Optimalisasi Pengalaman Belajar Siswa SD melalui Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web
DOI:
https://doi.org/10.55732/ner.v1i1.1006Keywords:
ADDIE, Pendidikan, Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Situs WebAbstract
Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis situs web bagi siswa Sekolah Dasar (SD) sangat penting untuk memaksimalkan pengalaman belajar siswa, meningkatkan keterlibatan dan keterampilan siswa yang relevan dalam era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis situs web bagi siswa SD. Studi kasus penelitian pada mata pelajaran tema ke-empat tentang berbagai pekerjaan dengan validasi ahli materi, ahli media, angket guru dan angket peserta didik. Obyek penelitian adalah siswa-siswi SD kelas IV di SDN Plumbungan, Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima fase yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan situs web mendapat hasil validasi dari ahli media sebesar 94% pada kategori sangat baik. Hasil dari ahli materi sebesar 89,6% pada kategori baik. Hasil dari angket guru sebesar 100% pada kategori sangat baik. Hasil dari angket peserta didik pada pertemuan pertama, kedua, dan ketiga yakni mencapai 85,9% pada kategori baik; 93,5% pada kategori sangat baik; dan 96,9% pada kategori sangat baik.
The development of website-based interactive multimedia learning media for elementary school students is very important to maximize student learning experiences, increase student engagement and skills that are relevant the digital era. This study aims to develop web-based interactive multimedia learning media for elementary school students. Research case studies on the fourth theme subject on various jobs validated by material experts, media experts, teacher questionnaires and student questionnaires. The object of the research were fourth grade elementary school students at Plumbungan Elementary School, Sidoarjo. This study uses the ADDIE development model with five phases, namely analysis, design, development, implementation and evaluation. The results of this study indicate that the website development received validation results from media experts of 94%, very good category. The results of material experts were 89.6%, good category. The results of the teacher's questionnaire were 100%, very good category. The results of the student questionnaire in the first, second, and third meetings reached 85.9%, good category; 93.5%, very good category; and 96.9%, very good category.
References
Adhitya, B.S. (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Kuliah Mesin Listrik di Prodi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Anam, F. (2017) Penelitian Tindakan Kelas. Sidoarjo: UNUSIDA Press.
Asitah, N. and Ismafitri, R. (2021) Product Based Learning. Sidoarjo: UNUSIDA Press.
Muslim, B. and Dayana, L. (2016) ‘Sistem Informasi Peraturan Daerah (Perda) Kota Pagar Alam Berbasis Web’, Jurnal Ilmiah Betrik, 7(1).
Nopriyanti, N. and Sudira, P. (2015) ‘Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Pemasangan Sistem Penerangan dan Wiring Kelistrikan di SMK’, Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2). Available at: https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6416.
Purnomo, A. et al. (2021) ‘A Bibliometric Overview and Visualization of The Digital Education Publication’, in 2021 International Conference on Information Management and Technology (ICIMTech). IEEE, pp. 819–824. Available at: https://doi.org/10.1109/ICIMTech53080.2021.9535037.
Rahayu, S. (2020) ‘Peran Internet dalam Transformasi Pendidikan di Era Digital’, Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), pp. 25–36.
Roshidah, F.H. (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis WEB Pada Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTSN 7 Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Sudarmanto, A. (2020) ‘Pendidikan sebagai Media Pembentukan Karakter dan Pemenuhan Kebutuhan Dasar Manusia’, Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), pp. 15–26.
Sulistiyani, A. (2019) ‘Peningkatan Kualitas Pendidikan: Tantangan dan Strategi’, Jurnal Pendidikan Berkarakter, 7(2), pp. 65–78.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nusantara Educational Review
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.