Optimalisasi Hasil Belajar Pendidikan Bahasa Indonesia: Peran Media Pembelajaran Pagape terhadap Pemahaman Perubahan Wujud Benda

Authors

  • Barirotun Najicha Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Nurul Aini Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.55732/ner.v1i1.1002

Keywords:

Bahasa Indonesia, Media pembelajaran, Pre-Experimental Design, Pagape, Pendidikan

Abstract

Beberapa sekolah menghadapi masalah hasil belajar yang sangat rendah dan peserta didik kurang memahami materi perubahan wujud benda pada pelajaran bahasa Indonesia. Minimnya penggunaan media pembelajaran dapat menyebabkan peserta didik kurang faham dan bosan saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran pagape terhadap hasil belajar peserta didik pada materi perubahan wujud benda pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan pre-experimental design dan one-group pretest- posttest design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN Kedensari 2 Ketegan Tanggulangin, Sidoarjo. Analisis uji T memperlihatkan nilai Thitung=3,29643 Ttabel=2,085963447. Analisis menunjukkan Thitung>Ttabel=3,29643>2,085963447 sehingga hasil uji hipotesis diterima. Hasil penelitian menunjukkan penerapan media pagape terhadap materi konsep perubahan wujud benda pelajaran bahasa Indonesia berpengaruh terhadap hasil belajar peserta.

Several schools faced problems with very low learning outcomes and students did not understand the material for changes in the shape of objects in Indonesian lessons. The lack of use of learning media can cause students to lack understanding and get bored when learning takes place. This study aims to determine the effect of paged learning media on student learning outcomes in the material changes in the form of Indonesian language learning objects. This study used a pre-experimental design approach and a one-group pretest-posttest design. The population of this study were students of class III SDN Kedensari 2 Ketegan Tanggulangin, Sidoarjo. T-test analysis shows the value of Tcount = 3.29643 Ttable = 2.085963447. The analysis shows Tcount>Ttable=3.29643>2.085963447 so that the results of the hypothesis test are accepted. The results showed that the application of page media to the concept of changing the form of Indonesian language learning objects had an effect on the learning outcomes of the participants.

References

Ahmadi (2017) Strategi Pembelajaran PGSD. Jakarta: Uhamka.

Anam, F. (2017) Penelitian Tindakan Kelas. Sidoarjo: UNUSIDA Press.

Asitah, N. and Ismafitri, R. (2021) Product Based Learning. Sidoarjo: UNUSIDA Press.

Hakim, L. (2020) ‘Implementasi Pembelajaran Inovatif dalam Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar’, Jurnal Pendidikan Inovatif, 8(2), pp. 50–60.

Prastowo (2015) Pengembangan Bahan Ajar. Bandung: Rosda Karya.

Prayitno, A., Fauzi, A. and Darmalaksana, W. (2019) ‘Efektivitas Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa’, Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), pp. 131–138.

Purnomo, A. et al. (2021) ‘A Bibliometric Overview and Visualization of The Digital Education Publication’, in 2021 International Conference on Information Management and Technology (ICIMTech). IEEE, pp. 819–824. Available at: https://doi.org/10.1109/ICIMTech53080.2021.9535037.

Rakhmad, A.N. (2018) Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Berbasis Media Realita Terhadap Hasil Belajar IPA Konsep Sifat dan Perubahan Wujud Benda Siswa Kelas IV SDN 8 Kalimbaung Kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sanjaya (2019) Jenis Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono (2014) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widiastuti, E. (2021) ‘Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning’, Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), pp. 39–48.

Yunita, D. (2021) ‘Penerapan Model Pembelajaran Aktif Student-Centered Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(8), pp. 55–62.

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Najicha, B., & Aini, N. . (2023). Optimalisasi Hasil Belajar Pendidikan Bahasa Indonesia: Peran Media Pembelajaran Pagape terhadap Pemahaman Perubahan Wujud Benda. Nusantara Educational Review, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.55732/ner.v1i1.1002