Pendekatan Teknologi dalam Pengembangan Aplikasi Media Interaktif untuk Meningkatkan Literasi Digital Remaja

Authors

  • Abidatul Anjabah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Denah Suliva Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Moch Fahris Fanani Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Nur Milla Anjani Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Nur Lailil Mabruroh Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Safira Salsabillah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Nur Asitah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.55732/ner.v3i1.1604

Keywords:

Aplikasi Edukasi, Gamifikasi, Literasi Digital, Media Interaktif, Remaja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran aplikasi media interaktif dalam meningkatkan literasi digital melalui metode Systematic Literature Review (SLR) dengan protokol PRISMA. Kajian ini mengidentifikasi pendekatan teknologi yang inovatif dalam mendukung pembelajaran digital. Kebaruan penelitian ini terletak pada eksplorasi integrasi gamifikasi dan interaktivitas dalam aplikasi literasi digital remaja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi media interaktif dapat meningkatkan keterampilan memilah informasi, meningkatkan partisipasi belajar, serta membangun kesadaran akan keamanan digital. Temuan ini menegaskan pentingnya kolaborasi antara pendidik, pengembang aplikasi, dan pembuat kebijakan dalam merancang strategi pembelajaran digital yang efektif. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan aplikasi media interaktif yang berorientasi pada pengalaman pengguna dapat menjadi solusi strategis dalam meningkatkan literasi digital di kalangan remaja.

This study aims to analyze the role of interactive media applications in improving digital literacy through the Systematic Literature Review (SLR) method with the PRISMA protocol. This study identifies innovative technological approaches in supporting digital learning. This study's novelty lies in exploring the integration of gamification and interactivity in adolescent digital literacy applications. The survey results indicate that interactive media applications can improve information sorting skills, increase learning participation, and build digital security awareness. These findings emphasize the importance of collaboration between educators, application developers, and policy makers in designing effective digital learning strategies. The implications of this study indicate that the development of interactive media applications oriented towards user experience can be a strategic solution in improving digital literacy among adolescents.

References

Adekamwa (2024) Menyambut 2025 dengan Literasi Digital, 27 december.

Akbar, M. and Fahlevvi, M.R. (2023) ‘Cegah Penyebaran Misinformasi di Media Sosial Menggunakan Peralatan dan Fitur Literasi Digital’, Renata, 1(1), pp. 15–20. Available at: https://doi.org/10.61124/1.renata.2.

Alper, M. (2020) ‘Livingstone and Blum-Ross (2020) Parenting for a Digital Future: How Hopes and Fears about Technology Shape Children’s Lives’, International Journal of Communication, 14, pp. 5004–5006.

Asitah, N. et al. (2024) ‘Virtual Reality in Inclusive Basic Education: A Systematic Review of Roles and Application for Future Education Directions’, in 2024 International Conference on ICT for Smart Society (ICISS). IEEE, pp. 1–6. Available at: https://doi.org/10.1109/ICISS62896.2024.10751008.

Bukhari, S. (2024) Pentingnya Literasi Digital dan Manfaatnya Bagi Generasi Muda, 16 october.

Cahyadi, W.A., Dinata, S.A. and Muharam, D. (2024) ‘Pengembangan Aplikasi Mobile untuk Pendidikan Literasi Digital Pada SMP Kreativa’, 5(2), pp. 522–527.

Guspriadi, Y. and Suhaili, N. (2021) ‘Pelaksanaan Layanan Informasi dengan Metode Blended Learning dan Presentation Tools Visme untuk Meningkatkan Pemahaman Literasi Digital Peserta Didik’, Counseling and Humanities Review, 1(2), pp. 44–51. Available at: https://doi.org/10.24036/00598kons2023.

Juningsih, E.H. (2021) Pentingnya Literasi Digital Bagi Remaja, Agar Terbebas dari Cybercrime, 27 september.

Kusumastuti, R. et al. (2023) ‘Pelatihan Literasi Digital untuk Masyarakat Desa di Desa Cimanggu, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Banten’, Abdi Moestopo Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), pp. 102–107. Available at: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v6i1.2456.

Latip, A. and Faisal, A. (2021) ‘Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Media Pembelajaran IPA Berbasis Komputer’, Jurnal Pendidikan Uniga, 15(1), p. 444. Available at: https://doi.org/10.52434/jp.v15i1.1179.

Mahardika, A.I., Wiranda, N. and Mitra, P. (2021) ‘Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring’, Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(3). Available at: https://doi.org/10.29303/jppm.v4i3.2817.

Maladjai, F. (2023) Literasi Digital dan Pentingnya bagi Generasi Muda, 15 oktober.

Pramudyo, G.N. (2023) ‘Literasi Web: Definisi, Keterampilan dan Konteksnya di Indonesia’, Anuva Jurnal Kajian Budaya Perpustakaan dan Informasi, 7(2), pp. 345–354. Available at: https://doi.org/10.14710/anuva.7.2.345-354.

Purnomo, A., Asitah, N. and Rosyidah, E. (2023) ‘Understanding the Nexus between Green Entrepreneurship and Green Economy: A Review’, Journal of Economics and Business UBS, 12(4), pp. 2470–2484. Available at: https://doi.org/10.52644/joeb.v12i4.444.

Rahim, A. and Indah, M. (2024) ‘Pentingnya Pendidikan Literasi Digital di Kalangan Remaja’, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), p. 52.

Satria, E. (2023) ‘Pengembangan Media Interaktif Pemograman Berpikir Komputasional’, Journal on Teacher Education, 4(3), pp. 660–671. Available at: https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12554.

Siwi, C.M. and Bida, O. (2023) ‘PKM Peningkatan Ketrampilan Literasi Digital Pemuda Karang Taruna Desa Pulutan Kecamatan Remboken Kabupaten Minahasa’, J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), pp. 115–122. Available at: https://doi.org/10.53625/jabdi.v3i1.5741.

Sopani, I. (2022) ‘Literasi Digital dalam Menghadapi Hoaks di Masa Pandemi’, Deiksis Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), p. 36. Available at: https://doi.org/10.33603/deiksis.v9i1.6238.

Sumantri, M.S. and Putri, A.S.D. (2022) ‘Pemanfaatan Komik Digital Pada Pembelajaran IPA di Kelas Tinggi Sekolah Dasar’, Perduli Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), pp. 67–73. Available at: https://doi.org/10.21009/perduli.v2i2.28048.

Supeno, S. et al. (2022) ‘Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Tata Surya untuk Meningkatkan Literasi Sains’, Jurnal Eduscience, 9(2), pp. 294–304. Available at: https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.2643.

Suwenda, I.G.S. (2024) ‘Upaya Meningkatkan Partisipasi Pemilih Melalui Literasi Politik Berbasis Digital Pada Pemilihan Umum di Kabupaten Karangasem’, Journal of Contemporary Public Administration, 4(1), pp. 16–22. Available at: https://doi.org/10.22225/jcpa.4.1.2024.16-22.

Trisnawati, T., Manalu, M. and Amini, M. (2022) ‘Hubungan Kinerja dan Keterampilan TIK Guru Terhadap Hasil Belajar dan Literasi Digital Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 6(6), pp. 9440–9449. Available at: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4089.

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

Anjabah, A. ., Suliva, D. ., Fanani, M. F. ., Anjani, N. M. ., Mabruroh, N. L. ., Salsabillah, S. ., & Asitah, N. . (2025). Pendekatan Teknologi dalam Pengembangan Aplikasi Media Interaktif untuk Meningkatkan Literasi Digital Remaja. Nusantara Educational Review, 3(1), 85–92. https://doi.org/10.55732/ner.v3i1.1604