The INFLUENCE OF LOCATION AND CAFE ATMOSPHERE ON CONSUMER SATISFACTION IN BELI KOPI SIDOARJO
PENGARUH LOKASI DAN CAFE ATMOSPHERE TERHADAP CONSUMER SATISFACTION DI BELI KOPI SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.55732/unu.tjj.2023.01.7Kata Kunci:
Café Atmosphere; Consumer Satisfaction; LokasiAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lokasi dan café atmsosphere terhadapa Consumer Satisfaction di Belikopi Sidoarjo, tepat di Jl. Untung Surapati No. 11, Sidokumpul, Sidoarjo. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Belikopi yang jumlahnya 100 responden dengan menggunakan skala likert. Metodelogi yang digunakan dalam penenitial ini adalah menggunakan medote kuantitatigf deskriptif. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling, yaitu siapa saja yang secara kebetulan atau incidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel. Proses perhitungan menggunakan software SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa varibel lokasi secara parsial berpengaruh negatif terhadap consumer satisfaction, sedangkan untuk variabel café atmosphere secara parsial berpengaruh positif terhadap consumer satisfaction. Tetapi secara simultan variabel lokasi dan café atmosphere berpengaruh positif terhadap consumer satisfaction.
Referensi
Berman, Barry dan Joel R, E. (2007). Retail Management: A Strategic Approach. (10th ed.). Pearson Prentice Hall.
Budiman, S., & Dananjoyo, R. (2021). The Effect of Cafe Atmosphere on Purchase Decision: Empirical Evidence from Generation Z in Indonesia. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(4), 483–490.
Chandra, T., Fandy, & Gregorius. (2012). Pemasaran Strategik. CV Andi.
Fitriyani, S., Murni, T., & Warsono, S. (2019). Pemilihan Lokasi Usaha Dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Usaha Jasa Berskala Mikro Dan Kecil. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(1), 47–58.
Hermanto, H., Apriansyah, R., Fikri, K., & Albetris, A. (2019). Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen pada Fotocopy Anugrah Rengat. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 3(2), 171.
Indahsari, L. N., & Roni, M. (2022). Margin : Jurnal Bisnis Islam dan Perbankan Syariah Pengaruh Kualitas Pelayanan , Harga , Dan Lokasi Terhadap. Pemasaran Esensi & Aplikasi, 1, 52–60.
Ismail, T., & Yusuf, R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Indihome Gegerkalong Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 413–423.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (A. Maulana & Y. S. Hayati (eds.); 13th ed.). Penerbit Erlangga.
Marduwati. (2022). Analisis Faktor Suasana Lingkungan Kafe Dalam Meningkatkan Kenyaman Konsumen Pada Kafe Teras Wirano Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Bongaya (JIB), 6(2), 63–69.
Maulana, S., & Muhajirin. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Aisy Cabang Bima. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(4), 372–379.
Munwaroh, U. L., & Riptiono, S. (2021). Analisis Pengaruh Cafe Atsmosphere, Kualitas Pelayanan dan Customer Experience Terhadap Repurchase Intention Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Customer Malindo Corner). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 3(5), 2021.
Nurfalah, A. A., Zahra, S., & Tabrani, M. B. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen di Kedai Kopi Mustafa85 Pandeglang Banten (Studi Kasus Kedai Kopi Mustafa85 di Pandeglang Banten). Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 13(02), 313–318.
Purnomo, A. K. (2017). Pengaruh Cafe Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian Gen Y pada Old Bens Cafe. Jurnal Manajemen Maranatha, 16(2), 133.
Setiyani, U., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Presepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Atmosphere Cafe Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 323–330.
Sholihah, I. A. (2020). Pengaruh Suasana Cafe dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Merdeka Cafe Nganjuk. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(1), 750–756.
Sudirman, A., Halim, F., & Pinem, R. J. (2020). Kepercayaan Sebagai Pemediasi Dampak Citra Merek dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Gojek. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), 66.
Suhairi, Novianti, N., & Suryatna, D. (2020). Pengaruh Harga dan Suasana Cafe Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe D’ Malaka Watansoppeng. Jurnal MENTASI (Manajemen Dan Akuntansi), 3(1), 67–73.
Wahyudi, N., & Lau, E. A. H. (2014). Analisis Faktor-Faktor Pemilihan Lokasi Usaha Terhadap Kesuksessan Usaha Jasa Mikro di Kecamatan Sungai Kunjang. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 3.
Widiyanto, I. (2008). Pointers: Metodologi Penelitian. Badan Penerbit Undip.
Yudistira, A. R. (2021). Kegiatan Komunikasi Pemasaran Coffe Shop “Sehari Sekopi” Sidoarjo dalam Menarik Minat Beli di Masa Pandemi Covid - 19. Komunikasi Pemasaran