metode yang digunakan pada penelitian ini dengan metode kuantitatif dan yang menjadi objek responden pada penelitian ini yaitu konsumen geprek Jhon HK sebanyak 45 orang. Hasil dari penelitian ini yaitu adanya hubungan linear antara kenyamanan dan kepuasan pelanggan, serta tidak ada masalah multikolinearitas, autokorelasi, atau heteroskedastisitas dalam model regresi. Dan kesimpulannya yaitu kualitas pelayanan dan kenyamanan memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan.
Referensi
Asyifa, L. S., & Rahayu, A. (2019). Kenyamanan Dan Kepercayaan Konsumen Blibli.Com Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Online. Journal Of Business Management Education (Jbme), 2(2), 49–56
Febriah, I., Hanum, K. Z., & Saleh, M. Z. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Pada Kepuasan Pelanggan Mcdonald’s. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi (JIMEA), 1(1), 157-165.
Harazneh, I., Adaileh, M. J., Thbeitat, A., Afaneh, S., Khanfar, S., Harasis, A. A., & Elrehail, H. (2020). The impact of quality of services and satisfaction on customer loyalty: The moderate role of switching costs. Management Science Letters, 10(8), 1843–1856.
Junaedi, D., Redjeki, F., & Priadi, M. D. (2023). Pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian: studi kasus pada Koperasi Mitra Dhuafa Cabang Mande-Cianjur. Indonesian Journal of Economic and Business, 1(2), 106-120.
Ibrahim, M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (Jrmb), Vol 4. No.1, 175-182.
Leonardo, V., Yuliana, Y., Arwin, A., Hutabarat, F. A. M., & Sulaiman, F. (2021). Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Studi Kasus pada Perkantoran Maha Vihara Maitreya Cemara Asri, Deli Serdang. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Informasi (SENSASI), 3(1), 466– 470
Mar’ati, N. C., & Sudarwanto, T. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Ojek Online (Studi Pada Konsumen Gojek Di Surabaya). 4(3), 1–12.
Martono, M., Arwin, A., Yuliana, Y., Lisa, L., & Hutabarat, F. A. M. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Kasus pada Pengangkutan TS Medan. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Informasi (SENSASI), 3(1), 411–415.
Philip Kotler and Gary Amstrong. (2017). Principles of Marketing (seventeent). Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Manajemen pemasaran edisi 13 jilid 2.
Sanjaya, L. J., & Sawitri, D. R. (2018). Hubungan Antara Kenyamanan Pelayanan Dengan Loyalitas Pelanggan: Studi Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Pengguna Layanan Go-Jek Di Semarang. Jurnal EMPATI, 6(4), 149–156.
Sri Diantari, N. K. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kenyamanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online (Studi Pada Pelanggan Go-Jek Di Denpasar Barat). Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, Vol. 1 (No. 4), 1321-1329.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2020). Service, Quality dan Satisfaction (5th ed.). Andi.
Tresiya, D., Djunaidi, & Subagyo, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kenyamanaan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Perusahaan Jasa Ojek Online Go-Jek Di Kota Kediri. Jimek: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 1(2), 208.