Focus & Scope
Jurnal Nusantara Educational Review (NER) adalah jurnal akses terbuka yang diterbitkan oleh LPPM Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo. Jurnal ini menjadi wadah untuk mempublikasikan hasil penelitian, kajian teori, dan inovasi dalam bidang pendidikan. Topik yang dibahas meliputi:
-
Kebijakan dan Manajemen Pendidikan
Fokus pada kajian, evaluasi, dan pengembangan kebijakan pendidikan serta strategi manajemen sekolah, termasuk pendidikan berbasis komunitas dan pendidikan inklusif. -
Teknologi Pendidikan
Membahas integrasi teknologi dalam pembelajaran, pengembangan e-learning, penggunaan Learning Management Systems (LMS), hingga penerapan kecerdasan buatan dalam pendidikan. -
Metodologi Pembelajaran
Menyoroti model pembelajaran inovatif, pendekatan STEAM, pembelajaran berbasis proyek, serta penggunaan gamifikasi dalam pendidikan. -
Pendidikan Karakter dan Multikultural
Mengulas penguatan pendidikan karakter, penerapan nilai-nilai multikultural, pelestarian budaya lokal melalui pendidikan, dan dampak globalisasi terhadap identitas siswa. -
Pendidikan Inklusif dan Kesejahteraan Peserta Didik
Fokus pada strategi pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus, kesejahteraan mental siswa, dan program intervensi psikososial untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif. -
Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional
Membahas kompetensi guru, pelatihan dan pengembangan profesional berkelanjutan, serta tantangan dalam meningkatkan kualitas pengajaran di berbagai konteks pendidikan. -
Penilaian dan Evaluasi Pendidikan
Menyoroti inovasi dalam metode penilaian, pengembangan instrumen asesmen yang valid dan reliabel, serta implementasi penilaian formatif berbasis teknologi. -
Literasi dan Numerasi
Mengkaji upaya peningkatan literasi dan numerasi, termasuk literasi digital dan pendekatan baru dalam pengajaran literasi dan numerasi untuk berbagai jenjang pendidikan. -
Pendidikan dan Pembangunan Berkelanjutan
Mengulas integrasi pendidikan lingkungan hidup, pendidikan untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), serta pendidikan kewirausahaan berbasis keberlanjutan.
Jurnal Nusantara Educational Review terbuka untuk para akademisi, peneliti, praktisi, dan pembuat kebijakan untuk berbagi gagasan, penelitian, dan inovasi yang bertujuan meningkatkan mutu pendidikan secara berkelanjutan.