Pengembangan Media Diorama untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPAS Materi Siklus Air
DOI:
https://doi.org/10.55732/plppgsd.v1i2.1630Keywords:
critical thinking, science, media development, water cycleAbstract
Keterbatasan media pembelajaran konkret dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar menjadi isu krusial yang berdampak pada rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran diorama sebagai alat bantu visual pada materi siklus air. Menggunakan model ADDIE, media dikembangkan melalui tahap analisis kebutuhan, desain, validasi ahli, implementasi di Sekolah Dasar dan evaluasi efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan media diorama memiliki tingkat validitas sangat baik, mendapat respon positif dari pendidik dan peserta didik, serta mampu meningkatkan skor keterampilan berpikir kritis. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada integrasi visual-spasial media diorama dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah dalam konteks IPAS. Implikasinya, media ini dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tematik dan kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar.
The limitations of concrete learning media in science learning in elementary schools are a crucial issue that has an impact on the low critical thinking skills of students. This study aims to develop and test the feasibility of diorama learning media as a visual aid in water cycle material. Using the ADDIE model, the media was developed through the stages of needs analysis, design, expert validation, implementation in elementary schools and evaluation of effectiveness. The results of the study showed that diorama media had a very good level of validity, received positive responses from educators and students, and was able to increase critical thinking skill scores. The novelty of this study lies in the visual-spatial integration of diorama media with a problem-based learning approach in the context of science. The implication is that this media can be an innovative solution to improve the quality of thematic learning and critical thinking skills of elementary school students.
References
Afriani, N. R., Maksum, A., & Yuliati, S. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Berbasis Android Pada Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 935–942. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2797
Anggraeni, N. O., Abidin, Y., & Wahyuningsih, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Digital pada Materi Keragaman Budaya Indonesia Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 8(1), 22. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v8i1.3976
Asitah, N., Anam, F., & Purnomo, A. (2022). Kajian Tingkat Kompleksitas Masalah pada Buku Pembelajaran Matematika Berbasis Taksonomi Solo. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 1(2), 109–118. https://doi.org/10.55732/jmpd.v1i2.13
Baiti, N., Hamidah, J., & Lestar, S. (2024). Stimulasi Media Diorama untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Anak. Kreasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 45–51. https://doi.org/10.51529/kjpm.v3i1.447
Choirudin, C., Mispani, M., Setiawan, A., Muslimin, A., & Anwar, M. S. (2021). Bahan Ajar Etnomatematika Situs Purbakala Pugung Raharjo untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 87. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i1.8137
Fanani, M. A., Wafiroh, Z., & Yaqin, M. H. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pelajaran Matematika. Proceeding International Conference on Lesson Study, 1(1), 537. https://doi.org/10.30587/icls.v1i1.7426
Fauziah, N., Nafiah, Hartatik, S., & Sunanto. (2022). Penerapan Media Augmented Reality Pada Materi Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 7(2). https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v7i2.2116
Firdausi, N., Afia, N., Anam, F., Kaswadi, & Purnomo, A. (2021). Mapping the Intellectual Structure of Linguistics Research. Proceedings of the International Conference on Industrial & Mechanical Engineering and Operations Management Dhaka, 2021, 796–805.
Fitria, L., & Romadin, A. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Eksperimen untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 18–30. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.233
Nasrudin, N., & Maryadi, M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran di SD. Manajemen Pendidikan, 13(2), 15–23. https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.6363
Nugraheni, I., Soleha, V. S., Widodo, S. T., & Suparno, S. (2023). Penerapan Model PBL Berbasis Pop UP Book pada Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3743–3752. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6383
Nurzaelani, M. M., Kasman, R., & Achyanadia, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Integrasi Nasional Berbasis Mobile. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(3), 264–279. https://doi.org/10.21009/jtp.v20i3.8685
Pratiwi, Y. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Diorama Siklus Air Tanah pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Banaran 04. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 470. https://doi.org/10.20961/jkc.v10i2.65773
Sari, M., Khaliza, R., Annisa, A., Maulidiyah, S., & Zahra, N. G. (2024). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Melalui Pemanfaatan Media Diorama. Warta Dharmawangsa, 18(1), 193–204. https://doi.org/10.46576/wdw.v18i1.4265
Sihombing, W. S. (2022). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Agama Kristen Dengan Menggunakan Metode ADDIE. Journal Global Technology Computer, 1(2), 45–49. https://doi.org/10.47065/jogtc.v1i2.1371
Sriasih, S. A. P., Nitiasih, P. K., Jayaputra, I. N. A., Budasi, I. G., & Budi Utama, I. D. G. (2020). Problematika Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) pada Fakultas Bahasa dan Seni UNDIKSHA. PRASI, 15(01), 22. https://doi.org/10.23887/prasi.v15i01.24801
Suhaeb, F. W., & Kaseng, E. S. (2022). Pembelajaran Pada Awal Masa Kenormalan Baru Di Sekolah Dasar Inpres Jongaya. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 1(3), 169. https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i3.39455
Vira, A., Fantiro, F. A., & Danawati, M. G. (2024). Pengembangan Media Diorama Energi Listrik Tenaga Air pada Pembelajaran IPA Kelas IV di Sekolah Dasar. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(2), 366–374. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i2.657
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pengenalan Lapangan Persekolahan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.