Nusantara Entrepreneurship and Management Review
https://journal.unusida.ac.id/index.php/nemr
<p><strong>Nusantara Entrepreneurship and Management Review</strong> (NEMR) merupakan jurnal ilmiah peer-review yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo. Jurnal ini diterbitkan dalam versi online dengan akses terbuka dan unduhan gratis. NEMR menerbitkan artikel penelitian pada bidang kewirausahaan, bisnis, dan manajemen. Nusantara Entrepreneurship and Management Review terbit dua kali setahun pada bulan September dan Maret.<br /><br />e-ISSN <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20231018411030420" target="_blank" rel="noopener">3030-928X</a><br /><a title="Google Scholar" href="https://scholar.google.com/citations?user=ADTJn7wAAAAJ&hl=id" target="_blank" rel="noopener">Google Scholar</a><br /><a title="Garuda Kemdikbudristek" href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/35540" target="_blank" rel="noopener">Garuda Kemdikbudristek</a></p>en-USagung.purnomo@binus.ac.id (Agung Purnomo, MBA)megafirdaus@unusida.ac.id (Mega Firdaus, S.Pd.)Fri, 06 Sep 2024 09:15:54 +0700OJS 3.3.0.4http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss60Hubungan Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan Lion Parcel
https://journal.unusida.ac.id/index.php/nemr/article/view/1431
<p>Jasa pengiriman saat ini sedang naik daun, seiring dengan peralihan pasar dunia ke <em>e-commerce</em> yang membuat para pengusaha membutuhkan jasa pengiriman untuk mendistribusikan barangnya. Oleh karena itu, Jasa pengiriman Lion Parcel Pos Sekardangan menjadi salah satu distributor <em>e-commers</em>. Agar reputasi Lion Parcel Pos Sekardangan tetap terjaga, peneliti melakukan penelitian untuk membuktikan dampak layanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan terhadap lion parcel pos Sekardangan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan alat kuisioner. Temuan penelitian yang diperoleh menunjukkan mutu pelayanan dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada jasa pengiriman lion parcel pos Sekardangan.</p> <p><em>Delivery services are currently on the rise, along with the shift of the world market to e-commerce which makes entrepreneurs need delivery services to distribute their goods. Therefore, Lion Parcel Pos Sekardangan delivery services are one of the e-commerce distributors. To maintain the reputation of Lion Parcel Pos Sekardangan, researchers conducted a study to prove the impact of service and customer satisfaction on customer loyalty to Lion Parcel Pos Sekardangan. In this study, researchers used a quantitative method with a questionnaire tool. The research findings obtained showed that service quality and customer satisfaction had a positive and significant effect on customer loyalty to the Lion Parcel Pos Sekardangan delivery service.</em></p>Muhammad Raffi Mirza, Reni Yusnita, Chairil Anwar
Copyright (c) 2024 Nusantara Entrepreneurship and Management Review
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0
https://journal.unusida.ac.id/index.php/nemr/article/view/1431Thu, 05 Sep 2024 00:00:00 +0700Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi dan Minat dalam Mengikuti Uji Kompetensi BNSP Terhadap Peluang Kerja Mahasiswa
https://journal.unusida.ac.id/index.php/nemr/article/view/1434
<p>Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi dan minat mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo dalam mengikuti Uji Kompetensi BNSP. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam mengikuti sertifikasi tersebut. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan observasi. Hasil menunjukkan bahwa faktor internal, seperti pemahaman pentingnya sertifikasi, serta faktor eksternal, seperti dukungan dari dosen dan keluarga, berperan signifikan. Hambatan seperti biaya dan persepsi terhadap kesulitan uji kompetensi juga mempengaruhi minat. Penelitian ini berkontribusi dengan memberikan wawasan baru tentang dinamika motivasi mahasiswa terkait sertifikasi profesional.</p> <p><em>This study analyzes the factors that influence the motivation and interest of Accounting students of the Faculty of Economics, Nahdlatul Ulama University, Sidoarjo in participating in the BNSP Competency Test. The purpose of the study was to identify internal and external factors that influence students' decisions in participating in the certification. The method used was a quantitative approach with data collection through questionnaires and observations. The results showed that internal factors, such as understanding the importance of certification, and external factors, such as support from lecturers and family, played a significant role. Barriers such as costs and perceptions of the difficulty of the competency test also influenced interest. This study contributes by providing new insights into the dynamics of student motivation related to professional certification.</em></p>Alfira Dwi Anggraini, Riezca Nur Fitriana, Kafidin Muzakki
Copyright (c) 2024 Nusantara Entrepreneurship and Management Review
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0
https://journal.unusida.ac.id/index.php/nemr/article/view/1434Mon, 09 Sep 2024 00:00:00 +0700Analysis of Determining the Cost of Goods Production Using The Full Costing Method at UD Aqqib Jaya Collection
https://journal.unusida.ac.id/index.php/nemr/article/view/1363
<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menghitung biaya produksi dan menentukan harga jual tas pada UD. Aqqib Jaya Collection. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara, dokumentasi dan observasi untuk mengumpulkan informasi. Informan utama dalam wawancara adalah pemilik usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM menghitung biaya produksi secara manual tanpa memperhitungkan biaya penyusutan. Biaya produksi dihitung dengan cara menjumlahkan biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya-biaya lain yang terkait dengan produksi tas. Pada proses perhitungan biaya produksi dan penentuan harga jual tas, pelaku usaha masih mengalami kendala terkait pemahaman bidang akuntansi terutama dalam memasukkan biaya penyusutan.</p> <p><em>This research aims to find out how to calculate production costs and determine the selling price of bags at UD. Aqqib Jaya Collection. The method used is a qualitative approach by conducting interviews, documentation, and observation to collect information. The business owner is the main informant in the interview. The research results show that MSMEs calculate production costs manually without taking depreciation costs into account. Production costs are calculated by adding up raw material costs, direct labor costs, and other costs related to bag production. In the process of calculating production costs and determining the selling price of bags, business actors still experience obstacles related to understanding the field of accounting, especially in including depreciation costs.</em></p>Devi Maya Sofa, Achmad Wicaksono
Copyright (c) 2024 Nusantara Entrepreneurship and Management Review
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0
https://journal.unusida.ac.id/index.php/nemr/article/view/1363Tue, 17 Sep 2024 00:00:00 +0700Optimalisasi Harga Pokok Produksi Dark Chocolate Italian sebagai Dasar Penentuan Harga Jual pada UMKM Chocotalie’s
https://journal.unusida.ac.id/index.php/nemr/article/view/1402
<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perhitungan harga pokok produksi dan menentukan harga jual es coklat varian Dark Chocolate Italian pada UMKM Chocotalie’s Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan dengan memakai metode kualitatif. Untuk mengumpulkan informasi peneliti menggunakan dokumentasi, observasi dan wawancara sebagai metode pengambilan data. Narasumber yang diwawancarai ialah pemilik usaha dan karyawan yang bekerja pada usaha yang diteliti. Hasil riset menunjukkan bahwa pemilik usaha selama ini menghitung biaya produksi secara manual dan tidak memperhitungkan penyusutan dalam menghitung biaya produksi. Pemilik melakukan penambahan biaya tenaga kerja langsung, biaya bahan baku, dan biaya-biaya lain yang berhubungan pada pembuatan es coklat. Perhitungan tersebut menjadi acuan pemilik dalam menentukan harga jual produk.</p> <p><em>This study aims to analyze the calculation of production costs and determine the selling price of the Dark Chocolate Italian variant of chocolate ice at the Chocotalie's Sidoarjo UMKM. This study was conducted using a qualitative method. Researchers used documentation, observation, and interviews as data collection methods to collect information. The interviewees were business owners and employees who worked at the business being studied. The research results show that business owners have calculated production costs manually and have not taken depreciation into account in calculating production costs. The owner adds direct labor costs, raw material costs, and other costs related to making chocolate ice. These calculations are used as a reference by the owner to determine the selling price of the product.</em></p>Achmad Wicaksono, Widia Eka Hariyanto, Yuvi Arinta Praciana
Copyright (c) 2024 Nusantara Entrepreneurship and Management Review
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0
https://journal.unusida.ac.id/index.php/nemr/article/view/1402Tue, 24 Sep 2024 00:00:00 +0700Pengukuran Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Fokus pada Rasio Likuiditas, Profitabilitas, dan Solvabilitas
https://journal.unusida.ac.id/index.php/nemr/article/view/1436
<p>Analisis keuangan berfungsi untuk mengevaluasi keberhasilan organisasi, membangun struktur perusahaan, mengelola kondisi keuangan, menilai kinerja masa lalu dan masa depan, serta mempertimbangkan rasio keuangan dalam menghadapi kompleksitas dan persaingan bisnis guna mempertahankan kesehatan keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja keuangan PT Indofood Sukses Makmur Tbk menggunakan metode analisis kualitatif antara tahun 2020 dan 2022. Analisis rasio keuangan memperhitungkan aktivitas, profitabilitas, solvensi, dan likuiditas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahun 2022, likuiditas meningkat secara signifikan sementara solvabilitas menurun. Aktivitas menunjukkan peningkatan setelah penurunan pada tahun 2021, sementara profitabilitas menurun setiap tahunnya. Temuan menunjukkan bahwa hasil rasio keuangan pada umumnya lebih kuat pada tahun 2020 dibandingkan dengan tahun-tahun berikutnya. Studi ini menawarkan wawasan baru tentang pentingnya menggunakan rasio keuangan untuk menilai kesehatan keuangan perusahaan, sehingga meningkatkan pemahaman tentang relevansi mereka dalam membuat keputusan bisnis.</p> <p><em>Financial analysis serves to evaluate the success of an organization, build a company structure, manage financial conditions, assess past and future performance, and consider financial ratios in facing business complexity and competition to maintain financial health. The purpose of this study is to evaluate the financial performance of PT Indofood Sukses Makmur Tbk using qualitative analysis methods between 2020 and 2022. Financial ratio analysis considers activity, profitability, solvency, and liquidity. The results show that in 2022, liquidity increased significantly while solvency decreased. Activity showed an increase after a decline in 2021, while profitability decreased each year. The findings show that financial ratio results were generally stronger in 2020 compared to subsequent years. This study offers new insights into the importance of using financial ratios to assess a company's financial health, thereby increasing understanding of their relevance in making business decisions.</em></p>Restu Frandana Putra, Evi Zahroh Almufidah, Chairil Anwar
Copyright (c) 2024 Nusantara Entrepreneurship and Management Review
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0
https://journal.unusida.ac.id/index.php/nemr/article/view/1436Tue, 24 Sep 2024 00:00:00 +0700Pengaruh Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian dengan Word of Mouth (WOM) Sebagai Variabel Moderating
https://journal.unusida.ac.id/index.php/nemr/article/view/1364
<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dan menguji apakah variabel moderasi mampu memperkuat hubungan antara variabel independen terhadap variabel dependen. Variabel independen pada penelitian ini ialah Produk dan Harga, variabel dependennya ialah Keputusan Pembelian serta <em>Word of Mouth</em> (WOM) yang berperan sebagai variabel moderasi. Metode yang digunakan ialah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang dipergunakan adalah Non-Probability Sampling dengan pendekatan purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode Moderation Regression Analysis (MRA) yang dibantu oleh aplikasi analisis data SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk dan harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, serta Word of Mouth memoderasi secara kuat hubungan antara produk dan harga terhadap keputusan pembelian di UD Farida Jaya Plastik.</p> <p><em>This research aims to analyze the influence of the independent variable on the dependent variable and to test whether the moderating variable can strengthen the relationship between the independent variable and the dependent variable. The independent variables in this research are Product and Price, the dependent variables are Purchasing Decisions and Word of Mouth (WOM) which act as moderating variables. This research used a quantitative method. The sampling on data collection technique was a Non-Probability Sampling with a purposive sampling approach. The total of the sample was 100 respondents. This research used the Moderation Regression Analysis (MRA) method which was assisted by the SPSS 22 data analysis application. The results of the study show that product and price partially have a positive and significant effect on purchasing decisions, and Word of Mouth strongly moderates the relationship between product and price on purchasing decisions at UD Farida Jaya Plastik.</em></p>Vikrul Aula, Rahayu Rahayu, Toto Heru Dwihandoko
Copyright (c) 2024 Nusantara Entrepreneurship and Management Review
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0
https://journal.unusida.ac.id/index.php/nemr/article/view/1364Mon, 30 Sep 2024 00:00:00 +0700