Optimalisasi Peran Guru dalam Menerapkan Metode Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Siswa di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.55732/ner.v3i1.1603Keywords:
Kompetensi pedagogik, Literasi siswa, Manajemen Kelas, Pendidikan Digital, Peran GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan antara kompetensi pedagogik dan manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan menggunakan metode systematic literature review (SLR) berbasis PRISMA, penelitian ini menelaah literatur ilmiah dari Google Scholar (2020–2025). Hasil analisis menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik yang tinggi serta pengelolaan kelas yang efektif berkontribusi signifikan dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Kebaruan penelitian ini terletak pada integrasi komprehensif antara kompetensi pedagogik dan manajemen kelas dalam satu kajian sistematis. Implikasi penelitian ini menegaskan urgensi pelatihan berkelanjutan bagi guru serta kebijakan pendidikan yang mendukung inovasi dalam metode pembelajaran. Studi lanjutan disarankan untuk mengeksplorasi peran teknologi dalam meningkatkan efektivitas pengajaran dan literasi siswa.
This study analyzes the relationship between pedagogical competence and classroom management in improving student learning motivation. Using the PRISMA-based systematic literature review (SLR) method, this study examines scientific literature from Google Scholar (2020–2025). The results of the analysis show that high pedagogical competence and effective classroom management contribute significantly to creating a conducive learning environment and increasing student engagement in the learning process. The novelty of this study lies in the comprehensive integration of pedagogical competence and classroom management in one systematic study. The implications of this study emphasize the urgency of ongoing training for teachers and educational policies that support innovation in learning methods. Further studies are recommended to explore the role of technology in improving teaching effectiveness and student literacy
References
Asitah, N. et al. (2024) ‘Virtual Reality in Inclusive Basic Education: A Systematic Review of Roles and Application for Future Education Directions’, in 2024 International Conference on ICT for Smart Society (ICISS). IEEE, pp. 1–6. Available at: https://doi.org/10.1109/ICISS62896.2024.10751008.
Ati, A.P. and Widiyarto, S. (2020) ‘Literasi Bahasa dalam Meningkatkan Minat Baca dan Menulis Pada Siswa SMP Kota Bekasi’, Basastra, 9(1), p. 105. Available at: https://doi.org/10.24114/bss.v9i1.17778.
Az Zahrawaani Purba and Siti Quratul Ain (2024) ‘Peran Guru dalam Mengenalkan Literasi Digital Pada Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar’, Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(001 Des), pp. 1–10. Available at: https://doi.org/10.58230/27454312.1516.
Azizah Dinda Husna et al. (2023) ‘Program Gerakan Literasi sebagai Upaya Peningkatan Literasi Baca di Sekolah Dasar’, Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, pp. 51–59. Available at: https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.99.
Azzajjad, M.F. and Ahmar, D.S. (2024) ‘Pendampingan Literasi Melalui Diseminasi Kegiatan Pengembangan Media Pembelajaran’, Diseminasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(1), pp. 49–58. Available at: https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v6i1.6454.
Difa Salsabila Putri, Soelfema Soelfema and Lili Dasa Putri (2024) ‘Pendidikan Literasi di Era Teknologi dalam Mengatasi Kesenjangan Digital pada Maysarakat’, Pustaka: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 5(1), pp. 151–156. Available at: https://doi.org/10.56910/pustaka.v5i1.1817.
Dukalang, L. (2023) ‘Optimalisasi Peran Pengawas Bina Terhadap Hambatan Pengimplementasian Kurikulum Merdeka Pada Madrasah Binaan’, Research Review: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), pp. 199–206. Available at: https://doi.org/10.54923/researchreview.v2i2.47.
Fatari, F. et al. (2024) ‘Sosialisasi Perpustakaan Keliling untuk Siswan dan Masyarakat di Kelurahan Kepuh Ciwandan’, Prosiding Seminar Umum Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), pp. 88–93. Available at: https://doi.org/10.46306/seumpama.v2i1.53.
Fikriyah, F., Rohaeti, T. and Solihati, A. (2020) ‘Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar’, Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), p. 94. Available at: https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.43937.
Herman Fland Dakhi et al. (2024) ‘Penguatan Budaya Literasi di SDN Desa Danau Sadar: Upaya Membangun Generasi Berkarakter melalui Literasi Sejak Dini’, Mutiara: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 3(1), pp. 105–111. Available at: https://doi.org/10.59059/mutiara.v3i1.1963.
Kamaliah, K. (2024) ‘Optimalisasi Peran Guru dalam Proses Transformasi Pengetahuan dengan Menggunakan Media Pembelajaran Visual dan Audio Visual di MIN 3 Barito Timur’, Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(1). Available at: https://doi.org/10.61590/mad.v1i1.5.
Kusripinah, R.R.E. and Wiryanto, W. (2022) ‘Optimalisasi Peran Guru SD dalam Perspektif Kebijakan Kurikulum Pembelajaran Mandiri’, Jejaring Administrasi Publik, 14(1), pp. 76–92. Available at: https://doi.org/10.20473/jap.v14i1.41884.
Lestiyanawati, R. and Adi, N.P. (2021) ‘Persepsi Orang Tua Terhadap Sistem Pembelajaran Online Siswa SD di Masa Pandemi COVID-19 (Analisis Validitas dan Reliabilitas Instrumen)’, Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 1(7), pp. 275–279. Available at: https://doi.org/10.52436/1.jpti.59.
Liady, F. et al. (2022) ‘Pendampingan Literasi Teknologi’, E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), pp. 547–554. Available at: https://doi.org/10.47492/eamal.v2i1.1186.
Maulana, S.A. et al. (2023) ‘Pengenalan Teknologi Informasi dan Pengelolaan Perpustakaan Untuk Mendukung Gerakan Literasi Pada SD Negeri 1 Sorogaten Tulung’, SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12), pp. 1230–1236. Available at: https://doi.org/10.55681/swarna.v2i12.1072.
Munaamah, M., Masitoh, S. and Setyowati, S. (2021) ‘Peran Guru dalam Optimasi Perkembangan Sikap Disiplin Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), p. 355. Available at: https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.38329.
Nikou, S. and Bouwman, H. (2017) ‘Mobile Health and Wellness Applications’, International Journal of E-Business Research, 13(1), pp. 1–24. Available at: https://doi.org/10.4018/IJEBR.2017010101.
Nurasiah, I. et al. (2023) ‘Optimalisasi Persiapan ANBK 2023 Melalui Pelatihan Literasi Komputer Bagi Anak-Anak dalam Rangka Memperingati Hari Anak Nasional’, Prosiding Seminar Umum Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), pp. 109–117. Available at: https://doi.org/10.46306/seumpama.v1i1.13.
Pardosi, B.Y.A., Manurung, L.M.R. and Firdarianti, R. (2021) ‘Peran Mahasiswa Sebagai Volunteer dalam Meningkatkan Kualitas Literasi di Desa 3T’, Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), p. 589. Available at: https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.589-596.2021.
PRISMA (2022) PRISMA: Transparent Reporting Of Systematic Reviews And Meta-Analyses, prisma-statement.org.
Purnomo, A. et al. (2022) ‘Green Technology: Lesson from Research Mapping Through Bibliometric Analysis’, IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1063(1), p. 012022. Available at: https://doi.org/10.1088/1755-1315/1063/1/012022.
Suendarti, M. and Lestari, W. (2020) ‘Kemampuan Keterampilan Dasar Mengajar Guru MIPA dalam Pembelajaran Kurikulum 2013’, Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 12(2), pp. 43–48. Available at: https://doi.org/10.30599/jti.v12i2.612.
Virmayanti, N.K., Suastra, I.W. and Suma, I.K. (2023) ‘Inovasi dan Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Pembelajaran Abad 21’, Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(4), pp. 515–527. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20138.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abdul Latief, Ahmad Farihul Khuluq; Muhammad Arjuna Rinaldhi; Mirza Nur Hafifah, Sa’adatul Athiya; Nur Asitah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.