Strategi Marketing Mix Syariah Dalam Meningkatkan dan Mempertahankan Nasabah pada Produk Simpanan Idul Fitri di BMT Matra Pekalongan

Strategi Bauran Pemasaran Syariah dalam Meningkatkan dan Mempertahankan Nasabah pada Produk Simpanan Hari Raya di BMT Matra Pekalongan

Penulis

  • Versiandika Pratama UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Eka Frendika ,

DOI:

https://doi.org/10.55732/UNU.TJJ.2024.02.01.1

Kata Kunci:

Sharia Marketing Mix, Improve, Retain, Sifitri.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana srategi marketing mix syariah dalam meningkatkan dan mempertahankan jumlah nasabah pada produk simpanan idul fiti di BMT Matra Kantor Cabang Kajen Pekalongan. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi yang diperoleh dari informan. Hasil penelitian ini dalam meningkatkan jumlah nasabah dengan menggunakan 9P meliputi: strategi product, product yang paling diminati adalah sifitri. Strategi price jumlah setoran dikembalikan utuh tidak ada potongan. Strategi place lokasi strategis pinggir jalan raya. Startegi promotions dari mulut ke mulut dan grup whatshapp. Strategi people memegang prinsip kejujuran dan berpenampilan menarik. Strategi process melakukan jemput bola. Strategi physical evidence fasilitas berupa kursi tunggu, ruangan ber AC, area parkir. Strategi promise memberikan janji sembako dan pengembalian setoran secara utuh. Strategi patience selalu sabar dalam proses transaksi bersama nasabah. Adapun strategi dalam mempertahankan nasabah produk sifitri yaitu strategi product dengan melakukan inovasi pada product sifitri. Strategi price tidak ada potongan dan setoran dikembalikan secara utuh. Strategi place mudah dijangkau oleh nasabah dari daerah sekitar. Strategi promotions dengan melakukan komunikasi yang intensif dan follow up kepada nasabah sifitri. Strategi people mengutamakan keramahan dan kesopanan. Strategi process dalam transaksi harus jujur dan teliti. Strategi physical evidence ruangan ber AC, bersih dan terdapat mushola. Strategi promise memberikan parcel dan setoran secraa utuh. Strategi patience harus selalu sabar dalam proses pelayanan dan tidak mudah marah.

Referensi

Abuznaid, Samir. (2006) islam and management: what can be learned? thunderbird international business review, 48, 125-139.

Agustian, A., Mita, & Yulanda, N. A. (2019). Penerapan Metode Service Excellence dan Service Quality untuk Meningkatkan Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit. Jurnal Borneo Cendekia, 3(2), 40–46.

Ajzen, I. (2005). Attitudes, Personality and Behavior, (2nd edition), Berkshire, UK: Open University Press-McGraw Hill Education.

Al Arif, M. Nur Rianto. (2017). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah, (Bandung, Alfabeta).

A’yun, Q. A. N., Latifah, F. N., & Maika, M. R. (2021). Penerapan Strategi Marketing Mix Upaya Meningkatkan Jumlah Funding Pada Bmt Madani Sepanjang. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 8(6), 808.

Brian P. Kennedy. (2013). Teory perilaku terencana dan literasi keuangan: Model prediktif untuk utang kartu kredit, Marshall University digital scolar.

Fauzia, I. Y., & Riyadi, A. K. (2014). Prinsip Dasar Ekonomi Islam. Jakarta: Prenamedia Group.

Farida, I., Tarmizi, A., & November, Y. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 1(1), 31-40.

Hidayat, M. A., & Anwar, M. K. (2019). Bauran Pemasaran Pada Bmt Mandiri Sejahtera Cabang Kedungpring Dalam Prespektif Etika Bisnis Islam. Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 86–96.

Hartono, H., Hutomo, K., & Mayangsari, M. (2012). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan” Dengan Menetapkan Alumni Dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. Binus Business Review, 3(2), 882.

Hurriyati Ratih, (2005) Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, (Cetakan pertama penerbit: Alfabeta Bandung).

Jannah, A. R. (2018). Implementasi Marketing Mix (7P’S) Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Rahn Di Pegadaian Syariah Kantor Cabang Sidoarjo (p. 102).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Rambat, L. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa (Jakarta: Salemba Empat).

Marcelina, J., & Tantra, B. (2017). Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian pada Guest House di Surabaya. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 5(2), 1–16.

Mugiantoro, A (2016). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (7p) Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Menginap Di Kamar Superior Di Hotel Orchardz Gajah Mada Pontianak. Jurnal Ilmiah, 1-12.

Neldi, M., Kumbara, V. B., & Yunita, Y. (2020). Mengukur Minat Beli Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Pada Pt. Menara Agung Padang. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(1), 111–127.

Nugroho, R., & Japarianto, E. (2013). Pengaruh People, Physical Evidence , Product , Promotion , Coffee Cozies Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(2), 1–9.

Nurcholifah, I. (2014). Strategi Marketing Mix dalam Perspektif Syariah. Jurnal Khatulistiwa- journal of islamic studies, 4(1), 73-86.

Nur Anisa, I., & Oktafia, R. (2021). Penerapan Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Jumlah Funding Dan Lending Di Bmt Harapan Ummat Sidoarjo. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 4(1), 113–126.

Nurfauzia, V., & Fikriyah, K. (2020). Implementasi Strategi Pemsaran Pada Biro Perjalanan Umrah Dalam Perspektif Pemasaran Syariah. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(2), 82–95.

Rahim, E., & Mohamad, R. (2021). Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dalam Perspektif Syariah. MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah), 2(1), 15–26.

Rinaldi, U. (2009). Pengaruh Bauran Pemasaran (7P) Terhadap Keputusan Berbelanja di Swalayan. Jurnal Aplikasi Manajemen, 7(3), 710.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Syukur, patah abdul, & Syahbudin, F. (2017). Konsep Marketing Mix Syariah. Ekonomi dan Perbankan Syariah, 5(1), 71-94.

Diterbitkan

2024-05-30

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Strategi Marketing Mix Syariah Dalam Meningkatkan dan Mempertahankan Nasabah pada Produk Simpanan Idul Fitri di BMT Matra Pekalongan: Strategi Bauran Pemasaran Syariah dalam Meningkatkan dan Mempertahankan Nasabah pada Produk Simpanan Hari Raya di BMT Matra Pekalongan. (2024). TALI JAGAD JOURNAL, 2(1), 1-15. https://doi.org/10.55732/UNU.TJJ.2024.02.01.1