Penerapan Media Powerpoint Interaktif dalam Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas IV SDN Kebonagung 1 Sukodono
DOI:
https://doi.org/10.55732/plppgsd.v1i2.1503Kata Kunci:
Hasil Belajar, Media PowerPoint Interaktif, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Classroom Action Research (CAR), Interactive PowerPoint Media, Indonesian Language Learning, Learning OutcomesAbstrak
Pembelajaran abad 21 merupakan pembelajaran yang mempersiapkan generasi abad 21 dimana kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang begitu cepat memiliki pengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan termasuk pada proses belajar mengajar. Dewasa ini dalam pelaksanaan berbagai program pendidikan, kita dihadapi dengan berbagai tantangan yang harus dihadapi oleh guru. Guru senantiasa harus memiliki kompetensi guru abad 21, sehingga guru dapat mempersiapkan segala sesuatu baik melalui berbagai inovasi yang ada dengan menerapkannya di kelas terutama dalam menjawab berbagai kebutuhan pada abad 21. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan penelitian awal yang dilakukan, peneliti menemukan permasalahan bahwa Keadaan siswa kelas IV SDN Kebonagung 1 Sukodono, yang umumnya belajar dengan model pembelajaran langsung khususnya metode ceramah menunjukkan bahwa siswa kurang bersemangat dalam menerima pelajaran, maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan media power point interaktif dalam pembalajaran bahasa Indonesia meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonagung 1 Sukodono. Hasil Penelitian ini yaitu diketahui bahwa indikator keberhasilan telah tercapai sesuai dengan yang diharapkan yaitu sekurang-kurangnya 90% siswa memperoleh nilai > 78.
Referensi
Amalida, L. and Halimah, L. (2023) ‘Tantangan Pembelajaran Abad-21: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 4(1), pp. 54–60. Available at: https://doi.org/10.29303/pendas.v4i1.2082.
Asitah, N. and Ismafitri, R. (2021) Product based learning. Sidoarjo: UNUSIDA PRESS. Available at: https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=4FZrEAAAQBAJ.
Dewi, T.K. and Yuliana, R. (2018) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar’, Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). Available at: https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2804.
Fajrillah et al. (2020) MOOC: Platform Pembelajaran Daring di Abad 21. Yayasan Kita Menulis.
Hasibuan, L., Us, K.A. and Nazirwan, N. (2021) ‘Pendidikan dan Perubahan Kebudayaan Transmisi Budaya dan Perkembangan Institusi Pendidikan’, Jurnal Literasiologi, 5(2). Available at: https://doi.org/10.47783/literasiologi.v5i2.220.
Legiman (2015) ‘Penelitian Tindakan Kelas (PTK)’, LPMP Yogyakarta, 1(1), pp. 1–15.
Pangestu, A.D. et al. (2023) ‘Pendidikan dan Pendidikan Bahasa dalam Membangun Peradaban Bangsa Indonesia’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), pp. 1281–1290. Available at: https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i3.4904.
Ramadhan, A. and Nadhira, A. (2022) ‘Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran Dengan Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Sesuai Dengan Kurikulum Tahun 2013 Di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Medan’, Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), pp. 121–128. Available at: https://doi.org/10.37755/sjip.v8i1.632.
Sari, I.N. et al. (2021) Dosen Merdeka. UNISMA PRESS.
Sya’ada, M.W. and Turistiani, T.D. (2021) ‘Penggunaan Media Power Point Interaktif pada Pembelajaran Surat Pribadi dan Surat Dinas di Kelas VII-D SMP Negeri 1 Temayang’, Bapala, 8(4), pp. 17–30.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Pengenalan Lapangan Persekolahan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.