Pengembangan Media Pembelajaran Lingkungan Bersih Berbasis Android untuk Kelas 1 Pada Tema 6
DOI:
https://doi.org/10.55732/ner.v2i2.1437Keywords:
Android, Media pembelajaran, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, PengembanganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran lingkungan bersih berbasis Android pada tema 6 untuk kelas 1 Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Obyek penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran lingkungan bersih berbasis Android. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara dan angket validasi. Peneliti menggunakan tahapan-tahapan penelitian pengembangan menurut model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil validasi menunjukkan bahwa ahli materi memberikan nilai rata-rata 84% dan ahli media memberikan nilai rata-rata 85,7%, keduanya termasuk kategori "sangat layak". Media yang digunakan sudah sesuai dengan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan indikator. Selain itu, siswa merasa nyaman dengan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan lebih fokus serta kritis berkat adanya kuis dalam aplikasi belajar
This study aims to develop Android-based clean environment learning media on theme 6 for grade 1 of Elementary School. This type of research is research and development. The object of this research is to develop an Android-based clean environment learning media. Data collection techniques in this study were interviews and validation questionnaires. Researchers used the stages of development research according to the ADDIE development model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). The validation results showed that material experts gave an average value of 84% and media experts gave an average value of 85.7%, both of which were included in the "very feasible" category. The media used were Core Competencies, Basic Competencies, and indicators. In addition, students felt comfortable with information technology-based learning and were more focused and critical thanks to the quizzes in the learning application.
References
Dewi, L. and Fauziati, E. (2021) ‘Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar dalam Pandangan Teori Konstruktivisme Vygotsky’, Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), pp. 163–174. Available at: https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1207.
Haryono, A.D. (2014) Metode Praktis Pengembangan Sumber dan Media Pembelajaran. Malang: Genius dan Pustaka Inspiratif.
Hernawan, A.H. (2013) Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Kadir, A. and Asrohah, H. (2014) Pembelajaran Tematik. Jakarta: Rajawali Pers.
Lauren, G. and Murtiwiyati (2013) ‘Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android’, Jurnal Ilmiah Komputasi, 12(2). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.32409/jikstik.12.2.179.
Muhroji, M. and Yusrina, H. (2018) ‘Penggunaan Modul Pada Pembelajaran Tematik di SDN 1 Jimbung Klaten’, Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 5(1).
Nurrita, T. (2018) ‘Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, Jurnal Misykat, 3(1). Available at: https://doi.org/10.33511/misykat.v3i1.52.
Setyawati, E.S. (2020) Pengembangan Media Flash Start LIBA (Lingkungan Indah, Bersih dan Asri) Tema 6 Lingkungan Indah, Bersih dan Asri untuk Anak Autis Kelas 1 SD. Universitas Muhammadiyah Malang.
Sudjana, N. (1995) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jombang: PT Remaja Rosdakarya.
Tafonao, T. (2018) ‘Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa’, Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), p. 103. Available at: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
Umar, H. (2013) Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nusantara Educational Review
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.