PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E TERHADAP MOTIVASI MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK (LISTENING)
Keywords:
Learning Cycle 7E, menyimak, motivasi, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model Learning Cycle 7e
terhadap motivasi mahasiswa dalam pembelajaran menyimak (listening) di Prodi Pendidikan
Bahasa Inggris, FKIP UMSU, pada tahun akademik 2017/2018, terutama dalam sub capaian
pembelajaran membuat diagram yang bersumber dari data statistik dan informasi mengenai ciri-
ciri benda atau objek yang dihubungkan dengan kuantifikasi numerik yang berasal dari teks
lisan, dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran menyimak bahasa Inggris khususnya.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (Quasi exsperimental research) yang
menggunakan classical experiment design. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah angket motivasi belajar model ARCS, test yang terdiri atas pernyataan positif dan
negatif. Responden diambil secara cluster random sampling berjumlah 74 orang yang berasal
dari mahasiswa semester III kelas C pagi dan B pagi. Kelas C pagi sebagai kelas eksperimen
yang terdiri atas 33 orang mahasiswa diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran
Learning Cycle 7E, sedangkan kelas B pagi sebagai kelas kontrol menggunakan model
konvensional. Hasil penelitan menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran ini
memberikan pengaruh yang signifikan terhadap terhadap motivasi belajar menyimak mahasiswa
yang dibuktikan oleh nilai rata-rata motivasi mahasiwa pada kelas eksperimen 4.19 pada
kategori baik, sedangkan pada kelas kontrol berada pada rerata 3.36 dengan kategori cukup
baik.