Strategi Pemasaran Digital dalam Industri Fashion Online: Sebuah Analisis Sistematis
DOI:
https://doi.org/10.55732/nemr.v1i2.1177Keywords:
Fashion online, Inovasi teknologi, Media sosial dan SEO, Strategi pemasaran digitalAbstract
Penelitian ini mengkaji isu mengenai efektivitas strategi pemasaran digital dalam industri fashion online, dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi pemasaran digital yang paling efektif. Menggunakan metode review literatur sistematis, penelitian ini mengumpulkan dan mengevaluasi studi-studi terkait dari berbagai database akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi dari penggunaan media sosial, pemasaran konten, SEO, dan teknologi canggih seperti AI dan AR, berkontribusi signifikan terhadap peningkatan engagement, kesadaran merek, dan penjualan. Kontribusi dari penelitian ini terletak pada sintesis komprehensif strategi pemasaran digital yang dikhususkan untuk industri fashion online, serta penekanan pada pentingnya adaptasi dan inovasi berkelanjutan dalam strategi pemasaran untuk menjaga keberlangsungan bisnis dalam lingkungan yang dinamis.
This research examines issues regarding the effectiveness of digital marketing strategies in the online fashion industry to identify and analyze the most effective digital marketing strategies. This research collects and evaluates related studies from various academic databases using a systematic literature review method. The research results show that combining social media, content marketing, SEO, and advanced technologies such as AI and AR contribute significantly to increasing engagement, brand awareness, and sales. The novelty of this research lies in a comprehensive synthesis of digital marketing strategies specifically for the online fashion industry, as well as an emphasis on the importance of adaptation and continuous innovation in marketing strategies to maintain business continuity in a dynamic environment.
References
Amalia, A. and Novie, M. (2023) ‘Hubungan antara Keterlibatan Karyawan, Budaya Organisasi dan Stress Kerja terhadap Kinerja Karyawan’, Nusantara Entrepreneurship and Management Review, 1(1), pp. 11–23. Available at: https://doi.org/10.55732/nemr.v1i1.1042.
Anam, F. et al. (2020) ‘Study of Different Approaches for Determining and Calculating the Risk Management in Business’, European Journal of Molecular & Clinical Medicine, 7(11), pp. 1984–1990.
Asyifah, A. et al. (2023) ‘Pengembangan Aplikasi E-Commerce untuk Peningkatan Penjualan Online’, Action Research Literate, 7(1), pp. 70–75. Available at: https://doi.org/10.46799/arl.v7i1.188.
Aysa, I.R. (2021) ‘Tantangan Transformasi Digital bagi Kemajuan Perekonomian Indonesia’, Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 3(2). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.33367/at.v2i3.1458.
Girsang, C.N. (2020) ‘Pemanfaatan Micro-Influencer pada Media Sosial sebagai Strategi Public Relations di Era Digital’, Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), pp. 206–225. Available at: https://doi.org/10.31937/ultimacomm.v12i2.1299.
Haq, A.F. and Muzakki, K. (2023) ‘Analisis Pengelolaan Keuangan Desa Berdasarkan Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018’, Nusantara Entrepreneurship and Management Review, 1(1), pp. 1–10. Available at: https://doi.org/10.55732/nemr.v1i1.1041.
Indriyani, R. and Suri, A. (2020) ‘Pengaruh Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian melalui Motivasi Konsumen pada Produk Fast Fashion’, Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), pp. 25–34. Available at: https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.25-34.
Priyono, M.B. and Sari, D.P. (2023) ‘Dampak Aplikasi Tiktok dan Tiktok Shop Terhadap UMKM di Indonesia’, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(17). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.8315865.
Purnomo, A. et al. (2023) ‘Mapping of E-Entrepreneurship Research: Bibliometric Review’, E3S Web of Conferences. Edited by T.N. Mursitama et al., 426, p. 02013. Available at: https://doi.org/10.1051/e3sconf/202342602013.
Purnomo, A. et al. (2024) ‘E-Commerce on Startup: A Systematic Literature Review’, in, pp. 101–108. Available at: https://doi.org/10.1007/978-3-031-34750-4_8.
Putri, A.D.C. and Muzakki, K. (2023) ‘Analisis ROA, ROE, EPS, dan DER terhadap Fluktuasi Harga Saham pada Perusahaan LQ45 di BEI Periode 2019-2021’, Nusantara Entrepreneurship and Management Review, 1(1), pp. 24–35. Available at: https://doi.org/10.55732/nemr.v1i1.1043.
Rambe, D.N.S. and Aslami, N. (2022) ‘Analisis Strategi Pemasaran dalam Pasar Global’, El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), pp. 213–223. Available at: https://doi.org/10.47467/elmujtama.v1i2.853.
Rathore, D.B. (2021) ‘FashionTransformation 4.0: Beyond Digitalization & Marketing in Fashion Industry’, Eduzone: International peer reviewed/refereed academic multidisciplinary journal, 10(02), pp. 54–59. Available at: https://doi.org/10.56614/eiprmj.v10i2.234.
Sudirjo, F. et al. (2023) ‘Analisis Dampak Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: Perspektif Industri E-commerce’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7422.
Sugianto, H. and Astuti, P.B. (2023) ‘Pengaruh Search Engine Optimization, Online Customer Review, dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Erigo di Tokopedia’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 5(2). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.32639/jimmba.v5i2.424.
Windi, P. and Mursid, M.C. (2021) ‘Pentingnya Perilaku Organisasi dan Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan Bisnis di Era Digital’, Jurnal Logistik Bisnis, 11(2). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.46369/logistik.v11i2.1563.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nusantara Entrepreneurship and Management Review
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.