Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi dan Minat dalam Mengikuti Uji Kompetensi BNSP Terhadap Peluang Kerja Mahasiswa

Authors

  • Alfira Dwi Anggraini Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Riezca Nur Fitriana Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Kafidin Muzakki Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.55732/nemr.v2i2.1434

Keywords:

Akuntansi, Badan Nasional Sertifikat Profesi, Minat Mahasiswa, Uji Kompetensi

Abstract

Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi dan minat mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo dalam mengikuti Uji Kompetensi BNSP. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam mengikuti sertifikasi tersebut. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan observasi. Hasil menunjukkan bahwa faktor internal, seperti pemahaman pentingnya sertifikasi, serta faktor eksternal, seperti dukungan dari dosen dan keluarga, berperan signifikan. Hambatan seperti biaya dan persepsi terhadap kesulitan uji kompetensi juga mempengaruhi minat. Penelitian ini berkontribusi dengan memberikan wawasan baru tentang dinamika motivasi mahasiswa terkait sertifikasi profesional.

This study analyzes the factors that influence the motivation and interest of Accounting students of the Faculty of Economics, Nahdlatul Ulama University, Sidoarjo in participating in the BNSP Competency Test. The purpose of the study was to identify internal and external factors that influence students' decisions in participating in the certification. The method used was a quantitative approach with data collection through questionnaires and observations. The results showed that internal factors, such as understanding the importance of certification, and external factors, such as support from lecturers and family, played a significant role. Barriers such as costs and perceptions of the difficulty of the competency test also influenced interest. This study contributes by providing new insights into the dynamics of student motivation related to professional certification.

References

Aurora, A. and Effendi, H. (2019) ‘Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang’, JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 5(2), p. 11. Available at: https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.105133.

Badan Nasional Sertifikasi Profesi (2022) Wawancara Ketua BNSP Tentang Sertifikasi Kompetensi. https://bnsp.go.id/berita/1?hal=14, BNSP.go.id.

Bahri, S. and Trisnawati, N. (2021) ‘Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Berwirausaha melalui Pendidikan Kewirausahaan pada Siswa SMKN 10 Surabaya’, Journal of Office Administration : Education and Practice, 1(2), pp. 269–281. Available at: https://doi.org/10.26740/joaep.v1n2.p269-281.

BNSP, T.P. (2013) Pedoman Pelaksanaan Uji Kompetensi Oleh Panitia Teknis Bnsp.

Fahriani, D. et al. (2024) ‘Strategi Penentuan Harga Pokok Penjualan untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM’, Nusantara Entrepreneurship and Management Review, 2(1), pp. 88–94. Available at: https://doi.org/10.55732/nemr.v2i1.1195.

Hilmawan, T., Nafis, M.A.A. and Wicaksono, A. (2024) ‘Mengurai Kompleksitas Harga Pokok Produksi: Pendekatan Full Costing untuk Efisiensi Harga Jual’, Nusantara Entrepreneurship and Management Review, 2(1), pp. 70–80. Available at: https://doi.org/10.55732/nemr.v1i2.1178.

Kariza, N., Maharani, A. and Budiman, R. (2022) ‘Kompetensi Sebagai Pemediasi Pengaruh Pelatihan dan Motivasi terhadap Produktivitas Pegawai’, Jurnal Manajemen, 13(1), p. 70. Available at: https://doi.org/10.32832/jm-uika.v13i1.5970.

Khusna, K. et al. (2022) ‘Analisis Kompetensi Human Resource Business Partner (HRBP) dalam Mencapai Kesuksesan Organisasi Perguruan Tinggi’, Journal of Business & Applied Management, 15(2), p. 125. Available at: https://doi.org/10.30813/jbam.v15i2.2691.

Li, Y. et al. (2019) ‘Intellectual Capital, Knowledge Sharing, and Innovation Performance: Evidence from the Chinese Construction Industry’, Sustainability, 11(9), p. 2713. Available at: https://doi.org/10.3390/su11092713.

Malisa, N. (2020) ‘Pengaruh Bimbingan Uji Kompetensi Online Terhadap Hasil Try Out Lokal Uji Kompetensi Mahasiswa Akper RS. Dstira’, Jurnal Skolastik Keperawatan, 6(1), pp. 56–61. Available at: https://doi.org/10.35974/jsk.v6i1.2337.

Marsidi, S.R. (2021) ‘Identification of Stress, Anxiety, and Depression Levels of Students in Preparation for the Exit Exam Competency Test’, Journal of Vocational Health Studies, 5(2), p. 87. Available at: https://doi.org/10.20473/jvhs.V5.I2.2021.87-93.

Muttaqin, I. and Kusumawati, F. (2024) ‘Faktor - Faktor yang Memepengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Uji Sertifikasi Teknisi Akuntansi’, Jurnal PETA, 9(1), pp. 1–27.

Nadria, S.A. (2023) Metode Penelitian Menggunakan Kuesioner: Rahasia Meneliti dengan Santai!, TakTerlihat.com.

Natalia, N.K.S.S. and Netra, I.G.S.K. (2020) ‘Pengaruh Motivasi Kerja dalam Memediasi Pengaruh Pengembangan Karir Terhadap Kinerja’, E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(4), p. 1507. Available at: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i04.p14.

Novikasari, I. (2017) ‘Uji Validitas Instrumen’, Seminar Nasional Riset Inovatif 2017, 1(1), pp. 530–535.

Rejeki, Y.S. (2021) ‘Pengaruh Motivasi, Faktor Keluarga dan Lingkungan terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa’, Jurnal Masohi, 2(2), p. 77. Available at: https://doi.org/10.36339/jmas.v2i2.349.

Rianto, B. et al. (2023) ‘Pelatihan dan Sosialisasi Uji Sertifikasi Kompetensi Teknis BNSP Sebagai Sarana Peningkatan Kompetensi Keahlian’, LANDMARK : (Jurnal Pengabdian Masyarakat), 1(2), pp. 59–64. Available at: https://doi.org/10.32520/landmark.v1i2.2663.

Rohani, T. (2022) ‘Strategi Peningkatan Kompetensi Pekerja Pariwisata – Studi Kasus Sertifikasi Bnsp Di Bintan’, Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), pp. 2697–2704.

Sugita, S. and Ansori, A. (2018) ‘Upaya Dosen Kewirausahaan Sebagai Faktor Determinatif dalam Menumbuhkan Motivasi Wirausaha Mahasiswa’, Comm-Edu (Community Education Journal), 1(2), p. 127. Available at: https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i2.1017.

Sunarya, P.A., Lutfiani, N. and Pratiwi, D. suci (2020) ‘Analisis Sistem Sertifikasi Profesi Untuk Pengembangan Kompetensi Mahasiswa’, ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 1(1), pp. 70–77. Available at: https://doi.org/10.34306/abdi.v1i1.104.

Ubaidillah, E. et al. (2021) ‘Pengaruh Pelatihan Kewirausahaan, Dukungan Lingkungan Keluarga, Motivasi Berprestasi dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa’, JAMP : Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 4(3), pp. 272–284. Available at: https://doi.org/10.17977/um027v4i32021p272.

Yunianto, T.K. (2020) Nadiem Sebut Kompetensi Sarjana di Dunia Kerja Masih Minim, Katadata.co.id.

Downloads

Published

09-09-2024

How to Cite

Anggraini, A. D., Fitriana, R. N. ., & Muzakki, K. . (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi dan Minat dalam Mengikuti Uji Kompetensi BNSP Terhadap Peluang Kerja Mahasiswa. Nusantara Entrepreneurship and Management Review, 2(2), 55–64. https://doi.org/10.55732/nemr.v2i2.1434