The Effect of E-Commerce Admin Services in Answering Customer Questions on Digital Printing Business Progress
Pengaruh Pelayanan Admin E-Commerce dalam Menjawab Pertanyaan Customer Terhadap Kemajuan Usaha Digital Printing
DOI:
https://doi.org/10.55732/UNU.TJJ.2024.03.01.1Keywords:
Digital Printing, E-Commerce, Business Progress, Admin ServicesAbstract
E-commerce telah berkembang pesat dan menjadi pilihan utama konsumen, termasuk dalam bisnis digital printing. Pelayanan admin yang cepat, jelas, dan tanggap menjadi faktor penting untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendukung pertumbuhan bisnis. Penelitian ini menganalisis pengaruh layanan admin e-commerce terhadap kemajuan bisnis digital printing, dengan fokus pada kecepatan respon, kejelasan informasi, dan sikap pelayanan dalam meningkatkan penjualan, jumlah pelanggan tetap, dan loyalitas pelanggan. Menggunakan pendekatan kuantitatif, sampel diambil melalui teknik simple random sampling dan pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Analisis dilakukan menggunakan SPSS dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan admin e-commerce berpengaruh signifikan terhadap kemajuan bisnis digital printing. Hasil uji t menunjukkan t_hitung = 3,955 > t_(tabel) = 1,313 dengan signifikansi 0,000 yang menunjukkan bahwa layanan yang cepat dan informatif dapat mempercepat pertumbuhan bisnis. Kualitas layanan admin juga meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan, dengan koefisien regresi sebesar 0,530. Temuan ini menegaskan pentingnya layanan admin dalam mendorong perkembangan bisnis digital printing.
References
Affan, M. W. (2022). Analisis Penggunaan E-Commerce: Faktor Yang Mempengaruhi dan Dampaknya Bagi UMKM. Jurnal Akademi Akuntansi, 5(3), 392–403. https://doi.org/10.22219/jaa.v5i3.22013
DataIndonesia.id. (2024). Kumpulan Data Seputar Perkembangan E-Commerce di Indonesia pada 2023 dan 2024. Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/ekonomi-digital/detail/laporan-kumpulan-data-seputar-perkembangan-ecommerce-di-indonesia-pada-2023-dan-2024
Gustina, L., Novita, W., & Triadi, Y. (2022). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 4(1), 152–161. https://doi.org/10.47233/jteksis.v4i1.392
Hafidz, G. P., & Muslimah, R. U. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek, Kepercayaan Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Herbalife. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1), 253–274. https://doi.org/10.31955/mea.v7i1.2912
Hidayah, N., & Indarti, S. (2016). Pengaruh Praktik Total Quality Management (TQM) terhadap Budaya Kualitas dan Daya Saing untuk meningkatkan Kinerja perusahaan (Studi pada Usaha Mikro Percetakan Digital Printing di Kota Pekanbaru-Riau) Pengaruh Praktik Total Quality Management (TQM) terha. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, VIII(3), 1–17.
Insana, D. R. M., & Johan, R. S. (2020). Peningkatan Kepuasan Konsumen Melalui Penggunaan E-Commerce. Sosio E-Kons, 12(02), 125. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v12i02.6451
Ismail, T., & Yusuf, R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Indihome Gegerkalong Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 413–423.
Kementerian Perdagangan. (2024). Perdagangan Digital ( E-Commerce ) Indonesia Periode 2023. 1–8.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed). Pearson Education.
Marbun, M. B., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 716–727. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1134
Nasution, M. D. T. P., Rafiki, A., Lubis, A., & Rossanty, Y. (2021). Entrepreneurial orientation, knowledge management, dynamic capabilities towards e-commerce adoption of SMEs in Indonesia. Journal of Science and Technology Policy Management, 12(2), 256–282. https://doi.org/10.1108/JSTPM-03-2020-0060
Novitasari, I. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan E- Commerce Terhadap Kepuasan Konsumen Shopee Pada Mahasiswa Universitas Alma Ata Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Angkatan 2018 – 2021. IJMA (Indonesian Journal of Management And Accounting, 1(2), 76–94.
Saharja, K., & Gobal, R. (2021). Pengaruh Waktu Proses Produksi Digital Printing Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Produk Cetak. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI, 5(1), 458–469.
Sidharta, I., & Suzanto, B. (2015). Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Transaksi Online Shopping Terhadap Sikap Serta Perilaku Konsumen Pada E-Commerce. Jurnal Computech & Bisnis (e-Journal), 9(1), 23–36.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Wijaya, W. R. ., Widayati, C. C., & Perkasa, D. H. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Restoran ABC di Pantai Indah Kapuk). Jurnal Kewirausahaan Dan Multi Talenta (JKMT), 1(3), 82–91. https://doi.org/10.38035/jkmt.v1i3.70