HARGA, PRODUK, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR YAMAHA MIO SERIES DI KARANGANYAR
Harga, Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Mio Series di Karanganyar
DOI:
https://doi.org/10.55732/unu.tjj.2023.01.12Abstrak
Penelitian bertujuan untuk menguji pengaruh variabel independent (harga, produk, dan citra merek) terhadap variabel dependent (keputusan pembelian) Yamaha mio series pada dealer kondang motor, dengan metode kuesioner terhadap 100 responden konsumen sepeda motor Yamaha mio series di Papahan Karanganyar yang diperoleh dengan purposive sampling (judgedment). Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa uji validitas dan reliabilitas terhadap seluruh item pertanyaan yang diajukan terbukti valid dan reliable. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa penelitian initerdistribusi secara normal, tidak terjadi multikolinieritas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi pada model regresi. Hasil persamaan koefisienregresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel independent (harga, produk dan citra merek) berpengaruh positif terhadap variabel dependent (keputusan pembelian) Yamaha mio series pada dealer kondang motor di Papahan Karanganyar. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel independent (harga, produk dan citra merek) berpengaruh signifikan terhadap variabel dependent (keputusan pembelian) Yamaha mio series pada Dealer KondangMotor Di Papahan karanganyar. Hasil uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel independent (harga, produk, dancitra merek) secara serempak terhadap variabel dependent (keputusan pembelian)Yamaha Mio Series Pada Dealer Kondang Motor Di PapahanKaranganyar. Sedangkan, hasil ujiR2 (koefisien determinasi) diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,695, yang berarti bahwa variabel independent (harga, produk, dan citra merek) memberikan kontribusi sebesar 69,5% terhadap variabel dependent (keputusan pembelian) Yamaha Mio Series Pada Dealer Kondang Motor Di Papahan karanganyardan 30,5% dipengaruhi oleh variabel lain misalnya kualitas pelayanan, promosi dan biaya asuransi.
Referensi
Aaker, David A. 1991. Managing Brand Equity:Capitalizing on the value of a Brand Name. New York: The Free Press
Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2010. Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Jakarta: PT.Grafindo.
Abubakar, Rusydi. 2005. Pengaruh Pelaksanaan Bauran Pemasaran Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Pada Jamu di Banda Aceh. Jurnal System Teknik Industry. Vol (63), pp54-62
Alfian, B. 2012. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kidjang Inova Pada PT. Hadji Kalla Cabang Polman Makasar: Skripsi Universitas Hasanudin
Amstrong dan Kotler. 2003. Dasar-dasar Pemasaran, Jilid 1. Edisi Kesembilan. Penerbit PT. Indeks Gramedia, Jakarta
Angipora, Marius, P. 2002. Dasar-dasar Pemasaran.PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Abd, Rachman Arief. 2016. Pengantar Ilmu Perhotelan & Restoran. Graha Ilmu. Yogyakarta
Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Basu, Swasta dan Irawan. 2002. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Keempat. Penerbit Liberty: Jakarta.
Djarwanto dan Subagyo, Pangestu. 2000. Statistik Induktif, Edisi 4. BPFE.Yogyakarta.
Fandy, Tjiptono. 2006. Manajemen Jasa. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi
Fandy, Tjiptono. 2011. Pemasaran Jasa. Banyumedia. Malang.
Gilbert, David. 2003. Retail Marketing Management (2nded). England: Prentice. Hall.
Ghozali, Imam. 2010. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE.
Kotler dan Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Keduabelas, jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Jakarta: PT. Prehallindo
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta. Prehallindo
Kotler, Philip. 2003. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi Kesembilan. Jakarta. PT. Indeks Gramedia
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran, Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler dan Keller. 2005. Manajemen Pemasaran: Edisi 11, jilid 1. PT. Indeks. Jakarta
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran: Edisi 12, Jilid 1. PT. Indeks. Jakarta
Lupiyoadi, Rambat. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.
Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat
Achidah, Nur dan Leonardo, Budi H. 2016. Pengaruh Promosi, Harga, dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Mio GT. Journal Of Management, Vol. 2, No. 2 Maret 2016.
Ody Yustiawan & Prijati. 2016. Pengaruh kualitas produk, harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian Honda Vario. Jurnal ilmu dan riset manajemen: vol.5, no. 2, februari 2016.
Lutriary Eka Ratri. 2007. Hubungan antara Citra merek (Brand Image) Operator Seluler dengan loyalitas Merek ( brand Loyalty) pada Mahasiswa Pengguna Telepon Selular di Fakultas Ekonomi Reguler Universitas Diponegoro Semarang. Skripsi. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.
Rajput, Ansir A. 2012. Impact of product price and quality on Consumer Buying Behavior: Evidence from Pakistan. Journal Of Contemporary Research in Business, Vol.4 no.4
Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen. Kencana. Jakarta.
Singgih, Santoso. 2000. Latihan SPSS Statistik Parmetrik.Gramedia. Jakarta
Simamora, Bilson. 2008. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel.PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Supardi.2005. Metodelogi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta:UII Press
Sugiyono. 2011. Metode Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.
Sutisna.2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran.PT. Remaja Rosdakarya. Bandung
Tandjung. 2004. Marketing Management: Pendekatan Pada Nilai-nilai Pelanggan. Edisi Kedua. Penerbit Bayumedia. Malang.
https://www.pengaruh_harga_kualitas_produk_citra_merek_keputusan_pembelian.com