Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif JERA pada Mata Pelajaran PPKn Materi Mengenal Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari Kelas V SDN Sumokali Candi

Authors

  • Ashfa Diniyyah Assabilah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Arie Widya Murni Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.55732/ner.v1i1.996

Keywords:

ADDIE, JERA, Media pembelajaran interaktif, Pendidikan, Pendidikan kewarganegaraan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif JERA pada mata pelajaran PPKn di materi pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari - hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini yaitu observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Sumokali Candi, Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media interaktif JERA dilihat dari penilaian ahli materi yang mendapatkan persentase 81,8% atau termasuk dalam kategori golongan sangat valid. Penilaian ahli media mendapatkan persentase 80,5% atau termasuk golongan valid. Penilaian oleh guru kelas mendapatkan persentase sebesar 75% atau tergolong dalam kategori layak. Penilaian oleh peserta didik mendapatkan persentase sebesar 82% atau  termasuk dalam kategori sangat layak.

This study aims to develop JERA interactive media on Civics subjects in the material on practicing Pancasila values in everyday life. This type of research is development research with the ADDIE development model. Data collection techniques used in this study are observation and interviews. The subjects of this study were fifth grade students at Sumokali Candi Elementary School, Sidoarjo. The results of the study show that the development of JERA interactive media is seen from the assessment of material experts who get a percentage of 81.8%, a very valid category. The media expert's assessment gets a percentage of 80.5%, a valid category. Assessment by the class teacher gets a percentage of 75%, the proper category. Assessment by students gets a percentage of 82%, a very decent category.

References

Anam, F. et al. (2021) ‘Open Access Publication Status of Educational Technology with The Bibliometrics Approach’, Ilkogretim Online - Elementary Education Online, 20(3), pp. 501–509.

Asitah, N. and Ismafitri, R. (2021) Product Based Learning. Sidoarjo: UNUSIDA Press.

Fikriyah, S. et al. (2022) ‘Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak dalam Menyikapi Bullying’, Jurnal Tahsinia, 3(1), pp. 11–19.

Kurniawan, S. (2017) Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasi Secara terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Miftah, M. (2023) ‘Studi Kelayakan Pengembangan Layanan Media Pembelajaran Berbasis TIK Terintegrasi untuk PAUD’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), pp. 104–118. Available at: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2527.

Pemerintah Pusat (2003) Undang-Undang (UU) tentang Sistem Pendidikan Nasional, JDIH BPK RI. Available at: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003 (Accessed: 1 September 2022).

Pratama, R.A. (2019) ‘Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan’, Jurnal Dimensi, 7(1). Available at: https://doi.org/10.33373/dms.v7i1.1631.

Sejati, W.S., Purba, H.S. and Mahardika, A.I. (2021) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Pembelajaran Klasifikasi Materi dan Perubahannya Kelas VII SMP dengan Metode Demonstrasi’, Computer Science Education Journal, 1(2).

Shebastian, I.G.R., Putrama, I.M. and Suyasa, P.W.A. (2020) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif “Pengenalan Hewan dan Tumbuhan” Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Metode Gamefikasi untuk Siswa Kelas II di Sekolah Dasar (Studi Kasus : SDN 2 Batur)’, KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 9(1). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.23887/karmapati.v9i1.23270.

Sukiman (2012) Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.

Syafitri, R.M. and Kiftia, S.M. (2021) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif “Digital Activity Work Book”Menggunakan Google Slides Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Pecahan Kelas V SD’, Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1).

Syahputra, E. (2018) ‘Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia’, in Seminar Nasional Sains, Teknologi, Humaniora dan Pendidikan. Medan.

Trahati, M.R. (2015) ‘Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Negeri Tritih Wetan 05 Jeruklegi Cilacap’, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(4).

Ulfadilah, I., Darmiyanti, A. and Munafiah, N. (2023) ‘Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan dan Pembelajaran’, JEA (Jurnal Edukasi AUD), 8(2), p. 169. Available at: https://doi.org/10.18592/jea.v8i2.7735.

Downloads

Published

2023-08-28

How to Cite

Assabilah, A. D., & Murni, A. W. . (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif JERA pada Mata Pelajaran PPKn Materi Mengenal Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari Kelas V SDN Sumokali Candi. Nusantara Educational Review, 1(1), 15–22. https://doi.org/10.55732/ner.v1i1.996