Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Perkalian Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Vista Putri Ayuningtyas Universitas Bhinneka PGRI
  • Dya Ayu Agustiana Putri Universitas Bhinneka PGRI
  • Leny Suryaning Astutik Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.55732/ner.v3i1.1538

Keywords:

Matematika, Problem Based Learning, Soal Cerita Perkalian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran problem-based learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita perkalian kelas III Sekolah Dasar. Penelitian eksperimen ini melibatkan 52 peserta didik yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dengan model problem-based learning dan kelompok kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian meliputi tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test), serta observasi proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem-based learning secara signifikan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita perkalian. Implikasi dari penelitian ini adalah penggunaan model problem-based learning dapat menjadi alternatif efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di Sekolah Dasar.

This study aims to analyze the effect of the problem-based learning model on the ability to solve multiplication story problems of grade III Elementary School students. This experimental study involved 52 students divided into two groups: the experimental group with the problem-based learning model and the control group with conventional learning methods. The research instruments included an initial test (pre-test) and a final test (post-test) and observations of the learning process. The results showed that the problem-based learning model significantly improved students' ability to solve multiplication story problems. This study implies that the problem-based learning model can be an effective alternative in improving the quality of mathematics learning in Elementary Schools.

References

Aisyah, S. et al. (2024) ‘Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas III di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 8(1), pp. 667–673. Available at: https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7067.

Ariani, R.F. (2020) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Muatan IPA’, Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28165.

Aryanto, H. et al. (2021) ‘Inovasi Tujuan Pendidikan di Indonesia’, JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(10), pp. 1430–1440. Available at: https://doi.org/10.47387/jira.v2i10.231.

Asbar, V. (2024) ‘Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas XI MA Muhammadiyah Boarding School Bireuen’, Media Edukasi, 8(1), pp. 24–38. Available at: https://doi.org/10.36002/jmk.v8i1.3076.

Oktaviasari, H., Pratiwi, D.E. and Hastungkoro, H.N.A. (2024) ‘Penerapan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Konsep Penjumlahan Matematika Pada Kelas 1 SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya’, Journal of Science and Education Research, 3(2), pp. 30–36. Available at: https://doi.org/10.62759/jser.v3i2.128.

Pristiwanti, D. et al. (2022) ‘Pengertian Pendidikan’, Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498.

Rahayu, S.T., Saputra, D.S. and Susilo, S.V. (2019) ‘Pentingnya Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1).

Sanidah, S. and Sumartini, T.S. (2022) ‘Kesulitan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV dengan Menggunakan Langkah Polya di Desa Cihikeu’, Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), pp. 15–26. Available at: https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i1.1912.

Sunedi, D.P.O. (2023) ‘Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar’, Journal of Education Action Research, 7(4), pp. 456–462. Available at: https://doi.org/10.23887/jear.v7i4.54637.

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Ayuningtyas, V. P. ., Putri, D. A. A. ., & Astutik, L. S. . (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Perkalian Kelas III Sekolah Dasar. Nusantara Educational Review, 3(1), 51–61. https://doi.org/10.55732/ner.v3i1.1538