Hubungan Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan Lion Parcel

Authors

  • Muhammad Raffi Mirza Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Reni Yusnita Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Chairil Anwar Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.55732/nemr.v2i2.1431

Keywords:

Akuntansi, Kepuasan, Kualitas layanan, Loyalitas pelanggan

Abstract

Jasa pengiriman saat ini sedang naik daun, seiring dengan peralihan pasar dunia ke e-commerce yang membuat para pengusaha membutuhkan jasa pengiriman untuk mendistribusikan barangnya. Oleh karena itu, Jasa pengiriman Lion Parcel Pos Sekardangan menjadi salah satu distributor e-commers. Agar reputasi Lion Parcel Pos Sekardangan tetap terjaga, peneliti melakukan penelitian untuk membuktikan dampak layanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan terhadap lion parcel pos Sekardangan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan alat kuisioner. Temuan penelitian yang diperoleh menunjukkan mutu pelayanan dan   kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada jasa pengiriman lion parcel pos Sekardangan.

Delivery services are currently on the rise, along with the shift of the world market to e-commerce which makes entrepreneurs need delivery services to distribute their goods. Therefore, Lion Parcel Pos Sekardangan delivery services are one of the e-commerce distributors. To maintain the reputation of Lion Parcel Pos Sekardangan, researchers conducted a study to prove the impact of service and customer satisfaction on customer loyalty to Lion Parcel Pos Sekardangan. In this study, researchers used a quantitative method with a questionnaire tool. The research findings obtained showed that service quality and customer satisfaction had a positive and significant effect on customer loyalty to the Lion Parcel Pos Sekardangan delivery service.

References

A, N. (2019) Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Pengiriman J&T Express Cabang Talasalapang Kota Makassar. Universitas Muhammmadiyah Makassar.

Fahriani, D. et al. (2024) ‘Strategi Penentuan Harga Pokok Penjualan untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM’, Nusantara Entrepreneurship and Management Review, 2(1), pp. 88–94. Available at: https://doi.org/10.55732/nemr.v2i1.1195.

Harahap, M., Sulardiono, B. and Suprapto, D. (2018) ‘Analisis Tingkat Kematangan Gonad Teripang Keling (Holothuria Atra) di Perairan Menjangan Kecil, Karimunjawa’, Management of Aquatic Resources Journal (MAQUARES), 7(3), pp. 263–269. Available at: https://doi.org/10.14710/marj.v7i3.22550.

Hilmawan, T., Nafis, M.A.A. and Wicaksono, A. (2024) ‘Mengurai Kompleksitas Harga Pokok Produksi: Pendekatan Full Costing untuk Efisiensi Harga Jual’, Nusantara Entrepreneurship and Management Review, 2(1), pp. 70–80. Available at: https://doi.org/10.55732/nemr.v1i2.1178.

Montgomery, N.V. et al. (2018) ‘When Good Consumers Turn Bad: Psychological Contract Breach in Committed Brand Relationships’, Journal of Consumer Psychology. Edited by A. Kirmani and M. Zhang, 28(3), pp. 437–449. Available at: https://doi.org/10.1002/jcpy.1015.

Nanincova, N. (2019) ‘Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe And Bistro’, Agora, 7(2).

Ridho, A., Nita, S. and Fadri, I. (2023) ‘Pengaruh Kualitas Layanan Pengaduan Publik di Pelayanan SIM Polda Metro Jaya DKI Jakarta Terhadap Kepercayaan Masyarakat’, JUDICIOUS, 4(2), pp. 276–285. Available at: https://doi.org/10.37010/jdc.v4i2.1408.

Sari, R.A., Aswar, N.F. and Aslam, A.P. (2023) ‘Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Sulselbar’, Jurnal Manajemen, 2(2), p. 119. Available at: https://doi.org/10.26858/jm.v2i2.42329.

Sulistiono, S. and Setiawan, B. (2013) ‘Faktor-Faktor Pembentuk Kepuasan Pelanggan Minyak Goreng Bermerek di Kota Bogor Berbasis Model Partial Least Square’, Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 1(3), pp. 273–282. Available at: https://doi.org/10.37641/jimkes.v1i3.276.

Downloads

Published

05-09-2024

How to Cite

Mirza, M. R., Yusnita, R. ., & Anwar, C. . (2024). Hubungan Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan Lion Parcel. Nusantara Entrepreneurship and Management Review, 2(2), 48–54. https://doi.org/10.55732/nemr.v2i2.1431