PENGARUH VIRAL MARKETING DAN REVIEW ONLINE BAGI BISNIS UMKM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA TIKTOK (Studi Kasus Pada Bakso Cak Pitung Sidoarjo)
Pengaruh Viral Marketing Dan Review Online Bagi Bisnis Umkm Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Tiktok (Studi Kasus Pada Bakso Cak Pitung Sidoarjo)
DOI:
https://doi.org/10.55732/unu.tjj.2023.01.10Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh viral marketing dan review online terhadap keputusan pembelian pada bakso cak pitung sidoarjo. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Teknink pengambilan sampel memakai teknik accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang dengan menggunakan skala likert. Responden penelitian ini adalah pengguna aplikasi tiktok dan juga konsumen bakso cak pitung. Instrument penelitian ini sudah memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas. Pengolahan data menggunakan software SPSS versi 26 serta menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variable viral marketing (X1) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian (Y). variable review konsumen online (X2) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap variable keputusan pembelian (Y).
Referensi
ahmad naufal dzulfaroh. (2023). Indonesia Pengguna TikTok Terbesar Kedua di Dunia, Mengapa Aplikasi Ini Begitu Digemari? Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2023/01/19/200000065/indonesia-pengguna-tiktok-terbesar-kedua-di-dunia-mengapa-aplikasi-ini?page=all
Amin Effendy, A., & Sunarsi, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan. 4(3).
Ardianti, A. N., & Widiartanto, M. A. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee . Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1–11.
Bevan-dye, A. L. (2020). Antecedents of Generation Y consumers ’ usage frequency of online consumer reviews Antecedentes de la frecuencia de uso de las revisiones de consumidores online por los n Y consumidores de la Generaci o. 24(2), 193–212. https://doi.org/10.1108/SJME-12-2019-0102
Boentoro, Y., Paramita, S., & Paramita, S. (2020). Komunikasi Pemasaran Viral Marketing (Studi Kasus Kopi Kwang Koan). Prologia, 4(1), 141. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6455
Bulele, Y. N., & Wibowo, T. (2020). Analisis Fenomena Sosial Media Dan Kaum Milenial: Studi Kasus Tiktok. Conference on Business, Social Science and Innovation Technology, Vol 1(No 1), 565–572.
Hariyanto, H. T., & Trisunarno, L. (2021). Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan Pembelian pada Toko Online di Shopee. Jurnal Teknik ITS, 9(2), A234–A239.
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2011). Two hearts in three-quarter time: How to waltz the social media/viral marketing dance. Business Horizons, 54(3), 253–263. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2011.01.006
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran. edisi.
Laili Hidayati, N. (2018). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Reviews Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Shopee Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 06(3), 77–84.
liputan6. (2022, July 9). Menyantap Kenikmatan Kuliner Bakso Cak Pitung Sidoarjo. Liputan6.Com.
mela syaharani. (2023, August 11). 10 Negara Dengan Pengguna Smartphone Terbanyak Di Dunia, Indonesia Masuk Daftar! Good Stats.
Memenuhi Sebagian Persyaratan Mencapai Derajat Sarjana S-, U. (n.d.). PENGARUH KELOMPOK REFERENSI, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Konsumen Generasi Milenial Natasha Skin Clinic Center) SKRIPSI.
Ningsih, E. S. P. (2019). Pengaruh rating dan online customer review terhadap keputusan pembelian secara online pada marketplace SHOPEE. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sina, P. G. (2020). Ekonomi rumah tangga di era pandemi covid-19. Journal of Management Small and Medium Enterprises (SMEs), 12(2), 239–254.
Stephanie, C. (2021). Jumlah Pengguna Aktif Bulanan TikTok Terungkap. Kompas.Com.
Teknik, J., Vol, I. T. S., Hariyanto, H. T., Trisunarno, L., & Teknik, D. (2020). Analisis Pengaruh Online Customer Review , Online Customer Rating , dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga. 9(2).
Wardani, E. K. (2021). Pengaruh Konten Food Vlogger Dan Peran Media Sosial Terhadap Minat Beli Pada Usaha Kuliner (Studi Pada Warung Makan Mbok Cimplek Jatipuro). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Widiyanto, I. (2008). Pointers: metodologi penelitian. Semarang: BP Undip, 84.
Wiludjeng, S., & Nurlela, T. S. (2013). Pengaruh Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt “X.” Proceeding Seminar Nasional Dan Call for Papers Sancall 2013, 1, 51–59.