Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Mengajar Bahasa Inggris

Authors

  • Laivia Corilla Nisa Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Ana Christanti Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.55732/mbkm.v1i2.1366

Keywords:

Critical Thinking, English Teaching, Problem Based Learning

Abstract

Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pengajaran bahasa Inggris sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan bahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji literatur yang ada dan mengevaluasi efektivitas PBL dalam pengajaran bahasa Inggris. Metode yang digunakan adalah kualitatif, dan menganalisis berbagai penelitian yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL secara signifikan meningkatkan keterampilan berpikir kritis, motivasi, keterlibatan siswa, dan keterampilan bahasa Inggris. Penelitian ini memberikan kontribusi dengan memberikan wawasan tentang manfaat dan tantangan dalam penerapan PBL, serta memberikan rekomendasi praktis untuk penerapan yang lebih efektif. Dengan demikian, penelitian ini memberikan landasan yang kuat untuk pengembangan metode pengajaran yang lebih inovatif dan efektif dalam pendidikan bahasa Inggris.

Implementation of Problem Based Learning (PBL) learning model in teaching English as an effort to improve the quality of language education. The purpose of this study is to review the existing literature and evaluate the effectiveness of PBL in teaching English. The method used is qualitative, and it analyzes various relevant studies. The results of the study indicate that PBL significantly improves critical thinking skills, motivation, student engagement, and English language skills. This study contributes by providing insight into the benefits and challenges of implementing PBL, as well as providing practical recommendations for more effective implementation. Thus, this study provides a strong foundation for the development of more innovative and effective teaching methods in English education.

References

Asitah, N., & Ismafitri, R. (2021). Product based learning. UNUSIDA PRESS. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=4FZrEAAAQBAJ

Dewi, E. G. A., Alam, H. S., & Redioka, A. A. N. (2023). Efektivitas PBL dengan Pendekatan Flipped Learning dalam Mata Kuliah Bahasa Inggris. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5847–5853. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2182

Estrini, D. (2021). Penerapan Genre Based Approach (GBA) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Smpn 1 Panimbang. TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 1(1), 96–101. https://doi.org/10.51878/teacher.v1i1.544

Fasha, A. K., Na’imah, N., & Suyadi, S. (2023). Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Di Tk Kids Garden Al-Mabrur Bandung. Jurnal Usia Dini, 9(3), 391. https://doi.org/10.24114/jud.v9i3.55413

Ikawati, W. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa dengan Menggunakan Metode Problem Based Learning. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 14(2), 186–193. https://doi.org/10.37640/jip.v14i2.1567

Indriani, L. (2022). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 1(1), 15–22. https://doi.org/10.56916/jipi.v1i1.116

Maulana, F. I., & Purnomo, A. (2021). Development of Virtual Reality Application to Increase Student Learning Motivation with Interactive Learning in Vocational Education. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1071(1), 012019. https://doi.org/10.1088/1757-899X/1071/1/012019

Napitupulu, D., Windarto, A. P., Wanto, A., Simarmata, J., Purnomo, A., Bachtiar, E., Abdillah, L. A., Sinambela, M., Kusuma, A. H. P., Muharlisiani, L. T., Ramadhani, Y. R., & Nofriansyah, D. (2020). Menulis Artikel Ilmiah untuk Publikasi. Yayasan Kita Menulis. https://kitamenulis.id/2020/06/15/menulis-artikel-ilmiah-untuk-publikasi/

Supatmi, R., Suhendra, H., Andriani, S., Azwar, R., & Mandasari, E. (2024). Analisis Literature Review pada Merdeka Belajar Kampus Merdeka sebagai Catalyst untuk Inovasi Pedagogi dalam Pendidikan Bahasa Inggris. Merdeka Belajar Kampus Merdeka, 1(1), 46–51. https://doi.org/https://doi.org/10.55732/mbkm.v1i1.1180

Ulya, N., Rohman, U., & Prayogo, P. (2023). Pengaruh Model Problem-Based Learning dengan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 9903–9909. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2733

Wati, E., Musthafa, B., & Setyarini, S. (2021). Persepsi dan Praktik Guru Sekolah Dasar dalam Menggunakan Video untuk Mengajar Bahasa Inggris dalam Pembelajaran Blended learning. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(3), 96–109. https://doi.org/10.17509/jpp.v21i3.43177

Wilian, S., Fitriana, E., Amin, M., & Isnaini, M. (2021). Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Pengajaran Interaktif menggunakan Ungkapan-ungkapan Khas Bahasa Inggris di Kelas. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 1(2), 70–79. https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v1i2.562

Downloads

Published

15-07-2024

How to Cite

Nisa, L. C., & Christanti, A. . (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Mengajar Bahasa Inggris. Merdeka Belajar Kampus Merdeka, 1(2), 58–62. https://doi.org/10.55732/mbkm.v1i2.1366