Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pelajaran Matematika Kelas 6 dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Authors

  • Moh Ardiwanata Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Fasa Sandria Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Ma'rifatunnikmah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Azmia Mumtazzah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.55732/ner.v3i1.1506

Keywords:

Hasil Belajar, Jigsaw, Model Pembelajaran Kooperatif, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 6 di SDN Karang Tanjung melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika. Selain itu, hasil belajar matematika siswa juga mengalami peningkatan signifikan setelah implementasi model ini. Pengelolaan waktu dan strategi pengajaran yang lebih efektif, serta relevansi model Jigsaw dengan prinsip-prinsip Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), turut berkontribusi pada keberhasilan pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa di SDN Karang Tanjung. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih inovatif di sekolah dasar.

This study aims to improve the mathematics learning outcomes of grade 6 students at SDN Karang Tanjung by implementing the Jigsaw cooperative learning model. This study uses the Classroom Action Research (CAR) method, which is implemented in two cycles: the planning, implementation, observation, and reflection stages. The study results indicate that implementing the Jigsaw model can improve students' motivation and participation in mathematics learning. In addition, students' mathematics learning outcomes also increased significantly after implementing this model. More effective time management and teaching strategies, as well as the relevance of the Jigsaw model to the principles of the School Level Curriculum (KTSP), also contribute to the success of learning. Thus, it can be concluded that the Jigsaw cooperative learning model effectively improves students' mathematics learning outcomes at SDN Karang Tanjung. This study contributes to developing more innovative learning strategies in elementary schools.

References

Adhelia Nofieanti Pratiwi and Nova Estu Harsiwi (2024) ‘Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran Matematika di Kelas V SDN Sokalela’, Jurnal Media Akademik (JMA), 2(2). Available at: https://doi.org/10.62281/v2i2.183.

Arikunto, S., Supardi and Suhardjono (2021) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Deviyanti, E. and Jannah, N.L. (2024) ‘Efektivitas Media Pembelajaran Big Book dalam Mengembangkan Keterampilan Membaca pada Peserta Didik Kelas IV’, Nusantara Educational Review, 2(1), pp. 105–113. Available at: https://doi.org/10.55732/ner.v2i1.1197.

Lestari, W.M. and Salsabila, A. (2023) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Puzzle Digital Materi Lingkaran Kelas VI SD Negeri Bluru Kidul 2 Sidoarjo’, Nusantara Educational Review, 1(1), pp. 7–14. Available at: https://doi.org/10.55732/ner.v1i1.995.

Nawawi, H. (2007) Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: UGM Press.

Rusman (2014) Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer: Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Silalahi, A.E.C., Aryanti, F. and Futriani, N.L. (2024) ‘Studi Literatur: Model Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Sekolah Dasar’, Journal on Education, 6(4), pp. 18495–18509. Available at: https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.5762.

Sugiyono (2013) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-02-21

How to Cite

Ardiwanata, M., Sandria, F., Ma’rifatunnikmah, & Mumtazzah, A. (2025). Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pelajaran Matematika Kelas 6 dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Nusantara Educational Review, 3(1), 32–43. https://doi.org/10.55732/ner.v3i1.1506