Korelasi antara Pembelajaran Nilai Moral dan Agama dengan Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini: Sebuah Review Sistematis
DOI:
https://doi.org/10.55732/ner.v2i1.1260Keywords:
Nilai moral dan agama, Perkembangan kognitif, Pembelajaran, PIAUDAbstract
Korelasi antara pembelajaran nilai moral dan agama dengan perkembangan kognitif pada pendidikan Islam anak usia dini. Tujuannya adalah untuk memahami bagaimana integrasi nilai moral dan agama dalam pendidikan dapat mempengaruhi aspek kognitif anak usia dini. Menggunakan metode review sistematis, penelitian ini menganalisis data dari berbagai studi yang telah diterbitkan, yang dipilih berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi yang ketat. Hasilnya menunjukkan adanya hubungan positif antara pengajaran nilai moral dan agama dengan peningkatan kemampuan kognitif seperti pemecahan masalah, kreativitas, dan berpikir kritis pada anak usia dini. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dengan mengidentifikasi dan mensintesis bukti yang ada mengenai pengaruh pendidikan nilai moral dan agama terhadap perkembangan kognitif, serta menyarankan pentingnya pendekatan holistik dalam pendidikan Islam anak usia dini.
Correlation between learning moral and religious values and cognitive development in early childhood Islamic education. The aim is to understand how the integration of moral and religious values in education can affect the cognitive aspects of early childhood. Using a systematic review method, this study analyzed data from various published studies, which were selected based on strict inclusion and exclusion criteria. The results show a positive relationship between teaching moral and religious values and improving cognitive abilities such as problem-solving, creativity and critical thinking in early childhood. This study makes an important contribution by identifying and synthesizing existing evidence on the effect of moral and religious values education on cognitive development and suggests the importance of a holistic approach in early childhood Islamic education.
References
Anam, F. and Kusuma, W. (2021) ‘Open Access Publication Status of Educational Technology with The Bibliometrics Approach Document Cited of Educational Technology Publications’, 20(3), pp. 501–509. Available at: https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.03.50.
Antara, P.A. (2019) ‘Implementasi Pengembangan Karakter Anak Usia Dini dengan Pendekatan Holistik’, JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 14(1), pp. 17–26. Available at: https://doi.org/10.21009/JIV.1401.2.
Asitah, N., Anam, F. and Purnomo, A. (2022) ‘Kajian Tingkat Kompleksitas Masalah pada Buku Pembelajaran Matematika berbasis Taksonomi SOLO’, Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 1(2), pp. 109–118. Available at: https://doi.org/10.55732/jmpd.v1i2.13.
Assabilah, A.D. and Murni, A.W. (2023) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif JERA pada Mata Pelajaran PPKn Materi Mengenal Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari Kelas V SDN Sumokali Candi’, Nusantara Educational Review, 1(1), pp. 15–22. Available at: https://doi.org/10.55732/ner.v1i1.996.
Christanti, A. et al. (2021) ‘E-Learning Platform to Assess Students’ Performance in Industrial Revolution 4.0’, in International Conference on Industrial Engineering and Operations Management Monterrey. Mexico, pp. 3–5.
Damayanti, U.F. and Solihin (2019) ‘Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Pembelajaran dengan Penerapan Nilai Agama, Kognitif, dan Sosial Emosional: Studi Deskriptif Penelitian di Raudhatul Athfal Al-Ihsan Cibiru Hilir’, Syifa Al-Qulub, 3(2), pp. 65–71.
Husin, H. and Harianto, D. (2020) ‘Penerapan Metode Pembelajaran dalam Penanaman Nilai Moral Agama Pada Anak Usia Dini’, Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), pp. 21–26. Available at: https://doi.org/10.30631/smartkids.v2i1.59.
Lestari, W.M. and Salsabila, A. (2023) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Puzzle Digital Materi Lingkaran Kelas VI SD Negeri Bluru Kidul 2 Sidoarjo’, Nusantara Educational Review, 1(1), pp. 7–14. Available at: https://doi.org/10.55732/ner.v1i1.995.
Mastuti, R. et al. (2020) Teaching from Home: Dari Belajar Merdeka menuju Merdeka Belajar. Edited by J. Simarmata. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Noor, T.R. (2020) ‘Mengembangkan Jiwa Keagaamaan Anak (Perspektif Pendidikan Islam dan Perkembangan Anak Usia Dini)’, Kuttab, 4(2). Available at: https://doi.org/10.30736/ktb.v4i2.269.
Retnaningrum, W. (2016) ‘Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini melalui Media Bermain Memancing’, Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), p. 207. Available at: https://doi.org/10.21831/jppm.v3i2.11284.
Sari, R.P. (2021) ‘Peran Media Komunikasi Digital Pada Pola Komunikasi Guru dan Murid’, Avant Garde, 9(1), p. 100. Available at: https://doi.org/10.36080/ag.v9i1.1326.
Suryana, D. (2018) Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi Aspek Perkembangan Anak. jakarta: Prenadamedia Group.
Syarbaini and Triadi, Y. (2021) ‘Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam pada Anak Usia Dini’, Journal of Basic Education Research, 2(1), pp. 20–23. Available at: https://doi.org/10.37251/jber.v2i1.131.
Utami, A.D.W. et al. (2021) ‘Student Centered Learning and Flipped Classroom of Lesson Study: A Case Study in Higher Education’, Middle European Scientific Bulletin, 14. Available at: https://doi.org/10.47494/mesb.2021.14.662.
Widiasih, R. et al. (2020) ‘Menyusun Protokol Penelitian dengan Pendekatan SETPRO: Scoping Review’, Journal of Nursing Care, 3(3), pp. 171–180. Available at: https://doi.org/10.24198/jnc.v3i3.28831.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nusantara Educational Review
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.