Kompetensi Guru dalam Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar: Kajian Literatur Sistematis

Authors

  • Abdillah Daffa Wahyu Hidayat Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Muhammad Ali Akbar Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Muhammad Azib Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Husnul Qomrouz Zakiyah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Rachmawati Syahrani Ramadhani Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Nur Asitah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.55732/ner.v3i1.1597

Keywords:

Kompetensi guru, Pendidikan Inklusi, Siswa Berkebutuhan Khusus (ABK)

Abstract

Pendidikan inklusi bertujuan untuk mengintegrasikan siswa berkebutuhan khusus (ABK) dengan siswa reguler di sekolah. Meskipun kebijakan pendidikan inklusi sudah diterapkan, pelaksanaannya masih menghadapi tantangan, seperti keterbatasan fasilitas, kurikulum yang kurang mendukung, dan kurangnya pelatihan bagi guru. Guru Bimbingan dan Konseling (BK) memiliki peran penting dalam mendukung siswa ABK, namun mereka sering kali belum memiliki keterampilan yang memadai untuk menangani kebutuhan khusus siswa. Penelitian ini menggunakan metode telaah pustaka untuk mengkaji berbagai studi terkait tantangan dan peran guru BK dalam pendidikan inklusif. Hasil menunjukkan bahwa pendidikan inklusi berpotensi meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa, namun diperlukan perbaikan di berbagai aspek, termasuk peningkatan kompetensi guru, fleksibilitas kurikulum, dan penambahan fasilitas yang mendukung. Pendidikan inklusi juga memerlukan dukungan lebih dari masyarakat dan pemerintah untuk menciptakan lingkungan belajar yang adil dan inklusif.

Inclusive education aims to integrate students with special needs (ABK) with regular school students. Although inclusive education policies have been implemented, their implementation still faces challenges, such as limited facilities, less supportive curriculum, and lack of training for teachers. Guidance and Counseling (BK) teachers are essential in supporting ABK students, but they often lack the skills to handle students' unique needs. This study uses a literature review method to examine various studies related to the challenges and roles of BK teachers in inclusive education. The results show that inclusive education can potentially increase student motivation and engagement. Still, improvements are needed in various aspects, including improving teacher competence, curriculum flexibility, and adding supporting facilities. Inclusive education also requires more support from the community and government to create a fair and inclusive learning environment.

References

Asitah, N. et al. (2021) ‘Inclusive Education Research Mapping in ASEAN: Lesson from Scientometric Perspective’, in International Conference on Industrial & Mechanical Engineering and Operations Management. Dhaka, Bangladesh.

Asitah, N. et al. (2024) ‘Virtual Reality in Inclusive Basic Education: A Systematic Review of Roles and Application for Future Education Directions’, in 2024 International Conference on ICT for Smart Society (ICISS). IEEE, pp. 1–6. Available at: https://doi.org/10.1109/ICISS62896.2024.10751008.

Damayanti, D., Rachmadanis, I. and Zulfadewina (2025) ‘Tantangan dalam Implementasi Pendidikan Inklusi di SDN Kramat Jati 24: Tinjauan dari Perspektif Kepala Sekolah dan Guru’, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), p. 16. Available at: https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i2.1375.

Endu, E. (2023) ‘Implementasi Prinsip Layanan Pendidikan ABK untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Sekolah Inklusi’, Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(1), pp. 88–98. Available at: https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i1.2120.

Ismaya, P. (2024) ‘Mengoptimalkan Manajemen Pendidikan SD yang Efektif dengan Teknologi dan Standar Kompetensi Guru’, PGSD, 1(3), p. 11. Available at: https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.530.

Jayadi and Supena, A. (2023) ‘Implementasi Pendidikan Inklusi di SDN K1 Kabupaten Karawang’, AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 09(1), pp. 725–736.

Lestari, A., Setiawan, F. and Agustin, E. (2022) ‘Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar’, Arzusin, 2(6), pp. 602–610. Available at: https://doi.org/10.58578/arzusin.v2i6.703.

Munajah, R., Marini, A. and Sumantri, M.S. (2021) ‘Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 5(3), pp. 1183–1190. Available at: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.886.

Nikou, S. and Bouwman, H. (2017) ‘Mobile Health and Wellness Applications’, International Journal of E-Business Research, 13(1), pp. 1–24. Available at: https://doi.org/10.4018/IJEBR.2017010101.

Nīmante, D. and Kokare, M. (2022) ‘Perspective of Teachers on Their Competencies for Inclusive Education’, Acta Paedagogica Vilnensia, 49, pp. 8–22. Available at: https://doi.org/10.15388/actpaed.2022.49.1.

Pamungkas, B. (2023) ‘Upaya Guru dalam Pemenuhan Kebutuhan Khusus Siswa di Sekolah Dasar Inklusif’, Jurnal Ortopedagogia, 9(1), p. 43. Available at: https://doi.org/10.17977/um031v9i12023p43-47.

PRISMA (2022) ‘Transparent Reporting of Systematic Reviews and Meta-Analyses, Prisma-Statement’, PRISMA [Preprint].

Pudyastuti, S.G. (2023) ‘Membangun Pendidikan Multikultural Melalui Pendekatan Inklusi dalam Pembelajaran Sosiologi’, Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (Jp2m), 4(2), pp. 323–331. Available at: https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i2.20351.

Purnomo, A. et al. (2022) ‘Green Technology: Lesson from Research Mapping Through Bibliometric Analysis’, IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1063(1), p. 012022. Available at: https://doi.org/10.1088/1755-1315/1063/1/012022.

Purwanti, E., Uminar, A.N. and Munafiah, N. (2024) ‘Penerapan Konsep Differentiated Instruction : Tinjauan Literatur tentang Strategi Pembelajaran yang Berorientasi pada Keberagaman Siswa’, 01(01), pp. 20–25.

Sailana, J.A. and Inklusi, P. (2024) ‘Systematic Literature Review ( SLR ): Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan Inklusi di Sekolah Systematic Literature Review ( SLR ): Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam’.

Sembung, M.P., Joufree Rotty, V.N. and Lumapow, H.R. (2023) ‘Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar’, Cakrawala Repositori IMWI, 6(4), pp. 613–621. Available at: https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i4.384.

Setiawan, H. et al. (2020) ‘Analisis Kendala Guru di SDN Gunung Gatep Kab. Lombok Tengah dalam Implementasi Pendidikan Inklusif’, Didaktis Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2). Available at: https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4704.

Supriatini, S., Muhdi, M. and Yuliejantiningsih, Y. (2020) ‘Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar Negeri Bolo Kabupaten Demak’, Jurnal Manajemen Pendidikan (Jmp), 8(3). Available at: https://doi.org/10.26877/jmp.v8i3.5400.

Wijaya, S., Supena, A. and Yufiarti (2023) ‘Implementasi Program Pendidikan Inklusi Pada Sekolah Dasar di Kota Serang’, Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(1), pp. 347–357. Available at: https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4592.

Yada, A. and Alnahdi, G.H. (2021) ‘A Comparative Study on Saudi and Japanese in-Service Teachers’ Attitudes Towards Inclusive Education and Self-Efficacy in Inclusive Practices’, Educational Studies, 50(4), pp. 539–557. Available at: https://doi.org/10.1080/03055698.2021.1969646.

Yunitasari, S.E. (2024) ‘Peningkatan Kompetensi Pendidik Anak Usia Dini Melalui Workshop Aan Pelatihan Deteksi Dini Anak Berkebutuhan Khusus di Gugus 3 PKG Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung’, Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), pp. 1347–1351. Available at: https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3853.

Yusuf, M. et al. (2023) ‘Program Mahasiswa Pendamping Anak Berkebutuhan Khusus Sebagai Suporting Guru Pembimbing Khusus di Sekolah Inklusi Kota Surakarta’, Speed Journal Journal of Special Education, 7(1), pp. 90–98. Available at: https://doi.org/10.31537/speed.v7i1.1236.

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

Hidayat, A. D. W. ., Akbar, M. A. ., Azib, M. ., Zakiyah, H. Q. ., Ramadhani, R. S. ., & Asitah, N. . (2025). Kompetensi Guru dalam Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar: Kajian Literatur Sistematis. Nusantara Educational Review, 3(1), 69–77. https://doi.org/10.55732/ner.v3i1.1597