Strategi Peningkatan Kompetensi Pendidikan di SDN Penatar Sewu: Peranan Aktif Mahasiswa Kampus Mengajar
DOI:
https://doi.org/10.55732/mbkm.v1i1.1152Abstract
Mahasiswa diharapkan dapat berperan dalam peningkatan kompetensi pendidikan melalaui program Kampus. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mengimplementasi dan menganalisis peran serta dampak mahasiswa dalam program Kampus Mengajar terhadap peningkatan kompetensi di Sekolah Dasar. Studi ini menggunakan metode penelitian tindakan dengan studi kasus di SDN Penatar Sewu. Riset ini menggunakan analisis deskriptif eksplanatori. Temuan menunjukkan bahwa mahasiswa memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui metode inovatif dan interaktif, termasuk pengembangan literasi dan numerasi. Integrasi antara teori dan praktik, serta kolaborasi antar-sektor dianggap penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan inklusif. Program ini berhasil meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi siswa, serta memberikan pendekatan pembelajaran yang lebih inovatif dan interakti terhadap lingkungan belajar yang lebih dinamis.
Students are expected to play a role in improving educational competence through the Teaching Campus program. This study aims to identify, implement and analyze the role and impact of students in the Teaching Campus program on improving competence in elementary schools. This study uses an action research method with a case study at SDN Penatar Sewu. This research used explanatory descriptive analysis. Findings show that students make a significant contribution to improving the quality of learning through innovative and interactive methods, including literacy and numeracy development. The integration of theory and practice, as well as inter-sectoral collaboration, is considered important in creating an effective and inclusive learning environment. The programsucceeded in improving students' literacy and numeracy skills, as well as providing more innovative and interactive learning approaches towards a more dynamic learning environment.
References
Alawi, D. et al. (2022) ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pasca Pandemi Covid-19’, EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), pp. 5863–5873. Available at: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3531.
Aleydia, G.V. (2019) ‘Upaya Peningkatan Soft Skills Siswa melalui Pembelajaran Abad 21 di SMK Tamansiswa Sukoharjo’, pp. 1–10.
Anam, F. et al. (2023) ‘Reflections on 4F Model Learning for Professionalism Development of Prospective Teachers: Evidence from Teacher Professional Education’, Journal of Education Research, 4(4), pp. 2498–2510. Available at: https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/740.
Anggraini, A.A. and Saputra, E.R. (2023) ‘Implementasi Pengembangan Infografis Terintegrasi sebagai Media dan Suplemen Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar’, Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(2), pp. 617–638. Available at: https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i2.920.
Bistari (2017) ‘Kajian Metode Ekspositori-Model Pembelajaran Langsung dan Model Pembelajaran Kooperatif’, Jurnal Pembelajaran Prospektif, 2(2), pp. 131–138.
Firdaus, M. et al. (2022) ‘Mapping of Linguistic Diversity Research Themes: A Review’, Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, pp. 749–758. Available at: https://ieomsociety.org/proceedings/2021dhaka/458.pdf.
Hardia, L. et al. (2023) ‘Evaluasi Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)’, Jurnal Pendidikan, 11(2), pp. 326–337. Available at: https://doi.org/10.36232/pendidikan.v11i2.2852.
Kristiawan, M. (2019) ‘Agenda: Outcome-Based Education (OBE) Ekosistem Pembelajaran Inovatif dan Strategi Inovasi Pengembangan MBKM’.
Lestari, S., Fatonah, K. and Halim, A. (2022) ‘Mewujudkan Merdeka Belajar: Studi Kasus Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Swasta di Jakarta’, Jurnal Basicedu, 5(6), pp. 6426–6438. Available at: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1679.
Maulana, F.I. et al. (2021) ‘Augmented Reality Technology ReAR Contribution to The Student Interest in High Schools Pontianak Indonesia’, in 2021 3rd International Conference on Cybernetics and Intelligent System (ICORIS). IEEE, pp. 1–4. Available at: https://doi.org/10.1109/ICORIS52787.2021.9649492.
Mayasari, I. et al. (2022) ‘Monitoring Dan Evaluasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Sebagai Peningkatan Kualitas Pendidikan di Tingkat Fakultas: Studi Pada Universitas Paramadina’, Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani, 4(1), pp. 1–11. Available at: https://doi.org/10.51353/jmbm.v4i1.577.
Napitupulu, D. et al. (2020) Menulis Artikel Ilmiah untuk Publikasi. Edited by T. Limbong. medan: Yayasan Kita Menulis.
Nasrulhaq, N. et al. (2022) ‘Diseminasi Kebijakan Pendidikan melalui Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Makassar Indonesia’, Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), pp. 21–29. Available at: https://doi.org/10.37329/cetta.v5i1.1563.
Nawawi, M., Laili, M. and Christanti, A. (2022) ‘Analysis of Students’ 4C Skills Based on the Pedagogy Multiliteracies Model’, Jurnal Scientia, 10(2), pp. 233–241. Available at: http://seaninstitute.org/infor/index.php/pendidikan/article/view/289.
Nur Islami, A. and Imron, M. (2023) ‘Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 6 dalam Meningkatkan Teknologi di SD Negeri 2 Sanggreman’, JEID: Journal of Educational Integration and Development, 3(4), pp. 256–271. Available at: https://doi.org/10.55868/jeid.v3i4.324.
Nurfatimah, S.A., Hasna, S. and Rostika, D. (2022) ‘Membangun Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (SDGs)’, Jurnal Basicedu, 6(4), pp. 6145–6154. Available at: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3183.
Nurhasanah, A., Pribadi, R.A. and Ismawati, F. (2022) ‘Penerapan Metode Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Belajar Siswa di Sekolah Dasar’, Jurnal Ilmiah Telaah, 7(1), p. 20. Available at: https://doi.org/10.31764/telaah.v7i1.6694.
Qadir, A. et al. (2022) ‘Pentingnya Pendidikan Bagi Generas Muda Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan’, Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(11), pp. 1023–1033. Available at: https://doi.org/10.59141/japendi.v3i11.1289.
Rachmawati, T.K. (2018) ‘Pengaruh Metode Ekspositori pada Pembelajaran Matematika Dasar Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam’, Jurnal Pendidikan Edutama, 5(1), p. 51. Available at: https://doi.org/10.30734/jpe.v5i1.130.
Rohman, M.A. et al. (2024) ‘Peranan Mahasiswa dalam Membentuk Desa Wisata Gisik Cemandi sebagai Destinasi Pariwisata di Kecamatan Sedati, Sidoarjo’, Nusantara Community Empowerment Review, 2(1), pp. 125–132.
Syaiful, A. (2023) ‘Peran Mahasiswa sebagai Agen Perubahan di Masyarakat’, Journal of Instructional and Development Researches, 3(1), pp. 29–34. Available at: https://doi.org/10.53621/jider.v3i1.102.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Merdeka Belajar Kampus Merdeka
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.