Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Berhitung Peserta Didik Kelas 2 pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan
DOI:
https://doi.org/10.55732/ner.v3i1.1508Keywords:
Hasil Belajar, Make a Match, Pembelajaran Kooperatif, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar berhitung siswa kelas 2 SDN Karangtanjung pada materi penjumlahan dan pengurangan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus melibatkan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas 2 SDN Karangtanjung yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep dasar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Make a Match dapat meningkatkan keaktifan siswa dan pemahaman mereka terhadap materi matematika. Data yang diperoleh dari tes tertulis menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa, dengan lebih banyak siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) setelah penerapan model ini. Pembelajaran yang interaktif dan kolaboratif ini terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa, serta menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.
This study aims to improve the learning outcomes of grade 2 students of SDN Karangtanjung in addition and subtraction by applying the Make a Match cooperative learning model. The method used is Classroom Action Research (CAR), which uses a qualitative approach and is carried out in two cycles. Each cycle involves planning, implementation, observation, and reflection stages. The study subjects were 30 grade 2 students of SDN Karangtanjung who had difficulty understanding basic mathematical concepts. The results showed that applying the Make-a-Match model could improve student activity and understanding of mathematical materials. Data obtained from written tests showed a significant increase in student learning outcomes, with more students achieving the Minimum Completion Criteria (KKM) after applying this model. This interactive and collaborative learning has proven effective in increasing student motivation and involvement and creating a pleasant learning atmosphere.
References
Agustyaningrum, N., Pradanti, P. and Yuliana (2022) ‘Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky: Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar?’, Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), pp. 568–582. Available at: https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1440.
Ibrahim, M. (2000) Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press.
Karmada, G. (2023) ‘Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Melalui Google Meet Pada Siswa Kelas II SD’, Indonesian Journal of Instruction, 4(2), pp. 76–84. Available at: https://doi.org/10.23887/iji.v4i2.60573.
Lie, A. (2010) Cooperatif Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Mochamad Arsad Ibrahim, M. Ridwan Effendi and Enan Kusnandar (2024) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih BAB Shalat Jum’at’, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 3(1), pp. 90–99. Available at: https://doi.org/10.58540/jipsi.v3i1.564.
Ramadhan, N. and Khairunnisa, K. (2021) ‘Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Big Book Subtema Indahnya Keberagaman Budaya Negeriku’, Tarbiyah Wa Ta’lim Jurnal Penelitian dan Pembelajaran, 8(1). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.21093/twt.v8i1.3208.
Salimah, M.N. and Pritasari, A.C. (2024) ‘Pengaruh Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Hasil Belajar Kognitif Muatan Matematika Siswa Sekolah Dasar’, JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 3(3), pp. 144–154. Available at: https://doi.org/10.51574/judikdas.v3i3.1233.
Sambawarana, A.A.N. (2022) ‘Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar’, Journal of Education Action Research, 6(4), pp. 446–452. Available at: https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.45871.
Sudjana, N. (2017) Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lintang Ayu Ningrum, Nur Indah Wulan Sari, Nahdliyah Jadidah, Audia Riske Mauliya, Mohammad Misbachul Alim Diwangkara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.