PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MEMBACA AL QUR’AN TINGKAT DASAR BERDASARKAN ILMU TAJWID DENGAN METODE JOYFUL LEARNING

Authors

  • Bejo Suparno Pasca Sarjana Unsuri Surabaya
  • Bachtiar Hariady Pasca Sarjana Unsuri Surabaya

Keywords:

Metode, Al Qur'an, Makhariju al huruf, Joyful Learning

Abstract

Dinamika pengembangan metode membaca Al Qur’an harus terus digulirkan karena sejalan dengan perkembangan ilmu dan watak jaman. Penulis melihat perkembangan metode membaca Al Qur’an sudah mulai stagnan, perlu penyegaran dan pembaharuan. Untuk itu penulis mencoba untuk merancang dan mengembangkan model pengajaran membaca Al Qur’an tingkat dasar yang lebih mudah dan menyenangkan dengan merujuk pada model Research and Development (R & D) dari Walter Borg and M.D. Gall. Metode pengembangan ini akan penulis gunakan untuk meneliti metode pengajaran membaca Al Qur’an di TPQ Al Hasan, Karah Surabaya, TPQ Husnul Khotimah, Geluran Sidoarjo, TPQ Nurul Yakin, Sukodonono Sidoarjo, dan MI Hasanuddin, Karah Surabaya. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa guru sangat menyukai ketika mengajar Al Qur’an tingkat dasar dengan metode  Joyful Learning. Suasana akan cair dengan hadirnya metode ini yang terkemas dalam penyampaian materi Al Qur’an tingkat dasar dengan cara bernagham/berlagu, dan disertakan musik lagunya, serta disajikan dalam bentuk kreatifitas bermain sambil bernyanyi, dengan susunan huruf hijaiaiah yang berdasarkan makhariju al huruf. Dengan kebaharuan metode itu semua akan menjadi aktif dalam suasana belajar. Pendidik tidak hanya semakin piawai dalam mengajar, tetapi akan mendapat manfaat mengajar yakni; suara mereka akan menjadi lantang, panjang, fasih dan indah. Beberapa produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah: Empat buah buku pengajaran membaca Al Qur’an tingkat dasar, sebuah buku nagham/lagu, buku panduan pengajaran, Silabus, RPP, beberapa rekaman lagu huruf hijaiah.

Downloads

Published

2020-02-28