IMPLIKASI APLIKASI TIK TOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Nur Nafisatul Fithryah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Viya Himmatul Karimah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Keywords:

bahasa indonesia, media pembelajaran, TikTok

Abstract

Kemajuan pesat ilmu pengetahuan dan teknologi di era revolusi industry 5.0 sangat

mempengaruhi aspek kehidupan manusia termasuk pendidikan. Pendidikan harus

mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Memanfaatkan media

pendidikan yang disesuaikan dengan minat dan kebutuhan siswa merupakan

komponen penting dari sistem pendidikan, khususnya dalam era digital saat ini. Untuk

memenuhi tuntutan generasi z dan generasi alpha, diperlukan metode pembelajaran

digital, karena pembelajaran tradisional sudah tidak berlaku lagi di era digital ini.

Media digital memiliki kekurangan, tetapi jika digunakan dengan benar, kelebihannya

lebih banyak. Pembuatan sistem informasi pendidikan berbasis it telah mendapat

dukungan dari pemerintah. Tiktok, platform media sosial dan video musik yang

menarik perhatian gen z. Berdasarkan bukti, tiktok berpotensi menjadi alat

pembelajaran yang bermanfaat karena menarik dan relevan bagi siswa, terutama saat

belajar bahasa indonesia. Untuk menentukan seberapa bermanfaat tiktok dalam

meningkatkan penguasaan bahasa indonesia, diperlukan penelitian lebih lanjut.

References

Aji, Wisnu Nugroho. “Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan

Sastra Indonesia.” Universitas Widya Dharma Klaten 431 (2018): 136.

Dewanta, A. “Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa

Indonesia.” Jurnal pendidikan dan Pembelajaran Bahasa 9, no. 2 (2020): 79–

Muhenda Hafidh, Mai Sri Lena. “Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah

Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Pada

Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar.” Terbit sejak 8, no. 2

(2015): 112–123. http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna.

Nasution, Sania Oktavia, Siti Sholikhah, Najwa Najwa, Al-Zuhda Sitorus, Rahmi

Pitriyani, and Edy Syaputra. “Implementasi Aplikasi Tik-Tok Sebagai Media

Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE) 1, no.

(2022): 259–264.

Oktafiani, Nada, and Muhammad Haryanto. “JOTE Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022

Halaman 126-141 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research &

Learning in Faculty of Education Persepsi Mahasiswa PBSI-UNIKAL Terhadap

Aplikasi Tiktok Untuk Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Abad 21.”

Journal on Teacher Education 4, no. 1 (2022): 126–141.

Saputra, Muhammad Rohan, Kautsar Eka Wardhana, Rahmad Effendy, Rahmatul

Muthmainnah, and Trianisa Ayu Anastasya. “Penggunaan Video Animasi

Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas 1 Sekolah

Dasar.” EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran 6, no. 3

(2021): 167–182.

Wallace, Alfred Russel. “‘On the Tendency of Varieties To Depart Indefinitely From

the Original Type.’” Evolution in Victorian Britain: Volume I: Evolution before

Darwin 1 (2024): 371–379.

Downloads

Published

2024-11-25

How to Cite

Nur Nafisatul Fithryah, & Viya Himmatul Karimah. (2024). IMPLIKASI APLIKASI TIK TOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 276–284. Retrieved from https://journal.unusida.ac.id/index.php/jmi/article/view/1600