Analisis Literature Review pada Merdeka Belajar Kampus Merdeka sebagai Catalyst untuk Inovasi Pedagogi dalam Pendidikan Bahasa Inggris

Authors

  • Rara Supatmi Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Hasan Suhendra Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Sari Andriani Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara
  • Raisa Azwar Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat
  • Erina Mandasari Institut Sains dan Teknologi Nahdlatul Ulama Bali

DOI:

https://doi.org/10.55732/mbkm.v1i1.1180

Keywords:

Inovasi Pendidikan, MBKM, Pendidikan Bahasa Inggris, Teknologi dalam Pembelajaran, Education Innovation, English Education, Technology in Learning

Abstract

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan katalisator untuk inovasi pedagogi dalam pendidikan Bahasa Inggris di perguruan tinggi Indonesia, di tengah tantangan adaptasi metode pengajaran yang lebih fleksibel dan responsif terhadap kebutuhan era digital. Tujuannya adalah untuk menilai dampak program MBKM terhadap pengembangan dan implementasi inovasi pedagogi dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan literatur sistematis, yang melibatkan pengumpulan, evaluasi, dan sintesis dari studi terdahulu yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MBKM telah mendorong penerapan berbagai inovasi pedagogi, termasuk penggunaan teknologi digital, metode pembelajaran berbasis proyek, dan peningkatan partisipasi mahasiswa.

 

The Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) program is a catalyst for pedagogical innovation in English language education in Indonesian higher education, amidst the challenges of adapting teaching methods that are more flexible and responsive to the needs of the digital era. The aim is to assess the impact of the MBKM program on the development and implementation of pedagogical innovations in English language learning. The research method used is a systematic literature review, which involves the collection, evaluation, and synthesis of relevant previous studies. The results show that MBKM has encouraged the implementation of various pedagogical innovations, including the use of digital technology, project-based learning methods, and increased student participation.

References

Agiharta, K.F. and Suteja, B.R. (2024) ‘Pemanfaatan SPARQL Dalam Pencarian Data Alih Kredit Merdeka Belajar Kampus Merdeka’, Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 9(3). Available at: https://doi.org/10.28932/jutisi.v9i3.6742.

Anam, F. et al. (2023) ‘Reflections on 4F Model Learning for Professionalism Development of Prospective Teachers: Evidence from Teacher Professional Education’, Journal of Education Research, 4(4), pp. 2498–2510. Available at: https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/740.

Arna Putri, G.A.M. (2019) ‘Pengaruh Metode Pembelajaran E-Learning dan Snowball Throwing Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di Kelas Kalkulus Institut Teknologi dan Bisnis Stikom Bali’, Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(2), p. 103. Available at: https://doi.org/10.21580/square.2019.1.2.4265.

Astawa, N.L.N.S.P., Fredlina, K.Q. and Suminiasih, N.L. (2020) ‘Sosialisasi dan Pelatihan Model Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Proyek dalam Kondisi Pembelajaran Jarak Jauh’, Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), p. 402. Available at: https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3118.

Christanti, A. et al. (2021) ‘E-Learning Platform to Assess Students ’ Performance in Industrial Revolution 4 . 0’, pp. 4060–4067.

DISTIRISTEK, D.J.P.T.R. dan T. (2024) Kampus Mengajar. Available at: https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/.

Fajrillah et al. (2020) MOOC: Platform Pembelajaran Daring di Abad 21. Yayasan Kita Menulis.

Faridi, A. (2009) ‘Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Ict Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan’, Lembaran Ilmu Kependidikan, 38(1), pp. 59–67.

Firdaus, M. et al. (2022) ‘Mapping of Linguistic Diversity Research Themes: A Review’, Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, pp. 749–758. Available at: https://ieomsociety.org/proceedings/2021dhaka/458.pdf.

Hananuraga, R. (2022) ‘Peranan Pendidikan Bahasa Inggris Bagi Perkembangan Ilmu Lainnya’, Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(107), pp. 273–286.

Haryadi, R.N. et al. (2023) ‘Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris’, Jurnal Informatika Utama, 1(1), pp. 28–35. Available at: https://doi.org/10.55903/jitu.v1i1.76.

Istiqoma, M. and Nani, T.P. (2020) ‘Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) untuk Pembelajaran Bahasa Inggris’, Pawon: Jurnal Arsitektur, 4(01), pp. 101–116. Available at: https://doi.org/10.36040/pawon.v4i01.2350.

Mulyana, M. et al. (2022) ‘Evaluasi Dampak Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Bidang Studi Akuakultur’, EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), pp. 1551–1564. Available at: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2182.

Nafisah, S. (2022) ‘Analisis Kinerja Logika Boolean untuk Pencarian Informasi pada Online Public Access Catalog (OPAC) Perpustakaan’, AITI: Jurnal Teknologi Informasi, 19(1), pp. 48–66. Available at: https://doi.org/10.24246/aiti.v19i1.48-66.

Napitupulu, D. et al. (2020) Menulis Artikel Ilmiah untuk Publikasi. Yayasan Kita Menulis.

Nasarudin (2024) Inovasi Pendidikan Gagasan dan Konsep. Yayasan Kita Menulis.

Nawawi, M. et al. (2021) ‘The Multiliteracy Pedagogy for Teaching Speaking To Enhance The Students’ Higher Order Thinking Skills (HOTS)’, in Proceedings of the 4th BASA: International Seminar on Recent Language, Literature and Local Culture Studies, BASA, November 4th 2020, Solok, Indonesia. EAI. Available at: https://doi.org/10.4108/eai.4-11-2020.2314187.

Oksari, A.A. et al. (2022) ‘Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Biologi Universitas Nusa Bangsa’, Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 5(1), pp. 78–85. Available at: https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1556.

Rodiyah, R. (2021) ‘Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Era Digital dalam Menciptakan Karakter Mahasiswa Hukum yang Berkarakter dan Profesional’, Jurnal Nasional Hukum, 7(2), pp. 425–434.

Saptadi, N.T.S. et al. (2024) Revolusi Pendidikan: Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Edited by S. Nurmela. Banten: SADA Kurnia Pustaka.

Simarmata, J. et al. (2019) Inovasi Pendidikan lewat Transormasi Digital. Yayasan Kita Menulis.

Sumilat, E. feibe, Kambey, J. and Elean, J. (2023) ‘Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik dalam Mata Pelajaran Ekonomi melalui Metode Problem Based Learning (PBL) pada Kelas XI SMAN 1 Tabut Tahun 2022-2023’, Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2s), pp. 277–288. Available at: https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8148.

Uny (2019) ‘Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program Studi Pendidikan Kriya’, 01(07), pp. 76–90.

Utami, A.D.W. et al. (2021) ‘Student Centered Learning and Flipped Classroom of Lesson Study: A Case Study in Higher Education’, Middle European Scientific Bulletin, 14. Available at: https://doi.org/10.47494/mesb.2021.14.662.

Veranty, A. et al. (2023) ‘Mempertahankan Jati Diri Identitas Nasional Di Era Globalisasi Dan Digitalilasi’, Pendidikan dan Ilmu Sosial |, 1(1), pp. 62–70. Available at: http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tips.

Wasilah, K. (2023) ‘Penerapan Metode Pakem (Pembelajaran Aktif, Kreatif, ‎Efektif, Menyenangkan) di Madrasah’, Journal Creativity, 1(1), pp. 29–40. Available at: https://doi.org/10.62288/creativity.v1i1.6.

Yusri, Y. (2016) ‘Pengaruh Penggunaan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas X di SMAN I Dekai Kabupaten Yahukimo’, ILKOM Jurnal Ilmiah, 8(1), pp. 49–56. Available at: https://doi.org/10.33096/ilkom.v8i1.22.49-56.

Downloads

Published

14-03-2024

How to Cite

Supatmi, R., Suhendra, H. ., Andriani , S., Azwar, R. ., & Mandasari, E. . (2024). Analisis Literature Review pada Merdeka Belajar Kampus Merdeka sebagai Catalyst untuk Inovasi Pedagogi dalam Pendidikan Bahasa Inggris. Merdeka Belajar Kampus Merdeka, 1(1), 46–51. https://doi.org/10.55732/mbkm.v1i1.1180