Penggunaan Media Visual Papan Jaring-Jaring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bangun Ruang Siswa Kelas 2

Authors

  • Priya Febianti Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Muhammad Birrul A'lim Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Nuril Aini Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Achmad Wahyudi Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.55732/ner.v2i2.1298

Keywords:

Bangun ruang, Hasil belajar, Media visual, Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 2 SDN Rangkah Kidul Sidoarjo pada materi bangun ruang dengan bantuan media visual papan jaring-jaring. Subjek peneliti ini adalah 18 peserta didik kelas 2 SDN Rangkah Kidul Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan bantuan media visual papan jaring-jaring.hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Pada siklus I ketuntasan klasikal peserta didik masih belum maksimal, hanya mencapai 33%, kemudian meningkat pada siklus II yaitu 78%. Penggunaan media visual papan jaring-jaring efektif meningkatkan hasil belajar bangun ruang pada siswa kelas 2 SDN Rangkah Kidul Sidoarjo, dengan pengalaman visual yang menarik dan interaktif, memudahkan pemahaman konsep bangun ruang. Rekomendasi dari penelitian ini adalah agar pendidik mempertimbangkan penggunaan media visual papan jaring-jaring sebagai salah satu strategi pembelajaran yang efektif dalam mengajar materi bangun ruang.

This study aims to improve the learning outcomes of grade 2 students of SDN Rangkah Kidul Sidoarjo on spatial geometry material with the help of visual media of net boards. The subjects of this study were 18 grade 2 students of SDN Rangkah Kidul Sidoarjo. This study used a classroom action research method. The results of the study showed that with the help of visual media of net boards, students' learning outcomes increased. In cycle I, the classical completeness of students was still not optimal, only reaching 33%, then increasing in cycle II, namely 78%. The use of visual media of net boards effectively improved the learning outcomes of spatial geometry in grade 2 students of SDN Rangkah Kidul Sidoarjo, with an interesting and interactive visual experience, facilitating the understanding of spatial geometry concepts. The recommendation from this study is for educators to consider the use of visual media of net boards as one of the effective learning strategies in teaching spatial geometry material.

References

Gebi, S. (2021) ‘Penggunaan Media Visual Tiga Dimensi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bangun Ruang Pada Kelas V SD Negeri 006 Rambah’, Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(1), pp. 98–104. Available at: https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.233.

Hosnan and Purnomo, A.S. (2023) ‘Peningkatan Pemahaman Konsep Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Alat Peraga Jaring-Jaring’, Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah, 1(2).

Jonkenedi (2017) ‘Penggunaan Media Tiga Dimensi Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPA’, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(6), pp. 590–598.

Murtiyasa, B. and Lathifah, A.H.N. (2023) ‘Mathematics Learning Difficulties in Distance Learning’, JETL (Journal of Education, Teaching and Learning), 8(1), p. 51. Available at: https://doi.org/10.26737/jetl.v8i1.3433.

Nur, I.M. (2017) ‘Pemanfaatan Program Geogebra dalam Pembelajaran Matematika’, Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1). Available at: https://doi.org/10.33387/dpi.v5i1.236.

Tanjung, R. et al. (2021) ‘Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar’, JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), pp. 291–296. Available at: https://doi.org/10.54371/jiip.v4i4.272.

Downloads

Published

2024-08-28

How to Cite

Febianti, P., A’lim, M. B. ., Aini, N., & Wahyudi, A. . (2024). Penggunaan Media Visual Papan Jaring-Jaring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bangun Ruang Siswa Kelas 2. Nusantara Educational Review, 2(2), 78–83. https://doi.org/10.55732/ner.v2i2.1298