KENDALA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN ONLINE SELAMA MASA PANDEMI DITINJAU DARI KEMAMPUAN INFORMATION TECHNOLOGY (IT) GURU
Keywords:
kendala, pembelajaran online, masa pandemi, kemampuan information technology (IT) guruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai kendala guru dalam proses pembelajaran online selama masa pandemi ditinjau dari kemampuan IT guru. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode studi kasus eksplorasi dan pendekatan penelitiannya menggunakan studi kasus kualitatif. Dalam penelitian ini sebelum pengambilan sampel, semua guru diberikan tes kemampuan IT, dari hasil tes kemampuan tersebut guru dikelompokkan ke dalam tiga kategori yaitu: rendah, sedang dan tinggi, kemudian setiap kategori kelompok dipilih 2 guru secara acak untuk dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara terstruktur. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat beberapa kendala yang dialami guru dalam kegiatan pembelajaran online. Kendala yang dialami oleh guru yang berkemampuan IT rendah adalah lemahnya pengetahuan dan kemampuan guru dalam mengoperasikan IT atau aplikasi-aplikasi untuk kegiatan pembelajaran, tidak maksimalnya dalam penyampaian materi, kurangnya komunikasi dan sosialisasi dengan siswa secara langsung. Kendala yang dialami oleh guru yang berkemampuan IT sedang adalah tidak stabilnya jaringan internet, tidak maksimalnya dalam penyampaian materi, jam kerja yang menjadi tidak terbatas, serta penambahan biaya untuk kuota internet. Sedangkan kendala yang dialami oleh guru yang berkemampuan IT tinggi adalah tidak stabilnya jaringan internet. tidak maksimalnya dalam penyampaian materi, serta penambahan biaya untuk kuota internet.