https://journal.unusida.ac.id/index.php/plppgsd/issue/feedPengenalan Lapangan Persekolahan Pendidikan Guru Sekolah Dasar2025-02-24T09:07:17+07:00Elsa Rosyidah, M.I.L.elsarosyidah@unusida.ac.idOpen Journal Systems<p><strong>Pengenalan Lapangan Persekolahan Pendidikan Guru Sekolah Dasar</strong> (PLPPGSD) merupakan terbitan berkala yang dikelola oleh Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo. Terbitan berkala ini diterbitkan dalam versi daring dengan akses terbuka dan unduhan gratis. PLPPGSD menerbitkan artikel ilmiah tentang implementasi proses observasi dan pemagangan oleh akademika pendidikan guru sekolah dasar pada aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan.<br /><br />e-ISSN <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20240604261405931" target="_blank" rel="noopener">3048-2372</a></p>https://journal.unusida.ac.id/index.php/plppgsd/article/view/1503Penerapan Media PowerPoint Interaktif dalam Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas IV SDN Kebonagung 1 Sukodono2025-02-24T09:07:17+07:00Zahra Shabirazhrshabira@gmail.comAnjely Nur Safna Karerinaanjelynsafna@gmail.comSiti Fatimahsf416331@gmail.comMochammad Nur Sholehmochnursholeh300@gmail.comEvi Mahsunnahevimahsunah.pbi@unusida.ac.id<p>Pembelajaran abad 21 merupakan pembelajaran yang mempersiapkan generasi abad 21 dimana kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang begitu cepat memiliki pengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan termasuk pada proses belajar mengajar. Dewasa ini dalam pelaksanaan berbagai program pendidikan, kita dihadapi dengan berbagai tantangan yang harus dihadapi oleh guru. Guru senantiasa harus memiliki kompetensi guru abad 21, sehingga guru dapat mempersiapkan segala sesuatu baik melalui berbagai inovasi yang ada dengan menerapkannya di kelas terutama dalam menjawab berbagai kebutuhan pada abad 21. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan penelitian awal yang dilakukan, peneliti menemukan permasalahan bahwa Keadaan siswa kelas IV SDN Kebonagung 1 Sukodono, yang umumnya belajar dengan model pembelajaran langsung khususnya metode ceramah menunjukkan bahwa siswa kurang bersemangat dalam menerima pelajaran, maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan media power point interaktif dalam pembalajaran bahasa Indonesia meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonagung 1 Sukodono. Hasil Penelitian ini yaitu diketahui bahwa indikator keberhasilan telah tercapai sesuai dengan yang diharapkan yaitu sekurang-kurangnya 90% siswa memperoleh nilai > 78.</p> <p><em>21st century learning is learning that prepares the 21st century generation where the rapid development of information and communication technology has a major influence on various aspects of life including the teaching and learning process. Today in the implementation of various educational programs, we are faced with various challenges that must be faced by teachers. Teachers must always have 21st century teacher competencies, so that teachers can prepare everything through various existing innovations by implementing them in the classroom, especially in answering various needs in the 21st century. This type of research is classroom action research. Based on the initial research conducted, the researcher found a problem that the condition of fourth grade students of SDN Kebonagung 1 Sukodono, who generally learn with direct learning models, especially lecture methods, shows that students are less enthusiastic in receiving lessons, so this study aims to improve student learning outcomes using interactive power point media in Indonesian language learning to improve the learning outcomes of fourth grade students of SDN Kebonagung 1 Sukodono. The results of this study are that it is known that the success indicators have been achieved as expected, namely at least 90% of students get a score of > 78.</em></p>2024-10-07T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Pengenalan Lapangan Persekolahan Pendidikan Guru Sekolah Dasar