PERANCANGAN APLIKASI TEKNOLOGI CHATBOT UNTUK INDUSTRI KOMERSIAL 4.0

Authors

  • Rani Natadian Astuti Universitas Pelita Bangsa, Bekasi
  • Muhamad Fatchan Universitas Pelita Bangsa, Bekasi

Keywords:

Chatbot, Customer service, TF-IDF

Abstract

Pelayanan customer service yang diberikan kurang efektif karena adanya keterbatasan dalam waktu kerja yang tidak 24 jam penuh dan customer service kurang responsife dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan. Untuk itu perlu adanya teknologi chatbot sebagai pengganti peran customer service. Chatbot dapat merespon pertanyaan pelanggan dengan cepat dan dapat bekerja hingga 24 jam penuh, sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan dan mengurangi biaya pengeluaran perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Term Frequency – Invers Document Frequency (TF-IDF) untuk melakukan perhitungan bobot pada setiap kata dalam dokumen. Hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi chatbot mampu menangani pertanyaan-pertanyaan dengan pola yang berbeda-beda, namun tetap dapat memberikan jawaban yang sesuai dengan masing-masing kategori serta chatbot dapat berperan sebagai customer service yang dapat melayani pertanyaan pelanggan.

Downloads

Published

2020-05-31