Implementasi Multimedia Interaktif Berbasis Augmented Reality dan Assemblr Edu dalam Pembelajaran Sains untuk Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.55732/plppgsd.v1i2.1629Kata Kunci:
Augmented Reality, Assemblr Edu, Multimedia Interaktif, Transformasi EnergiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi multimedia interaktif berbasis Assemblr Edu guna meningkatkan berpikir kritis peserta didik dalam mata pelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif ini secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, terutama dalam mengidentifikasi masalah, menganalisis informasi, dan mengevaluasi argumen. Integrasi teknologi AR dan 3D dalam pembelajaran memberikan pengalaman belajar yang lebih imersif dan menarik dibandingkan metode konvensional. Penelitian ini memberikan kontribusi baru dalam pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality (AR).
This study aims to develop and evaluate interactive multimedia based on Assemblr Edu to improve students' critical thinking in science subjects. This study uses a Research and Development (R&D) approach with the ADDIE model. The results of the study indicate that the use of this interactive multimedia significantly improves students' critical thinking skills, especially in identifying problems, analyzing information, and evaluating arguments. The integration of AR and 3D technology in learning provides a more immersive and interesting learning experience than conventional methods. This study provides a new contribution to the development of interactive learning media based on Augmented Reality (AR).
Referensi
Abdussamad, Z. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press. Bandung.
Ahmad, M. (2020). Categorizing Game Design Elements into Educational Game Design Fundamentals. In Game Design and Intelligent Interaction. IntechOpen. https://doi.org/10.5772/intechopen.89971
Alaslan, A. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. https://doi.org/10.31237/osf.io/2pr4s
Asitah, N. (2021). Inclusive Education Research Mapping in ASEAN : Lesson from Scientometric Perspective. Proceedings of the International Conference on Industrial & Mechanical Engineering and Operations Management, 840–856.
Darman, Asrul, & Saputra, H. N. (2021). Pemanfaatan Multimedia Interaktif Dalam Proses Pembelajaran Ditinjau Dari Ketersediaan Peralatan Pendukung dan Aplikasi yang Digunakan. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 64–68. https://doi.org/10.51454/decode.v1i2.21
Hidayat, N., Suarmika, P. E., & Safitri, S. (2023). Pemanfaatan Media Aplikasi Berbasis Android Sebagai Bahan Ajar Interaktif di SDN 4 Besuki. Mimbar Integritas : Jurnal Pengabdian, 2(1), 172. https://doi.org/10.36841/mimbarintegritas.v2i1.2682
Karta, I. W., Farmasari, S., & Ocampo, D. M. (2023). Online Assessment of Primary Students’ Cognitive, Psychomotor, and Affective Domains: Practices from Urban and Rural Primary Schools in Indonesia. SHS Web of Conferences, 173, 01014. https://doi.org/10.1051/shsconf/202317301014
Lathifah, S. S., Irpan, A. M., Supratman, L., Rossa, A., Sari, R. P., & Meyradhia, A. G. (2023). Program Pendampingan Guru Dalam Implementasi Basic Science Kits Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar Negeri Bojong. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 47–53. https://doi.org/10.32877/nr.v3i1.988
Mutmainah, D., & Kamaluddin, K. (2019). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Membentuk Sikap dan Kepribadian Siswa. CIVICUS : Pendidikan Penelitian Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 44. https://doi.org/10.31764/civicus.v6i2.673
Pramuji, L., Permanasari, A., & Ardianto, D. (2020). Multimedia Interaktif berbasis STEM pada Konsep Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Science Education and Practice, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.33751/jsep.v2i1.1699
Rahmani, M. Z., Bukhari, A., Wiyono, N., Amru, K., Baharuddin, B., & Nurhadi, A. A. (2024). Exploring Links between Visuospatial Ability and Anatomy Learning in Education: A Bibliometric Analysis and Scientific Mapping. Narra J, 4(3), e1095. https://doi.org/10.52225/narra.v4i3.1095
Verawati, N. N. S. P., Hikmawati, H., Wahyudi, W., & Prayogi, S. (2022). Pengalaman Mengajar Fisika Modern Menggunakan Simulasi Virtual PhET: Analisis Kinerja Keterampilan Penalaran Mahasiswa. Empiricism Journal, 3(2), 188–195. https://doi.org/10.36312/ej.v3i2.997
Zahra, N., & Amaliyah, N. (2023). Analisis Faktor Rendahnya Literasi Siswa di Kelas 4 SDN Susukan 03 Pagi. Research and Development Journal of Education, 9(2), 898. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i2.19454
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Pengenalan Lapangan Persekolahan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.