ISLAMISASI SAINS MELALUI INTEGRASI AYAT-AYAT KAUNIYAH DALAM PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR
Keywords:
Islamisasi sains, Integrasi ayat kauniyah, Pembelajaran IPAAbstract
Penelitian ini membahas integrasi ayat-ayat kauniyah dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar sebagai bagian dari upaya Islamisasi sains. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan bahwa ilmu pengetahuan dan agama dapat saling melengkapi serta memperkaya pemahaman siswa tentang fenomena alam dengan perspektif spiritual. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan studi kepustakaan. Data dikumpulkan dari berbagai sumber pustaka yang membahas konsep Islamisasi sains, ayat-ayat kauniyah dalam Al-Qur’an, serta relasinya dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ayat-ayat kauniyah dalam Al-Qur’an dapat dikaitkan dengan berbagai konsep dalam IPA, seperti penciptaan alam semesta, ekosistem, energi, dan perubahan materi. Integrasi ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep ilmiah, tetapi juga memperkuat kesadaran mereka akan kebesaran Sang Pencipta.
References
Abunittaka. (2005). Integrasi Ilmu Agama dan Ilmu Umum. Raja Grafindo Persada.
Alfiansyah, I. M. (2021). Islamisasi Sains Perspektif Ismail Raji’ Al Faruqi sebagai Upaya Mengintegrasikan Sains dan Ilmu Agama. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 3, 138–146.
Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research) Kajian Filosofis, Teoretis, Aplikasi, Proses, dan Hasil Penelitian. Literasi Nusantara Abadi.
Ikhwan, A. (2014). Integrasi Pendidikan Islam (Nilai-Nilai Islami dalam Pembelajaran). Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2). https://doi.org/10.21274/taalum.2014.2.02.179-194
Latifah, S., & Ratnasari, R. (2016). Pengembangan Modul IPA Terpadu Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an pada Materi Tata Surya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1), 25–33. https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i1.1150
Munir, M. (2021). Integrasi Bidang-Bidang Ilmu (Sumber Ilmu dan Obyeknya). Jurnal Studi Islam: Pancawahana, 16(1), 96–113. http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/pwahana/article/view/4329
Muspiroh, N. (2013). INTEGRASI NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN IPA (Perspektif Pendidikan Islam). XXVIII(3), 484–498.
Naim, M. (2001). Kompendium Himpunan Ayat-ayat Al-Qur’an yang Berkaitan dengan Biologi dan Kedokteran. Hasanah.
Purwanto, A. (2008). Ayat-ayat Semesta: Sisi Al-Qur’an yang Terlupakan. Mizan.
Rosadisastra, A. (2014). Tafsir Ayat Kauniyah: Relasi Metode Saintifik dengan Tafsir Al-Qur’an. Cahaya Minolta.
Rusydi, A. (2018). Tafsir Ayat Kauniyah. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 9(17). https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.56
Salminawati, S., & Azhar, M. (2021). Urgensi Islamisasi Sains. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 5(2), 228. https://doi.org/10.30821/ansiru.v5i2.11007
Sanusi, S. (1987). Integrasi Umat Islam. Iqomatuddin.
Shihab, M. Q. (1994). Membumikan al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Mizan.
Shihab, M. Q. (1998). Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Umat. Mizan.
Shofa, M., Nailufa, L. E., & Haqiqi, A. K. (2020). Pembelajaran IPA Terintegrasi Al-Quran dan Nilai-Nilai Pesantren. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 2(1), 81. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v2i1.1928
Sholihah, N., & Kartika, I. (2018). Pengembangan Modul Ipa Terintegrasi Dengan Ayat Al Qur’an dan Hadis. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 12–22. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i2
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Syamsuddin, A. M. (2012). Integrasi Multidimensi Agama dan Sains Analisis Sains Islam Al-Attas dan Mehdi Golshani. Ircisod.
Yusuf, M. Y. (2015). PESANTREN SAINS : Epistemology of Islamic Science in Teaching System. Walisongo, 23(November), 283–310.
Zulfa, S. (2022). Integrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an dalam Pembelajaran Sains. NIHAIYYAT: Journal of Islamic Interdisciplinary Studies, 1(2), 141–152. https://ejournal.tmial-amien.sch.id/index.php/nihaiyyat/index
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Madrasah Ibtidaiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Madrasah Ibtidaiyah memiliki hak penerbitan artikel, adapun isi konten artikel sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis