Implementasi Pendidikan Inklusi di Anak Sekolah Dasar: Studi Kasus pada Anak Berkebutuhan Khusus
DOI:
https://doi.org/10.55732/ner.v3i1.1575Keywords:
Anak berkebutuhan khusus, Kebijakan pendidikan, Pendidikan inklusif, Sekolah Dasar, Systematic literature reviewAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan utama dan merumuskan solusi strategis dalam penerapan pendidikan inklusi di tingkat sekolah dasar melalui pendekatan systematic literature review (SLR) terhadap publikasi dalam satu dekade terakhir. Hasil kajian mengidentifikasi tiga tantangan utama yang saling terkait, yaitu keterbatasan alokasi anggaran, rendahnya kompetensi guru dalam menangani ABK, serta rendahnya tingkat penerimaan masyarakat terhadap konsep inklusi. Sebagai kontribusi baru, penelitian ini menawarkan rekomendasi berupa peningkatan alokasi anggaran, pengembangan program pelatihan guru yang berkelanjutan, dan kampanye edukasi publik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan kebijakan yang lebih komprehensif guna mendukung implementasi pendidikan inklusi secara efektif di Indonesia.
This study aims to analyze the main challenges and formulate strategic solutions for implementing inclusive education at the elementary school level through a systematic literature review (SLR) approach to publications in the last decade. The study's results identified three main interrelated challenges: limited budget allocation, low teacher competence in handling children with special needs, and low levels of community acceptance of the concept of inclusion. As a new contribution, this study recommends increasing budget allocation, developing sustainable teacher training programs, and public education campaigns to raise public awareness. These findings provide important implications for developing more comprehensive policies to support the effective implementation of inclusive education in Indonesia.
References
Ainscow, M. and Sandill, A. (2010) ‘Developing Inclusive Education Systems: The Role of Organisational Cultures and Leadership’, International Journal of Inclusive Education, 14(4), pp. 401–416. Available at: https://doi.org/10.1080/13603110802504903.
Anggreani, K. et al. (2024) ‘Implementasi Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar: Tantangan Dan Strategi Efektif’, Katalis Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika, 1(2), pp. 199–204. Available at: https://doi.org/10.62383/katalis.v1i2.355.
Asitah, N. et al. (2024) ‘Virtual Reality in Inclusive Basic Education: A Systematic Review of Roles and Application for Future Education Directions’, in 2024 International Conference on ICT for Smart Society (ICISS). IEEE, pp. 1–6. Available at: https://doi.org/10.1109/ICISS62896.2024.10751008.
Asnawati, A. (2019) ‘Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Untuk Menggunakan Media Pembelajaran Dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah Sd Negeri 63 Pekanbaru’, Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 10(1), pp. 44–58. Available at: https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3098.
Febianti, P. et al. (2024) ‘Penggunaan Media Visual Papan Jaring-Jaring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bangun Ruang Siswa Kelas 2’, Nusantara Educational Review, 2(2), pp. 78–83. Available at: https://doi.org/10.55732/ner.v2i2.1298.
Fitriana, F., Lestari, I. and Sapriati, A. (2022) ‘Evaluasi Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Kecamatan Koja Jakarta Utara’, Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 5(2), pp. 191–200. Available at: https://doi.org/10.30605/jsgp.5.2.2022.1677.
Loreman, T. (2017) ‘Pedagogy for Inclusive Education’, in Oxford Research Encyclopedia of Education. Oxford University Press. Available at: https://doi.org/10.1093/acrefore/9780190264093.013.148.
Mardiana and Ahmad Khoiri, K. (2021) ‘Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar’, JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 5(1), pp. 1–5. Available at: https://doi.org/10.36928/jipd.v5i1.651.
Marisana, D. and Herawati, N.I. (2023) ‘Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran Inklusi Di Sekolah Dasar’, Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(Vol. 8 No. 3 (2023): Volume 08 No. 3 Desember 2023). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11534.
Maryam, M., Nasrullah, A. and Aliyah, S.R. (2024) ‘Implementasi Pendidikan Inklusif pada Siswa Berkebutuhan Khusus’, Journal of Instructional and Development Researches, 4(5), pp. 418–430. Available at: https://doi.org/10.53621/jider.v4i5.386.
Mawaddah, A.R. and Lestari, W.M. (2024) ‘Pengembangan Media Pembelajaran “STAR” Materi Sistem Tata Surya berbasis Construct 2 Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI di Sekolah Dasar’, Nusantara Educational Review, 1(2), pp. 78–85. Available at: https://doi.org/10.55732/ner.v1i2.1172.
Nugroho, A. and Mareza, L. (2016) ‘Model dan Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi’, Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 2(2). Available at: https://doi.org/10.31932/jpdp.v2i2.105.
Nurwan, T.W. (2019) ‘Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar’, JESS (Journal of Education on Social Science), 3. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jess/vol3-iss2.
Oktaviani, F. and Harsiwi, N.E. (2024) ‘Tantangan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di Kelas Inklusi SDN Gebang 1’, Journal of Special Education Lectura, 2(Vol. 2 No. 1 (2024): Journal of Special Education Lectura). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.31849/jselectura.v2i1.20995.
Purnomo, A. et al. (2022) ‘Green Technology: Lesson from Research Mapping Through Bibliometric Analysis’, IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1063(1), p. 012022. Available at: https://doi.org/10.1088/1755-1315/1063/1/012022.
Ramadanti, F.R. and Wicaksono, H. (2021) ‘Model Pendidikan Inklusi dan Respon Orang Tua dalam Implementasi Sekolah Inklusif di MI Keji Ungaran Barat, Semarang’, Solidarity: Journal of Education, Society and Culture, 10(1). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.15294/solidarity.v10i1.48007.
Riadin, A., Misyanto, M. and Usop, D.S. (2017) ‘Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Negeri (Inklusi) di Kota Palangka Raya’, Anterior Jurnal, 17(1), pp. 22–27. Available at: https://doi.org/10.33084/anterior.v17i1.17.
Safara, N.S.T. et al. (2023) ‘Tantangan atau Hambatan dalam Menerapkan Pendidikan Inklusi’, Jurnal Madrasah Ibtidaiyah (JMI), 2(Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Madrasah Ibtidaiyah (JMI)).
Savitri, S. (2020) ‘Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar’, Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(2), pp. 86–90.
Switri, E. (2020) Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. 1st edn. Pasuruan, Jawa Timu: CV. Penerbit Qiara Media.
Vikalista, E., Ratih Rapisa, D. and Putri, A.A. (2021) ‘Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif Pada Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Kawasan Bantaran Sungai Martapura Provinsi Kalimantan Selatan’, Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 6(3), pp. 1–12.
Wahyu, P.N., Baihaqi, M. and Damaianti, L.F. (2021) ‘Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Stres pada Orang Tua Dengan Anak Tunagrahita yang Dimoderasi Oleh Status Sosial Ekonomi di SLB-C Kota Bandung’, Jurnal Psikologi Insight, 5(2).
Wardah, E.Y. (2019) ‘Peranan Guru Pembimbing Khusus Lulusan Non-Pendidikan Luar Biasa (PLB) terhadap Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi Kabupaten Lumajang’, JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 2(2), p. 93. Available at: https://doi.org/10.26740/inklusi.v2n2.p93-108.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dina Anjani Ningrum, Febriyanti Sonia Hamzah, Nurul Hikmah, Siti Lailatul Magfiroh, Zayyana Alfi Rizqiyah, Nur Asitah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.