PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV B DI SDN SUKOREJO MATERI PECAHAN

Authors

  • Siti Nur Aini Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatu Ulama Sidoarjo
  • Nurul Aini Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatu Ulama Sidoarjo
  • Machfudzil Asror Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatu Ulama Sidoarjo

Keywords:

Cooperative Learning Model, Team Games Tournament, Student Learning Outcomes

Abstract

This study aims to describe the effect of the cooperative learning model of the team games tournament type on the learning outcomes of Class IV B students at SDN Sukorejo on fractions in mathematics. The research method used is the experimental method, in the form of a one group pretest posttest research design that is comparing pretest and posttest scores in one class which is carried out for 2 meetings. The sample in this study used purposive sampling consisting of one group, namely the experimental group which consisted of 24 students. Based on the results of the T test, it can be seen that before being given the treatment the results of the calculation of the T test showed 0.30 and after being given the treatment the results of the calculation of the T test showed 0.04, which means Asymp sig (2 tailed) is smaller than <0.05, it can be concluded that " Ha hypothesis is accepted ". So it can be said that there is an influence on the average pretest and posttest results. So there is an influence of the cooperative learning model of the team games tournament type on the learning outcomes of Class IV B students at SDN Sukorejo on fractions in mathematics.

References

Asyafah Abas, (2019) Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam)

Sandra Ega, Dkk (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V Sd Muhammadiyah 1 Padangsidimpuan

Ghozali, Immam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21.

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2017.

Hadifah, dkk 2019 Model Pembelajaran Inovatif Abad 21

Heruman.2014. Model Pembelajaran Matematika. Bandung : Remaja Rosdakarya. Hidayat, (2019). 50 Strategi Pembelajaran Populer. Diva Press.

Ilahiyah, N., Yandari, I. A. V., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pakem Pada Materi Bilangan Pecahan Di Sd. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 49- 63.

Iwinsyah. (2020). Menakar Konsep merdeka belajar https://intens.news/menakar- konsep-merdeka-belajar/

Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (BSKAP) Nomor 033/H/KR/2022

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.

Molstad, C. E., & Karseth, B. (2016). National Curricula in Norway and Finland: The Role of Learning Outcomes. European Educational Research Journal

,15 (3), 329-344.

Nasrudin. 2019. Penerapan Metode TGT (Team Games Tournament) Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Bandar Baru. Jurnal Sains Riset. Vol. 9, No. 1, hlm. 56-68

Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Fauziyah Hikmah Endah Nur, dkk (2020) Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar

Novalia, H., & Noer, S. H. (2019). Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan strategi PQ4R untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar siswa SMA. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 12(1), 51-65.

Pardede, U. T. (2019). Penigkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran kooperatve

Rien Anitra, (2021)Pembelajaran Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Suharsimi Arikunto, (2013) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek TIPE TGT DI SMAN 1 BATANG TORU. Mathematic Education Journal, 2(1), 67–74.

Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi Dan Model Pembelajaran: Inovatif, Kreatif Dan Prestatif Dalam Memahami Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia.

Saefuddin, A. & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana.

Septia Eka Cahya Arum Lestari, dkk (2018) pembelajaran kooperatif tipe tgt (team games tournament) untuk meningkatkan hasil belajar matematika

Shoimin, A. (2013). 68 Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Slavin, R.E. (2015). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Solihah. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal SAP. Vol.1, No.1.hlm 45 - 53.

Sugiyono. (2014). Statistika untuk penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, (2016:75),Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta, Bandung, 2004. Supardi, 2013. Sekolah Efektif, Konsep Dasar dan Praktiknya, PT RajaGrafindo

Persada. Jakarta: Cetakan ke1

Thobroni, 2016. Belajar dan Pembelajaran, ARRUZZ MEDIA. Yogyakarta: Cetakan II

Unaenah, E., Nurfaizah, A., Safitri, D., Rahmawati, N., Siti, R., Fatimah, N., Adinda, A. P., & Tangerang, U. M. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pecahan Sederhana Melalui Media CD. Pandawa : Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2(2), 303– 318.

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Siti Nur Aini, Nurul Aini, & Machfudzil Asror. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV B DI SDN SUKOREJO MATERI PECAHAN. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 151–163. Retrieved from https://journal.unusida.ac.id/index.php/jmi/article/view/1154