Asistensi Mengajar untuk Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Studi Kasus Madrasah Aliyah Bilingual Muslimat Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Authors

  • Nuzula Firdausi Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Ana Christanti Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.55732/mbkm.v1i1.1149

Keywords:

Asistensi Mengajar, Kampus Merdeka, MBKM, MA Bilingual Muslimat NU Sidoarjo, Penelitian Tindakan

Abstract

Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan wujud pembelajaran di perguruan tinggi yang otonom dan fleksibel sehingga tercipta kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dengan melibatkan mahasiswa secara aktif sebagai asisten mengajar di sekolah. Studi ini menggunakan metode penelitian Tindakan dengan pengajaran instruksional langsung. Studi ini menggunakan analisis deskriptif eksplanatori. Kegiatan asistensi mengajar telah memberikan wawawan dan rasa tanggung jawab sebagai calon tenaga pendidik atau guru dalam pengelolaan dan proses pembelajaran di sekolah, memberikan pengalaman pendidikan yang dapat meningkatkan kemampuan atau profesionalisme sebagai calon tenaga pendidik atau guru di bidang kependidikan.

Merdeka Belajar Kampus Merdeka is a form of learning in universities that is autonomous and flexible so as to create a learning culture that is innovative, not restrictive, and in accordance with student needs. This study aims to improve the quality of education in Indonesia by actively involving students as teaching assistants in schools. This study uses the Action research method with direct instructional teaching. The study used explanatory descriptive analysis. Teaching assistance activities have provided insight and a sense of responsibility as prospective educators or teachers in the management and learning process at school, providing educational experiences that can improve abilities or professionalism as prospective educators or teachers in the field of education.

References

Abdurahman et al. (2022) ‘Peningkatan Kemampuan Literasi Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2 2021’, Jurnal Abdimas Serawai, 2(2), pp. 53–60. Available at: https://doi.org/10.36085/jams.v2i2.4611.

Afia, N. and Laili, M. (2023) ‘Developing a Corpus-Based English Vocabulary Dictionary using The ADDIE Model’, Nusantara Educational Review, 1(1), pp. 56–62. Available at: https://doi.org/10.55732/ner.v1i1.1024.

Anam, F. et al. (2020) ‘Kesiapan PTNU dalam Implementasi Sistem e-Learning Menggunakan ELR Model’, Unusida Press [Preprint].

Anugrah, T.M.F. (2021) ‘Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1’, AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(3), pp. 38–47. Available at: https://doi.org/10.54783/jin.v3i3.458.

Bistari (2017) ‘Kajian Metode Ekspositori-Model Pembelajaran Langsung dan Model Pembelajaran Kooperatif’, Jurnal Pembelajaran Prospektif, 2(2), pp. 131–138.

Cahya, O.D., Mumpuni, S.D. and Apriatama, D. (2022) ‘Implementasi Kampus Mengajar Angkatan I di Sekolah Dasar’, Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 3(02), pp. 93–99. Available at: https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i02.656.

Christanti, A. et al. (2021) ‘E-Learning Platform to Assess Students ’ Performance in Industrial Revolution 4 . 0’, pp. 4060–4067.

Firdaus, M. et al. (2022) ‘Mapping of Linguistic Diversity Research Themes: A Review’, Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, pp. 749–758. Available at: https://ieomsociety.org/proceedings/2021dhaka/458.pdf.

Kampus Merdeka (2023) Program Medeka Belajar Kampus Merdeka, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Available at: https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/web/about/latar-belakang.

Kurniasari, S. et al. (2023) ‘Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 3 Sebagai Wujud Kontribusi Belajar Sambil Berdampak’, Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 4(1), pp. 17–27. Available at: https://doi.org/10.52060/jppm.v4i1.1061.

Lestari, S., Fatonah, K. and Halim, A. (2022) ‘Mewujudkan Merdeka Belajar: Studi Kasus Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Swasta di Jakarta’, Jurnal Basicedu, 5(6), pp. 6426–6438. Available at: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1679.

Mastuti, R. et al. (2020) TEACHING FROM HOME: dari Belajar Merdeka menuju Merdeka Belajar. Edited by Janner Simarmata. kitamenulis.id. Available at: https://kitamenulis.id/2020/03/31/teaching-from-home-dari-belajar-merdeka-menuju-merdeka-belajar/.

Maulana, F.I. et al. (2023) ‘Applied artificial intelligence in healthcare research with bibliometric approach’, in, p. 020002. Available at: https://doi.org/10.1063/5.0183065.

Mudrikah, S. and Pahlevianur, M.R. (2021) Perencanaan Pembelajaran Di Penerbitan Sekolah Teori Dan Implementasi., Pradina Pustaka. Available at: https://doi.org/10.31237/osf.io/mrqs8.

Najicha, B. and Aini, N. (2023) ‘Optimalisasi Hasil Belajar Pendidikan Bahasa Indonesia: Peran Media Pembelajaran Pagape terhadap Pemahaman Perubahan Wujud Benda’, Nusantara Educational Review, 1(1), pp. 33–42. Available at: https://doi.org/10.55732/ner.v1i1.1002.

Nawawi, M., Laili, M. and Christanti, A. (2022) ‘Analysis of Students’ 4C Skills Based on the Pedagogy Multiliteracies Model’, Jurnal Scientia, 10(2), pp. 233–241. Available at: http://seaninstitute.org/infor/index.php/pendidikan/article/view/289.

OECD (2019) PISA 2018 Results (Volume I). French, German: OECD (PISA). Available at: https://doi.org/10.1787/5f07c754-en.

Rachmawati, T.K. (2018) ‘Pengaruh Metode Ekspositori pada Pembelajaran Matematika Dasar Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam’, Jurnal Pendidikan Edutama, 5(1), p. 51. Available at: https://doi.org/10.30734/jpe.v5i1.130.

Shofiroh, N. et al. (2023) ‘Kegiatan Berbasis Pendidikan Sebagai Upaya Khidmah Kepada Masyarakat di Desa Sumokali’, Nusantara Community Empowerment Review, 1(2), pp. 81–86. Available at: https://doi.org/10.55732/ncer.v1i2.976.

Tarisa, T., Hilyana, F.S. and Arsyad Fardani, M. (2022) ‘Implementasi Kampus Mengajar Untuk Menanamkan Literasi Baca Tulis Siswa Sekolah Dasar’, Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), pp. 758–766. Available at: https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.348.

Downloads

Published

18-01-2024

How to Cite

Firdausi, N., & Christanti, A. . (2024). Asistensi Mengajar untuk Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Studi Kasus Madrasah Aliyah Bilingual Muslimat Nahdlatul Ulama Sidoarjo . Merdeka Belajar Kampus Merdeka, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.55732/mbkm.v1i1.1149