IMPLIKASI APLIKASI TIK TOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Keywords:
bahasa indonesia, media pembelajaran, TikTokAbstract
Kemajuan pesat ilmu pengetahuan dan teknologi di era revolusi industry 5.0 sangat
mempengaruhi aspek kehidupan manusia termasuk pendidikan. Pendidikan harus
mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Memanfaatkan media
pendidikan yang disesuaikan dengan minat dan kebutuhan siswa merupakan
komponen penting dari sistem pendidikan, khususnya dalam era digital saat ini. Untuk
memenuhi tuntutan generasi z dan generasi alpha, diperlukan metode pembelajaran
digital, karena pembelajaran tradisional sudah tidak berlaku lagi di era digital ini.
Media digital memiliki kekurangan, tetapi jika digunakan dengan benar, kelebihannya
lebih banyak. Pembuatan sistem informasi pendidikan berbasis it telah mendapat
dukungan dari pemerintah. Tiktok, platform media sosial dan video musik yang
menarik perhatian gen z. Berdasarkan bukti, tiktok berpotensi menjadi alat
pembelajaran yang bermanfaat karena menarik dan relevan bagi siswa, terutama saat
belajar bahasa indonesia. Untuk menentukan seberapa bermanfaat tiktok dalam
meningkatkan penguasaan bahasa indonesia, diperlukan penelitian lebih lanjut.
References
Aji, Wisnu Nugroho. “Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan
Sastra Indonesia.” Universitas Widya Dharma Klaten 431 (2018): 136.
Dewanta, A. “Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa
Indonesia.” Jurnal pendidikan dan Pembelajaran Bahasa 9, no. 2 (2020): 79–
Muhenda Hafidh, Mai Sri Lena. “Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah
Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Pada
Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar.” Terbit sejak 8, no. 2
(2015): 112–123. http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna.
Nasution, Sania Oktavia, Siti Sholikhah, Najwa Najwa, Al-Zuhda Sitorus, Rahmi
Pitriyani, and Edy Syaputra. “Implementasi Aplikasi Tik-Tok Sebagai Media
Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE) 1, no.
(2022): 259–264.
Oktafiani, Nada, and Muhammad Haryanto. “JOTE Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022
Halaman 126-141 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research &
Learning in Faculty of Education Persepsi Mahasiswa PBSI-UNIKAL Terhadap
Aplikasi Tiktok Untuk Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Abad 21.”
Journal on Teacher Education 4, no. 1 (2022): 126–141.
Saputra, Muhammad Rohan, Kautsar Eka Wardhana, Rahmad Effendy, Rahmatul
Muthmainnah, and Trianisa Ayu Anastasya. “Penggunaan Video Animasi
Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas 1 Sekolah
Dasar.” EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran 6, no. 3
(2021): 167–182.
Wallace, Alfred Russel. “‘On the Tendency of Varieties To Depart Indefinitely From
the Original Type.’” Evolution in Victorian Britain: Volume I: Evolution before
Darwin 1 (2024): 371–379.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Madrasah Ibtidaiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Madrasah Ibtidaiyah memiliki hak penerbitan artikel, adapun isi konten artikel sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis