Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Implementasi Pendidikan Karakter untuk Mengatasi Bullying

Authors

  • Dwi Nandini Novi Asri Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Dewi Vindy Aprilia Sari Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Athiyah Maqbulah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Nishfu Syahrin Niharo Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.55732/ner.v3i1.1505

Keywords:

Bullying, Hasil Belajar, Pendidikan karakter, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Bullying merupakan salah satu masalah serius yang dapat menghambat proses pembelajaran dan perkembangan karakter siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan mengimplementasikan pendidikan karakter untuk mengatasi bullying di SDN Karangtanjung. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan signifikan dalam kasus bullying, dari 12 kasus pada siklus pertama menjadi 3 kasus pada siklus kedua, yang mencerminkan berkurangnya perilaku agresif di kalangan siswa. Selain itu, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan, dengan rata-rata nilai siswa naik sebesar 25% pada siklus kedua. Temuan ini mengindikasikan bahwa melalui implementasi pendidikan karakter, tidak hanya perilaku bullying yang dapat diminimalisir, tetapi juga hasil belajar siswa dapat meningkat secara signifikan. Oleh karena itu, pendidikan karakter terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih aman, kondusif, dan mendukung keberhasilan akademik siswa.

Bullying is one of the serious problems that can hinder the learning process and character development of students in schools. This study aims to improve student learning outcomes by implementing character education to overcome bullying at SDN Karangtanjung. The method used is Classroom Action Research (CAR), carried out in two cycles. The study showed a significant decrease in bullying cases, from 12 cases in the first cycle to 3 instances in the second cycle, reflecting a reduction in students' aggressive behaviour. In addition, student learning outcomes have increased significantly, with the average student score rising by 25% in the second cycle. These findings indicate that through the implementation of character education, not only can bullying behaviour be minimized, but student learning outcomes can also be significantly improved. Therefore, character education has proven effective in creating a safer, more conducive learning environment that supports students' academic success.

References

Desriani, D. and Devita, Y. (2019) ‘The Effect of Health Education on Bullying Knowledge Among Primary School Student’, Jurnal Proteksi Kesehatan, 8(2), pp. 28–34. Available at: https://doi.org/10.36929/jpk.v8i2.161.

Gunawan, H. (2012) Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hamdan, A.R. and Murni, A.W. (2024) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Lingkungan Bersih Berbasis Android untuk Kelas 1 Pada Tema 6’, Nusantara Educational Review, 2(2), pp. 84–91. Available at: https://doi.org/10.55732/ner.v2i2.1437.

Hariandi, A. et al. (2023) ‘Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar’, JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), pp. 10155–10161. Available at: https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3328.

Khairunnisa, K., Suyanti, S. and Yunita, S. (2023) ‘Analisis Upaya Pencegahan Fenomena Bulliying di Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Kewarganegaraan’, JS (Jurnal Sekolah), 7(3), p. 438. Available at: https://doi.org/10.24114/js.v7i3.45336.

Lickona, T. (2004) Character Matters: How to Help Our Children Develop Good Judgment, Integrity, and Other Essential Virtues. New York: Simon & Schuster, Inc.

Nasir, A. (2018) ‘Konseling Behavioral: Solusi Alternatif Mengatasi Bullying Anak di Sekolah’, Konseling Edukasi ‘Journal of Guidance and Counseling’, 2(1). Available at: https://doi.org/10.21043/konseling.v2i2.4466.

Nurfaniza, I. and Margaret, M. (2024) ‘Fenomena Korban Bullying Sekolah Dasar Negeri X di Wilayah Karang Tengah’, Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 6(4), pp. 942–952. Available at: https://doi.org/10.38035/rrj.v6i4.900.

Rachmah, M.N., Aisiya Firdaus, M.N. and Aini, N. (2024) ‘Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Wordwall pada Materi Pecahan Campuran’, Nusantara Educational Review, 2(2), pp. 65–70. Available at: https://doi.org/10.55732/ner.v2i2.1297.

Ulya, Z. (2019) ‘Efektivitas Pelatihan “Care Teacher, Fight Bullying” untuk Meningkatkan Keterampilan Pembinaan Bullying pada Guru Sekolah Dasar’, Analitika, 11(2), p. 144. Available at: https://doi.org/10.31289/analitika.v11i2.2957.

Downloads

Published

2025-02-12

How to Cite

Asri, D. N. N. ., Sari, D. V. A. ., Maqbulah, A. ., & Niharo, N. S. . (2025). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Implementasi Pendidikan Karakter untuk Mengatasi Bullying. Nusantara Educational Review, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.55732/ner.v3i1.1505