Peran Kompetensi Guru dan Manajemen Kelas dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.55732/ner.v3i1.1599Keywords:
Kompetensi Guru, Manajemen Kelas, Motivasi Belajar, Systematic Literature Review, PRISMAAbstract
Motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh kompetensi guru dan efektivitas manajemen kelas, namun keterkaitan keduanya masih belum banyak diteliti secara sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kompetensi guru dan manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah systematic literature review (SLR) dengan pendekatan PRISMA, mengkaji literatur dari Google Scholar (2020–2025). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru yang tinggi meningkatkan efektivitas penyampaian materi, sementara manajemen kelas yang baik menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Sinergi keduanya menjadi faktor utama dalam meningkatkan motivasi siswa. Novelty penelitian ini terletak pada integrasi kedua faktor dalam satu analisis sistematis. Implikasinya, peningkatan profesionalisme guru melalui pelatihan interaktif dan strategi manajemen kelas diperlukan. Studi empiris lanjutan direkomendasikan untuk validasi lebih lanjut.
Teacher competence and classroom management effectiveness influence motivation for learning motivation, yet their relationship has not been extensively studied systematically. This study aims to analyze the role of teacher competence and classroom management in enhancing student learning motivation. The method used is a systematic literature review (SLR) with the PRISMA approach, reviewing literature from Google Scholar (2020–2025). The findings indicate that high pedagogical competence improves the effectiveness of material delivery, while effective classroom management creates a conducive learning environment. The synergy between these two factors is crucial in increasing student motivation. The novelty of this study lies in integrating these aspects into a single systematic analysis. The research implication highlights the need for continuous teacher training in interactive teaching methods and classroom management strategies. Further empirical studies are recommended for validation.
References
Alfath, N.A., Azizah, F.N. and Setiabudi, D.I. (2022) ‘Pengembangan Kompetensi Guru dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar’, Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(2), pp. 42–50. Available at: https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.73.
Asitah, N. et al. (2024) ‘Virtual Reality in Inclusive Basic Education: A Systematic Review of Roles and Application for Future Education Directions’, in 2024 International Conference on ICT for Smart Society (ICISS). IEEE, pp. 1–6. Available at: https://doi.org/10.1109/ICISS62896.2024.10751008.
Evina, D., Sunarsih, D. and Nurpratiwiningsih, L. (2022) ‘Analisis Kompetensi Guru dalam Melaksanakan Manajemen Kelas Pada Pembelajaran Tematik di SD Negeri Klampok 01’, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(19), pp. 83–94. Available at: https://doi.org/10.5281/zenodo.7162564.
Hermawan, R. (2021) ‘Upaya Guru BK dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Siswa’, Coution Journal of Counseling and Education, 2(2), p. 21. Available at: https://doi.org/10.47453/coution.v2i2.344.
Jamirullah, Lis Mariatun, I. and Arief, R.Z. (2022) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Menggunakan Media Sosial Berbasis Aplikasi Tik Tok’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), pp. 6404–6412.
Khotimah, A. (2023) ‘The Influence of Learning Facilities and Curriculum Changes on Students’ Learning Motivation Through Teacher Competencies’, Social Humanities and Educational Studies (Shes) Conference Series, 6(3). Available at: https://doi.org/10.20961/shes.v6i3.82046.
Nengsih, E. (2023) ‘Penerapan Model Discovery Learning dengan Diskusi Kelompok Materi Recount Text untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sman 1 Payakumbuh’, Jurnal Guru Kita PGSD, 7(4), p. 792. Available at: https://doi.org/10.24114/jgk.v7i4.50095.
Nikou, S. and Bouwman, H. (2017) ‘Mobile Health and Wellness Applications: A Business Model Ontology-Based Review’, International Journal of E-Business Research, 13(1), pp. 1–24. Available at: https://doi.org/10.4018/IJEBR.2017010101.
Prihanto, S.D. and Hawanti, S. (2021) ‘Pengaruh Pengelolaan Kelas Guru Bahasa Indonesia Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tambak-Banyumas’, Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 7(1), p. 71. Available at: https://doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9743.
PRISMA (2022) PRISMA: Transparent Reporting of Systematic Reviews and Meta-Analyses, prisma-statement.org.
Purnomo, A. et al. (2022) ‘Green Technology: Lesson from Research Mapping Through Bibliometric Analysis’, IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1063(1), p. 012022. Available at: https://doi.org/10.1088/1755-1315/1063/1/012022.
Rustiningsih, D. (2021) ‘Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Kimia Siswa Kelas X IPS Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation’, Quantum Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), p. 71. Available at: https://doi.org/10.20527/quantum.v12i1.9405.
Sabriadi, R. (2023) ‘Analisis Peran Guru Kelas dalam Mengentaskan Kesulitan Belajar Membaca Siswa SDN 23 Kota Sorong’, Jurnal Sains dan Teknologi, 4(3), pp. 177–180. Available at: https://doi.org/10.55338/saintek.v4i3.1141.
Sibulo, D. (2023) ‘Kompetensi Kepribadian Guru PAK dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Kelas v di SD’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), pp. 218–232. Available at: https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.56730.
Syafrizal, S. (2023) ‘Konsep Motivasi Belajar Menurut Pandangan Islam dan Peran Guru BK’, Educational Guidance and Counseling Development Journal, 6(2), p. 109. Available at: https://doi.org/10.24014/egcdj.v6i2.24406.
Tisnia, T. (2022) ‘Implementasi Kompetensi Sosial Guru dalam Meningkatkan Motivasi Ekstrinsik Siswa Pada Mata Pelajaran PAI’, Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(1), pp. 65–69. Available at: https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1602.
Tukan, Y.T., Crispinus Lemba, V. and Karolus Keroponama Keban, S. (2023) ‘Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA PGRI Larantuka’, Social Science Academic, 1(2), pp. 155–160. Available at: https://doi.org/10.37680/ssa.v1i2.3465.
Wahidin, A., Suryadi, B.Y. and Chintia, G. (2023) ‘Implementasi Manajemen Kelas dalam Proses Pembelajaran yang Efektif di SMK Pasundan Cijulang’, Sentri Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), pp. 461–468. Available at: https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.526.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Achmad Dhani Hendrawan, Hisam Syafaat Sunaryo, Amaliatus Sofia Ramadhani, Shabila Putri Irawan, Rizky Eriyanti Saputri, Nur Asitah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.