Catatan Implementasi Program Asistensi Mengajar di Lembaga Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.55732/mbkm.v1i1.1161Keywords:
Asisten Mengajar, Kampus Merdeka, MBKM, Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Tanggulangin, Penelitian TindakanAbstract
Implementasi program Asistensi Mengajar dianggap mendorong kemandirian siswa, partisipasi aktif dalam pembelajaran, dan transformasi paradigma pendidikan di Indonesia. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mengimplementasi dan menganalisis peran serta dampak mahasiswa dalam program Asistensi Mengajar terhadap peningkatan kompetensi di lembaga pendidikan. Kajian ini menggunakan studi kasus tunggal di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Tanggulangin, Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan dengan partisipasi guru dan siswa sebagai subjek utama. Catatan hasil penelitian menunjukkan keterlibatan mahasiswa dalam implementasi Asistensi Mengajar dapat berperan dalam peningkatan kompetensi lembaga pendidikan dengan menginspirasi perkembangan cara siswa belajar.
The implementation of the Teaching Assistance program is considered to encourage student independence, active participation in learning, and the transformation of the education paradigm in Indonesia. This study aims to identify, implement and analyze the role and impact of students in the Teaching Assistance program on improving competence in education institution. This study uses a single case study in Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Tanggulangin, Sidoarjo. The research notes show that student involvement in the implementation of Teaching Assistance can play a role in improving the competence of educational institutions by inspiring the development of the way students learn.
References
Anam, F. et al. (2021) ‘Do STAD Learning Method Can Improve Students’ Learning Outcomes on Social Science?’, Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 4(1), pp. 37–51. Available at: https://doi.org/10.33367/ijies.v4i1.1490.
Asitah, N., Anam, F. and Purnomo, A. (2022) ‘Kajian Tingkat Kompleksitas Masalah Pada Buku Pembelajaran Matematika Berbasis Taksonomi Solo’, Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 1(2), pp. 109–118. Available at: https://doi.org/10.55732/jmpd.v1i2.13.
Assabilah, A.D. and Murni, A.W. (2023) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif JERA pada Mata Pelajaran PPKn Materi Mengenal Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari Kelas V SDN Sumokali Candi’, Nusantara Educational Review, 1(1), pp. 15–22. Available at: https://doi.org/10.55732/ner.v1i1.996.
Atikah, N. and Resisca, Y. (2021) ‘Peningkatan Mutu Pendidikan Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar (SD)’, Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), pp. 1–9. Available at: https://doi.org/10.24036/pedagogi.v21i1.1034.
Bistari (2017) ‘Kajian Metode Ekspositori-Model Pembelajaran Langsung dan Model Pembelajaran Kooperatif’, Jurnal Pembelajaran Prospektif, 2(2), pp. 131–138.
Christanti, A. et al. (2021) ‘E-Learning Platform to Assess Students ’ Performance in Industrial Revolution 4 . 0’, pp. 4060–4067.
Fajrillah et al. (2020) MOOC: Platform Pembelajaran Daring di Abad 21. Yayasan Kita Menulis.
Firdaus, M. et al. (2022) ‘Mapping of Linguistic Diversity Research Themes: A Review’, Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, pp. 749–758. Available at: https://ieomsociety.org/proceedings/2021dhaka/458.pdf.
Hardia, L. et al. (2023) ‘Evaluasi Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)’, Jurnal Pendidikan, 11(2), pp. 326–337. Available at: https://doi.org/10.36232/pendidikan.v11i2.2852.
Hidayati, M., Sulistiono, M. and Ertanti, D.W. (2023) ‘Implementasi Pendidikan Karakter Kemandirian dalam Kegiatan Ekstakurikuler Pramuka pada Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah’, Jurnal pendidikan madrasah ibtidaiyah, Vol. 5, pp. 109–118.
Marwiji, H., Qomaruzzaman, B. and Zaqiah, Q.Y. (2023) ‘Inovasi Dalam Bidang Kurikulum: Merdeka Belajar, Kampus Merdeka dan Penerapannya’, Journal Educatio, 9(4), pp. 2194–2203. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6283.
Mastuti, R. et al. (2020) TEACHING FROM HOME: dari Belajar Merdeka menuju Merdeka Belajar. Edited by Janner Simarmata. Yayasan Kita Menulis. Available at: https://kitamenulis.id/2020/03/31/teaching-from-home-dari-belajar-merdeka-menuju-merdeka-belajar/.
Maulana, F.I. et al. (2021) ‘Augmented Reality Technology ReAR Contribution to The Student Interest in High Schools Pontianak Indonesia’, in 2021 3rd International Conference on Cybernetics and Intelligent System (ICORIS). IEEE, pp. 1–4. Available at: https://doi.org/10.1109/ICORIS52787.2021.9649492.
Mayasari, I. et al. (2022) ‘Monitoring Dan Evaluasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Sebagai Peningkatan Kualitas Pendidikan di Tingkat Fakultas: Studi Pada Universitas Paramadina’, Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani, 4(1), pp. 1–11. Available at: https://doi.org/10.51353/jmbm.v4i1.577.
Napitupulu, D. et al. (2020) Menulis Artikel Ilmiah untuk Publikasi. Yayasan Kita Menulis. Available at: https://kitamenulis.id/2020/06/15/menulis-artikel-ilmiah-untuk-publikasi/.
Nawawi, M., Laili, M. and Christanti, A. (2022) ‘Analysis of Students’ 4C Skills Based on the Pedagogy Multiliteracies Model’, Jurnal Scientia, 10(2), pp. 233–241. Available at: http://seaninstitute.org/infor/index.php/pendidikan/article/view/289.
Nsafe, E. et al. (2023) ‘Prosiding National Seminar on Accounting , Finance , Peranan Mahasiswa Asistensi Mengajar Dalam Aktivitas Pembelajaran Akuntansi di SMK PGRI 2 Malang’, in Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE), pp. 1–6.
Rachmawati, T.K. (2018) ‘Pengaruh Metode Ekspositori pada Pembelajaran Matematika Dasar Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam’, Jurnal Pendidikan Edutama, 5(1), p. 51. Available at: https://doi.org/10.30734/jpe.v5i1.130.
Rohman, M.A. et al. (2024) ‘Peranan Mahasiswa dalam Membentuk Desa Wisata Gisik Cemandi sebagai Destinasi Pariwisata di Kecamatan Sedati, Sidoarjo’, Nusantara Community Empowerment Review, 2(1), pp. 125–132.
Sofiyana, M.S. et al. (2021) PANCASILA , Merdeka Belajar dan Kemerdekaan Pendidik. Edited by Ciq. Dr. Hayat, S.A.P., M.Si. Malang: UNISMA PRESS. Available at: https://books.google.co.id/books?id=oy1fEAAAQBAJ.
Subroto, D.E. et al. (2023) ‘Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia’, Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), pp. 473–480. Available at: https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Merdeka Belajar Kampus Merdeka
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.