KAJIAN AKHLAK DALAM PEMBELAJARAN SAINS UNTUK MENGHADAPI ERA DEMOGRAFI BAGI CALON GURU MADRASAH IBTIDAIYYAH
Keywords:
Akhlak, Sains, Madrasah IbtidaiyyahAbstract
Era demografi Indonesia telah membuka peluang dan tantangan baru bagi dunia pendidikan, terutama dalam mempersiapkan calon guru madrasah ibtidaiyyah (MI) yang berkualitas. Salah satu aspek penting dalam persiapan ini adalah membekali calon guru MI dengan pemahaman dan keterampilan dalam mengintegrasikan nilai-nilai akhlak dalam pembelajaran sains. Artikel ini bertujuan untuk menyajikan kerangka dan bab artikel jurnal terkait kajian akhlak dalam pembelajaran sains untuk menghadapi era demografi bagi calon guru MI.
References
Abdi, N. A., & Kusriniati, I. (2020). Penanaman Nilai-nilai Akhlak Melalui Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam UIN Raden Intan Lampung, 7(2), 232-243.
Afriani, M., & Rahmawati, L. (2021). Penanaman Karakter Akhlakul Karimah Melalui Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Bina Nusantara, 1(2), 112-121.
Aini, N. F., & Yulianto, B. (2022). Integrasi Nilai-nilai Akhlak dalam Pembelajaran Sains untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter Universitas Muhammadiyah Sukabumi, 4(1), 1-10.
Amalia, S., & Khairunnisa, D. (2021). Penanaman Nilai-nilai Akhlak Melalui Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Bina Nusantara, 1(1), 43-52.
Arifin, Z., & Fitriani, S. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Sains Berbasis Integrasi Nilai-nilai Akhlak untuk Meningkatkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam STAIN Kudus, 7(1), 1-14.
Astuti, D. R., & Sari, R. D. (2021). Integrasi Nilai-nilai Akhlak dalam Pembelajaran Sains untuk Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter Universitas Muhammadiyah Sorong, 5(1), 1-10.
Dewi, R. A., & Darmayanti, A. (2022). Urgensi Penanaman Nilai-nilai Akhlak dalam Pembelajaran Sains untuk Membangun Generasi Muda yang Berkarakter di Era Demografi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 11(1), 1-14.
Fitriana, D., & Rahmawati, L. (2021). Penanaman Nilai-nilai Akhlak Melalui Pembelajaran Sains Berbasis Pendekatan Saintifik pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Bina Nusantara, 1(2), 90-101.
Indah, R. N., & Khoirunnisa, A. (2020). Penanaman Karakter Akhlakul Karimah Melalui Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan Islam STKIP Bina Nusantara, 7(1), 1-10.
Irawati, S. R., & Sari, R. D. (2022). Integrasi Nilai-nilai Akhlak dalam Pembelajaran Sains untuk Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter Universitas Muhammadiyah Sorong, 6(1), 1-10.
Ismiati, & Yulianto, B. (2021). Urgensi Penanaman Nilai-nilai Akhlak dalam Pembelajaran Sains untuk Membangun Generasi Muda yang Berkarakter di Era Demografi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 10(2), 183-194.
Khoirunnisa, A., & Indah, R. N. (2020). Penanaman Karakter Akhlakul Karimah Melalui Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan Islam STKIP Bina Nusantara, 7(2), 11-20.
Kusumawati, W. N., & Khoirunnisa, A. (2021). Penanaman Nilai-nilai Akhlak Melalui Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini Berbasis Pendekatan Saintifik. **Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan Karakter: Menuju Generasi Berkarakter oleh Muhammad Djatmiko & Ishak (2010)
Pendidikan Moral: Membangun Generasi Bermartabat oleh M. Sirojuddin & Siti Rahayu (2012)
Pembelajaran Sains Berbasis Karakter: Mengintegrasikan Nilai-Nilai Moral dalam Pembelajaran Sains oleh Asep Sudrajat & Nenden Rini (2016)
Pendidikan Akhlak Melalui Pembelajaran Sains oleh Tim LP3 (2017)
Menumbuhkan Moralitas Anak Melalui Pembelajaran Sains oleh Tim Guru Sains MIN 1 Ciampea (2018)
Membangun Generasi Emas Melalui Pendidikan Sains Berkarakter oleh Tim LP2MP (2019)
Strategi Pembelajaran Sains Berbasis Nilai-Nilai Moral oleh Tim MKKS SMP Negeri 1 Kota Bogor (2020)
Pendidikan Akhlak dalam Pembelajaran Sains: Membangun Generasi Milenial Berkarakter oleh Tim Guru Sains SMP Negeri 2 Kota Bandung (2021)
Pengembangan Bahan Ajar Sains Berbasis Nilai-Nilai Moral untuk Menghadapi Era Demografi oleh Tim LP2KN (2022)
Pembelajaran Sains Kontekstual Berbasis Nilai-Nilai Moral: Mempersiapkan Generasi Penerus Bangsa oleh Tim LP3 Universitas Negeri Semarang (2023)
Integrasi Nilai-Nilai Akhlak dalam Pembelajaran Sains untuk Meningkatkan Karakter Siswa Sekolah Dasar oleh Jajang Rohaendi & Dwi Astuti (Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7, No. 2, 2018)
Penerapan Model Pembelajaran Sains Berbasis Nilai-Nilai Moral untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Moral Siswa Sekolah Dasar oleh Rini Kurniawati & Asep Sudrajat (Jurnal Pendidikan Karakter, Vol. 5, No. 1, 2019)
Efektivitas Pembelajaran Sains Berbasis Nilai-Nilai Moral untuk Membentuk Generasi Berkarakter di Era Demografi oleh Tim LP2MP (Jurnal Pendidikan Guru madrasah ibtidaiyyah, Vol. 3, No. 2, 2020)
Pengembangan Bahan Ajar Sains Berbasis Nilai-Nilai Moral untuk Mempersiapkan Generasi Milenial Berkarakter oleh Tim Guru Sains SMP Negeri 2 Kota Bandung (Jurnal Pendidikan Sains, Vol. 6, No. 1, 2021)
Implementasi Pembelajaran Sains Kontekstual Berbasis Nilai-Nilai Moral untuk Meningkatkan Kesadaran dan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan oleh Tim LP3 Universitas Negeri Semarang (Jurnal Pendidikan Lingkungan, Vol. 8, No. 2, 2022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Madrasah Ibtidaiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Madrasah Ibtidaiyah memiliki hak penerbitan artikel, adapun isi konten artikel sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis