Kajian Literatur Komprehensif Integrasi Budaya Lokal dan Evaluasi Kompetensi dalam Outcome-Based Education
DOI:
https://doi.org/10.55732/ner.v3i1.1571Keywords:
Evaluasi Kompetensi, Integrasi Budaya, Kajian Literatur, Kompetensi Mahasiswa, Teknologi Pendidikan, Outcome-Based EducationAbstract
Tujuan penelitian adalah mengeksplorasi bagaimana integrasi budaya lokal dapat meningkatkan kompetensi akademik sekaligus memperkuat identitas budaya mahasiswa. Metode yang digunakan adalah systematic literature review terhadap 20 dokumen yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa OBE efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui fokus pada hasil belajar yang terukur, tetapi integrasi nilai budaya lokal masih minim, terutama dalam bahan ajar dan evaluasi berbasis kompetensi. Keunikan penelitian ini adalah penggabungan pendekatan berbasis hasil dengan nilai-nilai budaya lokal, yang jarang menjadi fokus penelitian sebelumnya. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam mendukung pengembangan kurikulum yang lebih inklusif dan holistik. Implikasi penelitian menekankan perlunya pelatihan tambahan bagi dosen, optimalisasi teknologi dalam pembelajaran, serta pendekatan yang menyelaraskan kompetensi global dengan kekayaan budaya lokal untuk menciptakan pendidikan yang relevan dan berkelanjutan.
This study explored how local cultural integration can improve academic competence while strengthening students' cultural identity. The method used was a systematic literature review of 20 relevant documents. The results showed that OBE effectively improves the quality of learning by focusing on measurable learning outcomes. However, integrating local cultural values is minimal, especially in competency-based teaching materials and evaluations. The uniqueness of this study is the combination of an outcome-based approach with local cultural values, which has rarely been the focus of previous research. This study is essential in supporting the development of a more inclusive and holistic curriculum. The study's implications emphasize the need for additional training for lecturers, optimization of technology in learning, and an approach that aligns global competence with local cultural richness to create relevant and sustainable education.
References
Asitah, N. et al. (2024) ‘Virtual Reality in Inclusive Basic Education: A Systematic Review of Roles and Application for Future Education Directions’, in 2024 International Conference on ICT for Smart Society (ICISS). IEEE, pp. 1–6. Available at: https://doi.org/10.1109/ICISS62896.2024.10751008.
Fink, A. (2020) Conducting Research Literature Reviews. SAGE Publications.
Firdaus, F.N.A.A. and Aini, N. (2024) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Materi Sistem Peredaran Darah pada Mata Pelajaran IPA’, Nusantara Educational Review, 1(2), pp. 70–77. Available at: https://doi.org/10.55732/ner.v1i2.1171.
Hoesny, M.U. and Darmayanti, R. (2021) ‘Permasalahan dan Solusi untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru : Sebuah Kajian Pustaka’, Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(2), pp. 123–132.
Husein, Muhammad Fakhri and Khaerani, Nuristighfari Masri, Anamila, K. (2022) ‘Evaluasi Kesesuaian Prinsip-Prinsip Outcome Based Education ( OBE ) dalam Kurikulum UIN Sunan Kalijaga Peneliti ’:
Khofsah, Z.A. (2023) ‘Pengaplikasian Budaya Lokal Gresik dalam Kegiatan Pembelajaran PAUD’, Aulad Journal on Early Childhood, 6(3), pp. 462–469. Available at: https://doi.org/10.31004/aulad.v6i3.561.
Kuanta Indonesia (2024) ‘Outcome Based Education (OBE) dalam Dunia Pendidikan’.
Kusnan, R.M., Tarmuji, N.H. and Omar, M.K. (2020) ‘Sorotan Literatur Bersistematik: Aktiviti Pemikiran Komputasional dalam Pendidikan di Malaysia’, Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (Mjssh), 5(12), pp. 112–122. Available at: https://doi.org/10.47405/mjssh.v5i12.581.
Listiyani, S.R. et al. (2023) ‘Mengintegrasikan Kecintaan Budaya Lokal dan Moderasi Beragama melalui Kurikulum Muatan Lokal’, Tafahus: Jurnal Pengkajian Islam, 3(1), pp. 45–61. Available at: https://doi.org/10.58573/tafahus.v3i1.38.
Mawaddah, A.R. and Lestari, W.M. (2024) ‘Pengembangan Media Pembelajaran “STAR” Materi Sistem Tata Surya berbasis Construct 2 Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI di Sekolah Dasar’, Nusantara Educational Review, 1(2), pp. 78–85. Available at: https://doi.org/10.55732/ner.v1i2.1172.
Mohamad Joko Susilo (2022) Inovasi dan Investigasi dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.
Nikou, S. and Bouwman, H. (2017) ‘Mobile Health and Wellness Applications: A Business Model Ontology-Based Review’, International Journal of e-Business Research, 13(1), pp. 1–24. Available at: https://doi.org/10.4018/IJEBR.2017010101.
Novitawati, N. and Anggreani, C. (2021) ‘Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Bermuatan Budaya Lokal Tepian Sungai Pada Anak Usia Dini’, Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), pp. 220–230. Available at: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.767.
PRISMA (2022) PRISMA: Transparent Reporting of Systematic Reviews and Meta-Analyses, prisma-statement.org.
Purnomo, A. et al. (2022) ‘Green Technology: Lesson from Research Mapping Through Bibliometric Analysis’, IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1063(1), p. 012022. Available at: https://doi.org/10.1088/1755-1315/1063/1/012022.
Rahmawati, I.S. (2023) ‘Evaluasi Program Pendidikan: Tinjauan Terhadap Efektivitas dan Tantangan’, El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), pp. 128–136. Available at: https://doi.org/10.19109/elidare.v9i2.20229.
Rasyid, A.H.A. et al. (2022) ‘Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran Berbasis OBE’, Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 7(1), pp. 8–17. Available at: https://doi.org/10.26740/jp.v7n1.p8-17.
Snyder, H. (2019) ‘Literature Review As a Research Methodology: An Overview and Guidelines’, Journal of Business Research, 104, pp. 333–339. Available at: https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039.
Solehan, S. (2022) ‘Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam’, Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 6(1), pp. 98–105. Available at: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3046.
Suprihartini, Y. et al. (2024) ‘Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Universitas’, Indonesian Research Journal on Education, 4(3), pp. 871–880. Available at: https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.821.
Tanfidiyah, N. (2023) ‘Implementasi Paud Berbasis Budaya Lokal di KB Among Siwi Dusun Pandes, Sewon, Bantul, Yogyakarta’, Yby, 7(1), p. 29. Available at: https://doi.org/10.24853/yby.7.1.29-40.
Yew, W.C. et al. (2021) ‘Persepsi Ibu Papa Orang Asli Terhadap Pengalaman Pendidikan Anak-Anak Orang Asli di Sekolah’, Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (Mjssh), 6(12), pp. 24–39. Available at: https://doi.org/10.47405/mjssh.v6i12.1199.
Yunus, Y., Maksum, H. and Waskito, W. (2024) ‘Pengaruh Implementasi Kurikulum Outcome Based Education (OBE) terhadap Kemampuan Problem Solving Mahasiswa’, Al-TA’DIB: Jurnal Kajian …, 17(1), pp. 1–12.
Zahrika, N.A. and Andaryani, E.T. (2023) ‘Kurikulum Berbasis Budaya untuk Sekolah Dasar: Menyelaraskan Pendidikan dengan Identitas Lokal’, Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 3(2), pp. 163–169. Available at: https://doi.org/10.57251/ped.v3i2.1124.
Zain, N.A.M. and Aiyub, K. (2021) ‘Matlamat Pendidikanuntuk Pembangunan Lestari (ESD) Daripada Perspektif Guru Geografi KSSM’, Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (Mjssh), 6(10), pp. 54–64. Available at: https://doi.org/10.47405/mjssh.v6i10.1110.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Nikmatul Hasanah, Dewi Latifah, Farichatul Ummah, Dwi Nur Azzahra, Ahmad Nafis Ijlal Syahin, Nur Asitah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.