Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Wordwall pada Materi Pecahan Campuran
DOI:
https://doi.org/10.55732/ner.v2i2.1297Keywords:
Hasil belajar matematika, Pecahan campuran, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, WordwallAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh sebuah penggunaan aplikasi Wordwall terhadap peningkatan hasil belajar matematika dengan materi pembelajaran Pecahan Campuran pada kelas V SDN Pesawahan. Wordwall adalah aplikasi atau platform digital yang menyediakan berbagai game atau permainan edukatif media interaktif yang dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada penelitian ini subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN Pesawahan yang terletak pada kecamatan porong. Data yang dikumpulkan oleh peneliti, melalui tes belajar matematika sebelum dan sesudah tindakan penelitian, serta melalui obsevasi pada peserta didik dan wawancara guru kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan sebuah peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar matematika peserta didik kelas V SDN Pesawahan setelah menggunakan aplikasi Wordwall.
This study aims to see the effect of using the Wordwall application on improving mathematics learning outcomes with Mixed Fractions learning materials in class V of SDN Pesawahan. Wordwall is a digital application or platform that provides various interactive media educational games or games that can be used as learning aids. The research method used is Classroom Action Research (CAR). This research was conducted in two cycles, each consisting of planning, implementation, observation and reflection stages. In this study, the research subjects were class V students of SDN Pesawahan located in Porong District. Data was collected by researchers, through mathematics learning tests before and after the research action, as well as through observation of students and interviews with class teachers. The results of this study show a significant increase in mathematics learning outcomes of class V students of SDN Pesawahan after using the Wordwall application.
References
Abdillah, L.A. et al. (2021) Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Penerapannya. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata Indramayu.
Agusti, N.M. and Aslam, A. (2022) ‘Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 6(4), pp. 5794–5800. Available at: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053.
Firdaus, F.N.A.A. and Aini, N. (2024) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Materi Sistem Peredaran Darah pada Mata Pelajaran IPA’, Nusantara Educational Review, 1(2), pp. 70–77. Available at: https://doi.org/10.55732/ner.v1i2.1171.
Neni Isnaeni and Dewi Hildayah (2020) ‘Media Pembelajaran dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa’, Jurnal Syntax Transformation, 1(5), pp. 148–156. Available at: https://doi.org/10.46799/jst.v1i5.69.
Patriamurti, Y.D., Isrok’atun and Irawati, R. (2024) ‘Peningkatan Hasil Belajar Pecahan pada Siswa Kelas IV melalui Pendekatan Kontekstual dengan Bantuan Aplikasi Wordwall’, Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(1). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.7829.
Rosdiani, L., Munawar, B. and Dewi, R. (2021) ‘Pelatihan Membuat Game Edukasi Wordwall untuk Guru di Kelurahan Keraton’, Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 2(2), pp. 247–255. Available at: https://doi.org/10.46306/jabb.v2i2.138.
Sinaga, Y.M. and Soesanto, R.H. (2022) ‘Upaya Membangun Kedisplinan melalui Media Wordwall dalam Pembelajaran Daring pada Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 6(2), pp. 1845–1857. Available at: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.1617.
Wafiqni, N. and Putri, F.M. (2021) ‘Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 di MIN 2 Kota Tangerang Selatan’, Elementar: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), pp. 68–83. Available at: https://doi.org/10.15408/elementar.v1i1.20375.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nusantara Educational Review
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.