MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK USIA DINI DI KB AL- HAYAT JATIKALANG KRIAN SIDOARJO
Abstract
Given that early childhood is the golden age of children, where at this time the character will be more easily formed to become better. Religious character education is very important to be instilled and applied as early as possible to form better children's behavior in the future. This study aims to determine the values of religious character and analyze the management of early childhood religious character education which includes planning, organizing, implementing and monitoring or evaluating it. This research was conducted at KB Al-Hayat Jatikalang Krian Sidoarjo. This study uses a descriptive qualitative approach and the data collection process uses observation, interviews and documentation techniques. The results showed that the educational planning in KB Al-Hayat Jatikalang Krian Sidoarjo contained characteristics that lead to religious character education through curriculum, prota , promissory note, RPPM and RPPH. For organization, there has been a clear division of tasks, while in its implementation it has been in accordance with the prepared plans, while for evaluation includes assessment, reporting and follow-up. In this study, researchers only examined religious characters from the ubudiyah side, it is hoped that in future studies there will be research on other religious characters as a complement.
References
Aisa, Nur Kholifatul, Mega. 2021. Manajemen Pendidikan Karakter Sopan Santun pada Pendidikan Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal (RA) Muslimat Wardatul Muna Mlilir Dalopo Madiun. Tesis. Ponorogo : IAIN Ponorogo
Asmawati, Luluk. 2014. Perencanaan Pembelajaran PAUD, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014). 17
Aqib, Z. 2011. Pedoman Teknis Penyelenggaraan PAUD. Bandung: Nuansa Aulia. hlm 46. Bangun, Wilson. 2011. Intisari Manajemen. Bandung : Refika Aditama. hlm. 6.
H, Dharmawati. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter pada Pendidikan Anak Usia Dini di TK Hikma Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu. Tesis. Luwu : IANI Palopo
Daryanto dan Suryanti. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media. 134
Data Pendidik dan Peserta Didik KB AL-Hayat Jatikalang Krian Sidoarjo, Dokumentasi, KB Al- Hayat, 7 Juni 2022, Pukul 09.00 WIB
Depdiknas, Pedoman Teknis Penyelenggaraan Kelompok Bermain, Jakarta: Direktorat PAUD, 11.
Fadhilah, M. 2012. Desain Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini : Tinjauan Teoritik & Praktik. Yogyakarta: Ar-ruuz Media. 224
Ghina, Maelan Asrofatul dan Lu’lu Indra Ningsih. 2021. Analisis Kurikulum PAUD Terhadap Indikator Perkembangan Agama dan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen PAUD 4 (2)
H, Dharmawati. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter pada Pendidikan Anak Usia Dini di TK Hikma Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu. Tesis. Luwu : IANI Palopo
Hambali, M dan Eva Yulianti. 2018. Ekstrakurikuler Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di Kota Mojopahit, Jurnal Pedagogik 5 (2) : 201.
Hasanah, Fitria, Fauziah dan Munastiwi Erni. 2019. Pengelolaan Pendidikan Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4 (1) : 36-46
Iqbali, M.M. El. 2019. Internalisasi Karakter Religius di Sekolah Menengah Pertama Nurul Jadid.
Jurnal Mudarissuna 9 (1) : 12-13
Izkiani, Nurana. 2018. Pendidikan Karakter Religius Pada Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Bani Malik Kedung Paruk Kembaran Banyumas. Skripsi. Purwokerto : IAN Purwokerto
Jannah. 2019. Metode dan Strategi Pembentukan Karakter yang diterapkan di SDTQ-T An Najah Pondok Pesantren Cindail Alus Martapura. Al- Madrasah Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4 (1) : 92-93.
Kurikulum KB Al–Hayat Jatikalang Krian Sidoarjo, Dokumentasi, KB Al Hayat, 6 Oktober 2021, pukul 11.30 WIB.
Kurniawan, Syamsul. 2016. Pendidikan Karakter. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media. hlm 127-128 Listyarti, Retno. 2012. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif & Kreatif. Jakarta :
Esensi. hlm 5.
Luthfiah, Rifa dan Ashif Az Zafi’. 2011. Penanaman Nilai Karakter Religius Dalam Perspektif Pendidikan Islam di Lingkungan Sekolah RA Hidayatus Shibyan Temulus. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadil 5 (02), diakses 4 Juli 2022.
Machsunah, Yayuk Cahyatun. Penanaman Pendidikan Karakter melalui Keteladanan Pendidik ( Studi Kasus di LBB Taman Pintar : Sahabat Sekolah Anak Lamongan). Jurnal STKIP PGRI Lamongan 1 (2)
Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Prenada Media Group. Hlm 3.
Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. hlm 129. Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. PT. Bumi Aksara. Jakarta. hlm 130.
Rizkiani, Nurana. 2018. Pendidikan Karakter Religius Pada Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Bani Malik Kedung Paruk Kembaran Banyumas. Skripsi. Purwokerto : IAN Purwokerto
Salahuddin, A dan Irwanto lkrienchichie.2013. Pendidikan Karakter Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa. (Bandung : Pustaka Setia).
Saswin, Larasati Rizki. 2020. “Proses Pembelajaran Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu An-nahl Percikan Iman Kecamatan Telanai Pura Kota Jambi”. Skripsi, Jambi: Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi. hlm 28.
Setiawan, Heru dan Sukatin. 2020. Manajemen Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Sosial dan Keagamaan. Vol 10. Edisi II. 48-49
Soerjono, Soekanto. 1986. Pengaruh Penelitian Hukum. Jakarta: UII Press. hlm. 10.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. hlm 309. Sugiyono. 2014. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi, cet. ke 2. Bandung: Alfabeta.
hlm. 27
Sutjipto. 2011. Rintisan Pengembangan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan,. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Volume 17 Nomor 5. hlm 504
Suyadi dan Maulidiya Ulfal. 2015. Konsep Dasar PAUD. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Umar, Husein. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta : Rajawali.
Utami, Annis Tri. 2014. Pelaksanaan Nilai Religius dalam Pendidikan Karakter di SD Negeri 1 Kutowinangun Kebumen, Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol III No. 8.
Utami, Annis Tri. 2014. Pelaksanaan Nilai Religius dalam Pendidikan Karakter di SD Negeri 1 Kutowinangun Kebumen. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol III No. 8. 22-23
Wibowo, Agus. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Pustaka Pelajar. Yogyakarta. hlm 139.
Zahra S dan Jamas, N. Penerapan Kebijakan Kurikulum Paud dalam Pembelajaran Nilai Agama Moral. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI) 1 (2) : 106, https : doi.org/10.3672/jaudhi.vli2.573.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter : Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta : Kencana hlm 177-184.
Zuchdi, Darmiyati. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik, Yogyakarta : UNY Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Madrasah Ibtidaiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Madrasah Ibtidaiyah memiliki hak penerbitan artikel, adapun isi konten artikel sepenuhnya menjadi tanggungjawab penulis