PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGEMBANGAN FISIK MOTORIK AUD MATERI MOTORIK KASAR MELALUI MEDIA PERMAINAN SIMPAI PESERTA DIDIK KELOMPOK B TK CAHAYA MENTARI SIDOARJO

Authors

  • Jamilah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Keywords:

Hasil belajar, Motorik kasar, Media permainan Simpai

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pengembangan fisik motorik AUD materi motorik kasar melalui media permainan simpai peserta didik kelompok B TK Cahaya Mentari Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc Taggart melalui siklus berulang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian di sini adalah peserta didik kelompok B berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pengembangan fisik motorik AUD materi motorik kasar peserta didik kelompok B pada pra siklus sebesar 31%, meningkat pada siklus I sebesar 75%, dan meningkat secara signifikan pada siklus II sebesar 97%. Terbukti ada peningkatan persentase ketuntasan belajar sebesar 66%. Kesimpulannya bahwa melalui media permainan simpai dapat meningkatkan hasil belajar pengembangan fisik motorik AUD materi motorik kasar peserta didik kelompok B TK Cahaya Mentari Sidoarjo.

Downloads

Published

2020-08-31