Optimalisasi Peran Guru dalam Pembelajaran Efektif dan Manajemen Kelas yang Kondusif

Authors

  • Sofya Rohmatul Ummah UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Eka Wahyu Mulyani UIN Raden Mas Said Surakarta image/svg+xml
  • Nida Rosyidah UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55732/kmq84y03

Keywords:

Manajemen Kelas, Pembelajaran Efektif, Peran Guru

Abstract

Peran guru merupakan elemen fundamental dalam menentukan kualitas pembelajaran dan keberhasilan peserta didik. Guru tidak hanya berfungsi sebagai penyampai materi, tetapi juga sebagai fasilitator, motivator, pengelola kelas, dan evaluator. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam bagaimana optimalisasi peran guru dan penerapan manajemen kelas dapat menunjang efektivitas pembelajaran. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan menganalisis berbagai literatur yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran yang efektif ditandai dengan keterlibatan aktif siswa, pendekatan yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, serta penggunaan strategi seperti PAIKEM yang menyenangkan dan bermakna. Di sisi lain, manajemen kelas yang kondusif meliputi penataan ruang, pendekatan emosional, dan pembiasaan positif terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar dan partisipasi siswa. Simpulan dari kajian ini menegaskan bahwa sinergi antara peran guru yang profesional dan pengelolaan kelas yang baik sangat penting dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran.

The role of teachers is a fundamental element in determining the quality of learning and student achievement. Teachers serve not only as content deliverers but also as facilitators, motivators, classroom managers, and evaluators. This study aims to explore in depth how optimizing the teacher's role and applying effective classroom management can enhance learning effectiveness. The method employed is a literature review by analyzing various relevant scholarly sources. The findings indicate that effective learning is characterized by active student engagement, approaches aligned with learners’ characteristics, and the use of strategies such as PAIKEM, which promotes enjoyable and meaningful learning. On the other hand, a conducive classroom environment—through spatial arrangement, emotional approaches, and positive routines—has been proven to increase students’ learning motivation and participation. This study concludes that synergy between professional teacher performance and effective classroom management is crucial in improving the quality of both learning processes and outcomes.

References

Aquami, Zainuri, A. and Saepulloh (2021) Perencanaan Pembelajaran. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Asim, M. et al. (2023) ‘Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Pembelajaran yang Efektif’, J-STAF: Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah, 2(1), pp. 95–105. Available at: https://doi.org/10.62515/staf.v2i1.165.

Asip, M. (2023) ‘Pengelolaan Kelas: Strategi dan Pendekatan dalam Pengelolaan Kelas yang Bermutu dan Efektif’. Available at: https://doi.org/10.31219/osf.io/nwg6u.

Azman, Z. (2020) ‘Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran’, Edification Journal, 2(2), pp. 51–64. Available at: https://doi.org/10.37092/ej.v1i2.136.

Chan, F. et al. (2019) ‘Strategi Guru dalam Mengelola Kelas di Sekolah Dasar’, International Journal of Elementary Education, 3(4), p. 439. Available at: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21749.

Erwinsyah, A. (2017) ‘Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar’, Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2).

Habbah, E.S.M. et al. (2023) ‘Strategi Guru dalam Pengelolaan Kelas yang Efektif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa’, Jurnal Holistika, 7(1), p. 18. Available at: https://doi.org/10.24853/holistika.7.1.18-26.

Mashari, A., Tohir, A. and Farhana, H. (2019) ‘Peran Guru dalam Mengelola Kelas’, Jurnal Pendidikan, 5(3), p. 99. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.2503/ajp.v5i3.33.

Nurmalasari, N. (2019) ‘Pendekatan dalam Pengelolaan Kelas’, Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 2(1). Available at: https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v2i1.260.

Nurrochma, A.A., Pramesti, E.D. and Suna, M.S.F. (2020) Profesi Keguruan Pekerjaan Guru sebagai Profesi. Institut Agama Islam Negeri Kudus.

Nurzannah, S. (2022) ‘Peran Guru dalam Pembelajaran’, Alacrity: Journal of Education, 2(3), pp. 26–34.

Rusydi, A. (2018) Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Samsudin, M. (2020) ‘Faktor-Faktor yang Memengaruhi Belajar’, Eduprof: Islamic Education Journal, 2(2), pp. 162–186. Available at: https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i2.38.

Sari, M. and Asmendri, A. (2020) ‘Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA’, Natural Science, 6(1), pp. 41–53. Available at: https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555.

Sutikno, M.S. and Hadisaputra, P. (2014) Metode dan Model-Model Pembelajaran: Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif dan Menyenangkan. Lombok: Holistica.

Wahyuni, N. and Yahyu (2022) ‘Strategi Efektif dalam Pengelolaan Kelas untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa dalam Proses Pembelajaran’, Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, 7(2).

Wati, A.R.Z. and Trihantoyo, S. (2020) ‘Strategi Pengelolaan Kelas Unggulan dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa’, Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), p. 46. Available at: https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p46-57.

Zulfatunnisa, S. and Maknun, L. (2022) ‘Pentingnya Peran Guru dalam Proses Pembelajaran’, Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 7(2), pp. 199–213. Available at: https://doi.org/10.22437/gentala.v7i2.16603.

Downloads

Published

2025-08-20

How to Cite

Optimalisasi Peran Guru dalam Pembelajaran Efektif dan Manajemen Kelas yang Kondusif. (2025). Nusantara Educational Review, 3(2), 101-109. https://doi.org/10.55732/kmq84y03